12 Langkah Mudah Membersihkan Injektor Mobil Sendiri

Langkah Mudah Membersihkan Injektor Mobil – Injektor mobil adalah salah satu komponen yang berada  didalam mesin injeksi yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar kendaraan kedalam ruangan silinder. Keberadaan komponen satu ini sangat berpengaruh penting terhadap performa mobil anda, apalagi bagi mobil yang menggunakan sistem EFI (electronic fule injection). Sistem kerja injeksi tak lepas dari Electronic Control Unit atau biasa disebut ECU yang memang merupakan bagian terpenting dalam sebuah mobil.

Umumnya, cara kerja sistem injeksi atau EFI terbagi menjadi 3 bagian utama yakni sistem pengiriman bahan bakar kendaraan, sistem induksi udara dan sistem kontrol elektronik. Sedangkan untuk ECU berfungsi untuk menjadi pengontrol campuran bahan bakar yang digunakan oleh mobil. Selain itu ECU juga berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang nantinya disuntikan kedalam mesin mobil dan menentukan waktu pemberian udara serta rasio kedalam mesin.

Saat ini hampir semua produk mobil terbaru sudah menggunakan sistem injektor, hal ini dikarenkan bisa menghasilkan tenaga kendaraan yang cukup baik dan berish jika dibandingkan dengan mobil yangmenggunakan sistem karburator.

Namun sistem injektor pastinya juga memiliki beberapa kelemahan seperti kotoran kotoran yang ada pada bahan bakar bisa membuat kerja dari sistem injektor mobil menjadi terganggu. Injektor yang kotor pastinya akan membuat performa mesin mobil anda menjadi menurun dan bisa membuat pemakaian bahan bakar akan menjadi lebih banyak dibandingkan dengan kondisi injektor yang baik.

Untuk menghindari masalah masalah tersebut, anda diharuskan harus lebih memperhatikan kondisi injektor dengan benar. Caranya yakni dengan membersihkan injektor mobil anda secara rutin.

langkah 1

Langkah pertama sebelum membersihkan injektor mobil yakni anda harus membersihkan fuel filter terlebih dahulu. Komponen ini penting unutk dibersihkan karena proses pembersihan injektor mobil akan sia sia jika fuel filter masih dalam keadaan kotor. Hal ini karena kotoran yang ada dalam fuel filter akan masuk kembali ke dalam ruang injektor mobil anda.

Viral :   6 Kelebihan Nissan Terra Dibanding Mobil Lainnya

langkah 2

Setelah fuel filter bersih maka langkah selanjutnya membersihkan injektor mobil. Caranya dengan menghidupkan mesin mobil terlebih dahulu kemudian buka sekring injektor untuk memutus arus listri yang menuju ke fuel pump bensin.

langkah 3

Langkah selanjutnya yaitu matikan mesin kendaraan melalui kunci kontak, lalu lepaskan terminal pada sisi negatif aki. Tunggu sesaat sampai mesin mati, hal ini sebagai tanda jika tak ada lagi tekanan yang ada pada saluran bahan bakar. Sehingga nanti pada saat mulai melepaskan injektor tidak ada bahan bakar yang tumpah.

langkah 4

Langkah selanjutnya untuk membersihkan injektor mobil dengan membuka pipa selang bensin yang ada didekat injektro mobil. Pada saat pembukaan injektor melalui delivery pipe maka akan terdapat beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan yakni anda harus berhati hati saat melakukan proses ini agar seal injektro tidak rusak atau putus. Jika sampai seal injektor mengalami kerusakan maka lebih baik menggantinya dengan seal injektor yang baru.

langkah 5

Jika injektor sudah terlepas, maka langkah selanjutnya membersihkan injektor mobil dengan membuka seal injektor dan harap dipastikan komponen tersebut dalam keadaan baik. Pembukaan ini wajib anda lakukan agar cairan pembersih injektor mobil tidak akan mengenai ataupun merusak komponen tersebut.

langkah 6

Langkah selanjutnya membersihkan injektor mobil, dengan cara membersihkan bagian luar terlebih dulu denganmenggunakan pembersih yang memang dikhususkan untuk membersihkan injektor. Lakukan pembersihan mulai dari ujung injektro mobil sampai bagian yang paling sering tertempel karbon karbon.

langkah 7

Setelah itu anda dapat memasang adaptor pada mobil anda dan jangan lupa menyiapkan aki dengan daya listrik 12 volt lalu kemudian pasangan injektor cleaner. Pasangkan salah satu kabel pada negatif aki pada salah satu terminal injektor mobil, kemudian pasang kabel lainnya ke terminal injektor lainnya.

langkah 8

Injektor pada mobil EFI biasanya memiliki 2 terminal yakni negatif dan posisitif. Saat anda memasang soket kabel pada 2 terminal ini, jangan lupa untuk melapisi soket dengan isolasi. Hal ini berguna untuk mencegah tidak terjadinya korsleting yang diakibatkan kedua terminal berdekatan.

Viral :   Volvo XC90 2021 Murah Di Indonesia

langkah 9

Langkah membersihkan injektor mobil selanjutnya yakni dengan menekan injektor cleaner hingga cairan pembersih bertekanan bisa terisi didalam adaptor injektor. Jangan lupa untuk memastikan adaptor yang anda pasang sudah diklem dengan kuat agar nantinya tidak mudah terlepas.

langkah 10

Jika cairan tersebut sudah masuk kedalam adaptor, maka langkah membersihkan injektor mobil selanjutnya dengan memutuskan satu kabel yang ada pada injektor tepatnya yakni pada terminal aki positif. Anda bisa menggunakan saklar untuk memutuskannya. Setelah itu baru memuai untuk membersihkan lubang kecil yang ada pada injektor mobil.

langkah 11

Semprotan yang berasal dari injektor cleaner akan keluar saat anda menghubungkan kabel positif injektor mobil dengan terminal aki positif. Perhatikan proses keluarnya cairan pembersih injektor apakah terlihat lembut dan baik atau tidak. Paling tidak untuk membersihkan semua bagian bagian pada injektor mobil, anda diharuskan untuk menyiapkan minimal satu sampai dua botol cairan pembersih.

langkah 12

Langkah membersihkan injektor mobil yang terakhir yakni dengan memastikan kondisi injektor mobil sudah bersih atau belum, jika sudah bersih maka anda dapat memasangkan kembali injektor dan seal injektor pada tempat asalnya. Jangan lupa dalam proses pemasangannya, anda harus melakukannya dengan hati-hati jangan sampai nantinya ada bagian komponen yang rusak. Pasang injektor kembali pada fuel delivery pipe dan pasang komponen komponen lainnya.

Setelah semuanya sudah dilakukan dengan baik, maka anda bisa mulai mencoba kendaraan anda untuk memastikan tenaga mesin yang dihasilkan setelah injektor mobil dibersihkan. Disarankan agar anda menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang baik agar injektor mobil anda tidak mudah kotor.