Power Window Mobil Macet ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Power window merupakan salah satu komponen yang terbilang penting pada setiap mobil saat ini, hal ini dikarenakan dengan adanya fitur ini bisa memudahkan anda dan penumpang yang ada didalam mobil bisa membuka tutup kaca hanya dengan menggunakan satu tombol disamping pintu bagian dalam.

Namun, perkembangan teknologi ini ternyata juga membawa potensi masalah baru. Salah satunya kondisi power window yang macet. Apabila hal ini terjadi, tentu saja akan membuat pengemudi dan penumpang merasa tidak nyaman dikarenakan kaca jendela pada mobil akan dinaikan dan diturunkan secara manual dengan menggunakan tangan.

Bagi anda yang mengalami permasalahan ini sebaiknya tidak usah bingung dan cobalah lakukan hal hal dibawah ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi power window yang macet :

Ada beberapa komponen yang sering menyebabkan power window tiba-tiba macet. Setidaknya, tiga komponen ini yang sering menjadi biang keroknya :

1. Switch power window

Saklar yang terdapat pada power window berbedaa dengan saklar lampu atau saklar saklar lainnya. Dalam sistem mekanismenya saklar pada power window terbilang lebih rumit, hal ini dikarenakan dalam satu saklar terdapat 3 perintah yakni window up, window down dan Off sedangkan saklar biasanya biasanya hanya ada dua perintah yakni On dan Off saja.

Viral :   Inilah Deretan Mobil Double Cabin Terbaik 2021 di Indonesia

Selain sistem mekanismenya yang rumit, penggunaan saklar yang terbilang sering dalam satu kali perjalanan juga bisa mempengaruhi masa pakai komponen ini. Sehingga ketika saklar rusak maka akan timbul gejala awal berupa power window yang kadang kadang macet. Jika permasalahan pada power window ini sedang anda alami maka solusinya yakni dengan segera mengganti saklar power window yang macet dengan yang baru.

2. Motor power window

Sistem kerja elektrik pada power window yakni dengan mengandalkan motor listrik sebagai penggerak utamanya.Maka dari itu seperti motor listrik pada umumnya, motor listrik pada power window pastinya juga bisa mangalami masalah. Motorlistrik pada power window yang rusak biasanya ada dibagian brush atau sikat motornya, sikat sendiri memiliki fungsi untuk menyalurkan listrik dari sumber arus ke rotor motor power window yang berputar. Dikarenakan kondisi rotor yang selalu berputar sehingga membuat brush otomatis akan selalu bergesekan dengan rotor, gesekan inilah yang membuat brush akan mengikis sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan akan menjadi aus dan tidak bisa lagi menyalurkan listrik dengan sempurna yang akhirnya akan mengakibatkna power window mobil anda macet.

Permasalah brush yang aus biasanya hanya terjadi pada satu pintu saja, cara mengetahuinya yakni misalkan power window kiri depan macet maka cobalah naik turunkan menggunakan saklar disisi pengemudi, jika sama tidak bisa berfungsi maka bisa dipastikan kalau motor power window yang mengalami masalah, namun jika power window yang macet bisa dinaik turunkan menggunakan saklar pengemudi maka ada kemungkinan hanya saklarnya saja yang rusak.

Viral :   Daftar Harga Mobil yang Bakal Turun Setelah Berlaku Pajak 0%

Cara permasalahan pada motor listrik power window anda bermasalah maka solusinya yakni anda perlu mengganti brush nya saja , namun biasanya pihak bengkel akan merekomendasikan anda untuk mengganti satu set motor power window dikarenakan sulitnya mencari komponen satuan brush.

3. Rel kaca terlalu kotor

Penyebab power window macet yang terakhir biasanya dikarenakan rel kaca yang terlalu kotor. Kondisi rel kaca yang kotor pastinya akan menghambat pergerakan kaca sehingga biasanya akan menimbulkan bunyi saat kaca dinaik turunkan. Hal ini memang terbilang sepele, tapi jika anda biarkan terus menerus maka efeknya akan merusak komponen motor power window juga.

Maka dari itu usahakan akan selalu menjaga dan mengecek kondisi rel kaca agar tetap bersih, disaranakan agar anda selalu rutinmembersihkan rel kaca dengan interval enam bulan sekali dengan menggunakan sprayer berjenis silico spray yang sudah banyak dijual dipasaran.