Mengenal 7 Arti Kode Warna Sekring Mobil dan Cara Menggantinya

Setiap Kendaraan pastinya harus dilengkapi dengan sekring, yang mana sekring merupakan komponen kecil didalam kendaraan yang berfungsi sangat penting yakni sebagai alat untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek pada kelistrikan. Selain itu sekring juga berfungsi untuk menjamin berbagai komponen dikendaraan agar berfungsi optimal.

Sekring atau biasa disebut blade fuse yang terdapat pada sekring mobil biasanya memiliki warna yang menarik. Bukan tanpa alasan pemberian warna yang berbeda beda pada setiap sekring mobil, selain mempercantik tampilan , warna warna yang berbeda pada setiap sekring juga memiliki arti.

Mungkin diantara kalian belum tau atau paham akan arti dari warna warna pada sekring mobil anda. Maka dari itu disini wartaoto akan sedikit memberi ulasan tentang arti warna warna pada sekring mobil sehingga nantinya anda tidak akan salah membeli sekring yang anda butuhkan.

Umumnya warna sekring yang sering dipakai pada mobil yakni ada 7 kode warna, diantara :

  • Warna Coklat kekuningan, yang mana merupakan sekring dengan kapasitas 5 A
  • Warna Coklat tua, yang mana merupakan sekring dengan kapasitas 7,5 A
  • Warna Merah, yang mana merupakan sekring dengan kapasitas 10 A
  • Warna Biru, yang mana merupakan sekring dengan kapasitas 15 A
  • Warna Kuning, yang mana merupakan sekring dengan kapasitas 20 A
  • Warna Bening, yang mana merupakan sekring dengan kapasitas 25 A
  • Warna Hijau, yang mana merupakan sekring dengan kapasitas 30 A
Viral :   Ferrari California T 2015 Mobil Sport Cocok untuk Harian

Saat anda membuka fuse box pada mobil kesayangan anda, pastinya anda akan melihat warna warni sekring tersebut. Jika anda sudah mengetahui arti dari warna sekring tersebut, dan anda mengalami hal dimana salah satu sekring mobil anda putus, maka pastikan untuk mengganti sekring dengan warna yang sama.

Cara Mengganti Sekring Mobil Yang Putus

Dikarenakan fungsinya yang mencegah terjadinya hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan , tidak heran jika sekring sering kali putus dan harus dilakukan pergantian. Hal umum untuk mengetahui sekring putus atau tidak yakni anda bisa melihatnya dibagian tengah yang mana terdapat filamen seperti kawat, jika kawat tersebut putus maka sekring akan putus. Selain itu sekring yang putus juga kadang terlihat terbakar/gosong meski kawatnya masih tersambung.

Viral :   Daihatsu Terios R MT DLX, Salah Satu Mobil Low SUV (LSUV) Terbaru 2021 Yang Paling Ideal

Jika hal ini terjadi pada salah satu sekring mobil anda, maka disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Untuk menggantinya cukup mudah, anda hanya tinggal lepas sekring jalur kelistrikan yang mati. Namun dikarenakan sekring terbenam didalam box sekring, maka cara melepas sekring yang putus pertama-tama anda cari tau dulu jalur sekring mana yang mau di lepas. Untuk mecari anda bisa melihat denah fuse yang ada pada tutup fusebox mobil anda. Setelah anda mengetahuinya anda bisa menggunakan fuse remover untuk melepaskannya, fuse remover sendiri biasanya berbentuk seperti jepitan yang sudah tersedia disetiap mobil.

Perlu diingat dan diperhatikan agar tidak salah saat mengganti sekring yang putus. hal ini dikarenakan dampak yang terjadi jika mengganti sekring dengan kapasitas yang berbeda yakni bisa beresiko tinggi membuat kabel atau soket lampu terbakar.