Wajib ! 6 Hal Penting Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

Setelah anda berhasil membeli mobil bekas idaman, ada baiknya agar anda jangan terlalu lama larut dalam perasaan senang. Karena masih ada beberapa hal penting yang perlu anda lakukan agar mobil anda dapat digunakan secara aman dan legal saat menemani berbagai aktivitas anda bersama keluarga.

Maka dari itu, wartaoto akan sedikit memberikan tips tentang apa saja yang harus anda lakukan setelah membeli mobil bekas :

1. Bersihkan Kabin Dari Kotoran Tak Terlihat

Untuk urusan kabin sekilas memang terlihat bersih dan harus. Namun, anda harus benar benar memperhatiakan betul tidak ada sisa kotoran atau kuman yang tertinggal di kabin mobil anda. Apalagi dengan adanya masa pandemi covid-19 ini, kebersihan merupakan hal yang sangat penting yang harus anda jaga setiap saat untuk membuat nyaman anda dan keluarga saat berada di kabin mobil.

Sekedar untuk ketahui, saat ini sudah ada dibengkel bengkle tertentu yang sudah menyediakan pembersihan dengan cara pengasapan (fogging). Asap yang mengandung benzalkonium chloride (0,1 persen) dipercaya bisa menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, jamur serta virus.

Viral :   Model Lamborghini Centenario Wujud Cinta Kepada Sang Pendiri
2. Mengganti Semua Cairan Di Dalam Kendaraan

Untuk sektor mesin, setelah anda membeli mobil bekas ada baiknya untuk mengganti semua cairan mulai dari oli mesin, cairan radiator, minyak rem, oli gardan dan oli perseneling. Hal ini perlu dilakukan karena ada kemungkinan cairan cairan ini sudah lama tidak diganti, selain itu anda juga tidak tau bahwa cairan yang dipakai oleh pemilik sebelumnya apakah sesuai rekomendasi pabrik atau tidak.

3. Ganti Filter-filter

Ada berbagai jenis filter yang terpasang dimobil tergantung dari jenis mobilnya, diantaranya yakni filter udara, filter oli, filter kabin serta filter bahan bakar. Pergantian komponen ini penting dikarenkan anda tidaktahu kapat terakhir kalinya filter filter ini diganti. Langkah ini juga sekaligus memberi kesempatan anda untuk mengganti filter filter sesuai rekomendasi pabrikan.

4. Cek Kaki-kaki Dan Ban

Pada umumnya mobil yang sudah dipakai hingga tahunan pastinya akan memiliki masalah pada kaki kaki mobil tersebut. Maka dari itu harap pastikan jika kondisi beberapa komponen seperti shockbreaker, ball joint, tie rod, bushing, atau bearing, masih berfungsi dengan sangat baik.

Viral :   Harga Mobil Yaris Terbaru Semua Tipe dan Spesifikasi

Selain pemeriksaan pada kaki kaki mobil , anda juga jangan lupa untuk mengecek kondisi ban mobil anda. Pada umumnya pabrikan sendiri mereomendasikan usia ban maksimal 5 tahun saja, cara mengetahui usia ban anda bisa membaca kode 4 digit yang tertera pada ban mobil anda.

5. Lakukan Spooring Dan Balancing

Disarankan agar anda melakukan spooring, hal ini untuk memastikan posisi keempat roda mobil anda sudah sesuai dengan settingan pabrik. Sementara itu balancing juga harus dilakukan pada setiap ban mobil anda untuk menjaga keseimbangan pada titik atas, bawah, kanan dan kiri.

Seteah proses spooring dan balancing selesai, jangan lupa untuk mengets hasil spooring dan balancing dijalanan sebelum meninggalkan bengkel. Karena ada beberapa mobil tertentu yang posisi setirnya bisa jadi kurang lurus walau settingan kaki kaki sudah sesuai paduan.

6. Urus dokumen kepemilikan

Dokumen dan legalitas merupakan hal yang paling penting dan harus segera anda urus setelah membeli mobil bekas. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan balik nama untuk mengganti kepemilikan mobil dari pemilik sebelumnya. Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen seperti KTP asli, STNK & BPKB asli, faktur atau kwitansi pembelian serta fotokopi KTP pemilik sebelumnya.