Wajib di Perhatikan ! 7 Komponen Mobil yang Harus Mendapatkan Service Berkala

Komponen Mobil – Para pemilik mobil terkadang masih belum bisa menerimamkenyataan bahwa mobil yang dimilikinya perlu dilakukan service berkala secara rutin, tak heran jika para pemilik mobil terkadang selalu telat untuk menservice mobilnya. Padahal dengan melakukan service berkala bisa membuat performa mobil semakin baik, selain itu terdapat beberapa komponen komponen penting pada mobil yang memang harus dicek dan diperhatikan secara rutin agar mobil memiliki performa yang optimal serta berkendara selalu aman dan nyaman.

Pada dasarnya service mobil berkala tidaklah membutuhkan biaya yang besar bila anda melakukannya secara teratur. Maka dari itu ada baiknya jika anda mengetahui komponen komponen mobil apa saja yang ada pada mobil yang wajib mendapatkan service berkala :

1. Oli Mesin dan Filter Oli

Komponen mobil yang pertama yakni oli mesin dan filter oli. Dikarenakan fungsinya untuk melumasi mesin agar proses pembakaran menjadi sempurna, tak heran jika komponen ini wajib dicek dan diperiksa saat melakukan service berkala. Idealnya untuk setiap mengganti oli mesin mobil kisaran 1.000 km jarak yang ditempuh. Tak hanya oli mesin saja, filter oli juga wajib dicek dan diperhatikan agar tak menggangu proses penyaringan.

2. Busi

Meskipun bentuknya yang kecil, namun busi berperan sangat penting sebagai pemantik api pada kendaraan bermotor. Busi yang kotor bisa membuat anda nantinya kesulitan saat menyalakan mobil. Bahkan dengan kondisi busi yang tidak pernah diganti bisa membuat mobil anda akan semakin boros bahan bakar. Idealnya komponen mobil yang satu ini harus dilakukan pergantian setelah mobil anda menempuh jarak 20.000km.

Viral :   Wajib ! 6 Hal Penting Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas
3. Aki Mobil

Komponen mobil selanjutnya yang harus mendapatkan service berkala yakni aki mobil. Pada umumnya aki berperan untuk menyuplai kelistrikan yang ada pada mobil anda, jika aki tidak pernah diganti maka salah satu pengaruhnya yakni sistem alrm mobil yang mati serta dasboard mobil juga tidak menyala sehingga lama kelamaan bisa membuat anda sulit untuk meyalakan mesin mobil. Ideal nya aki basah maupun aki kering mesti diganti setiap tahun agar selalu memberikan kinerja yang maksimal.

4. Filter AC

Filter Ac yang kotor atau rusak bisa menyebabkan kinerja ac mobil anda terganggu, sehingga akan membuat anda merasa tidak nyaman saat berada di dalam mobil. Maka dari itu jangan pernah mengabaikan komponen mobil yang satu ini. Anda diwajibkan untuk rutin membersihkan filter ac dan menggantinya setiap mobil anda sudah menpuh jarak 20.000 km.

5. Filter Udara

Mungkin anda menganggap bahwa filter udara hanya peru dibersihkan secara rutin saja. Membersihkan filter udara secr=ara teratur memang sangat efektif untuk menghemat bahan bakar mobil anda, namun ada baiknya jika filter udara pada mobil anda diganti setelah menempuh jarak 40.000 km. Apalagi jika anda sering melewati jalanan berdebu, filter udara yang terlalu kotor bisa menghambat suplai udara ke ruang pembakaran mobil. Akibatnya pembakaran yang berlangsung pada mobil anda kurang sempurna dan akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Viral :   Daftar 10 Mobil Baru yang Akan Meluncur di Jalanan Indonesia
6. Kampas Rem dan kampas kopling

Komponen mobil yang wajib dilakukan service berkala yakni kampas rem. Dimana komponen mobil yang satu ini memiliki peran yang krusial bagi sistem pengereman mobil anda. Kampas rem yang menipis bisa membuat sejumlah gangguan yang pastinya akan membuat berkendara anda menjadi tidak nyaman dan aman. Kampas rem yang wajib diganti memiliki ciri ciri seperti timbulnya bunyi berdecit saat mengerem, jumlah minyak rem yang berada dibawah batas normal serta injakan rem yanglebih dalam dari biasanya. Idealnya untuk mengganti komponen mobil kampas rem ini dilakukan setelah jarak tempuh 20.000 km.

Selain kampas rem, kampas kopling juga dibutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan fungsinya mengirimkan tenaga mesin ke ban. Salah satu ciri kampas kopling yang sudah wajib diganti yakni timbulnya bau khas kopling saat anda mengerem ditanjakan. Idealnya kampas kopling sebaiknya diganti setelah menempuh jarak 10.000 km hingga 50.000 km.

7. Ban Mobil

Komponen mobil yang terakhir yang harus mendapatkan service berkala adalah ban mobil. Biasanya ban mobil akan cepat habis jika anda terlalu sering melewati jalanan yang rusak dan menanjak. Tektur ban mobil yang mulai menipis bisa menyebabkan daya geseknya dengan jalan berkurang, akibatnya mobil anda jadi sulit untuk bermanuver dan beresiko kecelakan. Disarankan agar anda memilih ban mobil sesuai karakteristik mobil anda.