Tips Merawat Mobil Baru dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Mobil Baru – Memiliki mobil tentunya menjadi idaman bagi setiap orang. Apalagi jika mobil yang anda miliki merupakan mobil baru yang masih benar benar bagus dalam semua hal. Meskipun mobil baru bukan berarti mobil anda tidak memerlukan perawat intensif seperti mobil mobil lainnya, mobil baru anda akan terlihat makin baik dan bagus dalam performa mesin maupun penampilannya jika anda rutin merawat mobil baru anda.

Jika anda masih bingung tips sederhana apa saja untuk melakukan perawatn rutin yang bisa dilakukan dirumah, berikut beberapa tips merawat mobil baru yang bisa anda lakukan agar tetap menjaga performa mobil anda :

1. Menjaga Interior Mobil dari Jamur

Tips merawat mobil baru yang pertama dengan slalu menjaga body mobil anda dari jamur yang menyerang. Biasanya jamur akan menyerang bagian kaca mobil atau cat body mobil anda. Jika terdapat jamur yang melekat pastinya akan mengurangi tampilan mobil anda dan membuat mobil terlihat kotor.

Cara menghindari jamur yang ada pada mobil sangatlah mudah, anda hanya perlu menjaga kondsi mobil tidak dalam keadaan lembab dan jangan biarkan mobil anda terkena hujan lalu panas secara terus menerus. Jika mobil anda terkena hujan, sebaiknya segera lakukakn perbersihan dengan menggunakan lap dengan daya serap kering yang kuat, seperti menggunakan lap microfiber. Agar diperhatikan untuk tidak menggunakan mantel mobil saat sedang hujan, hal ini justru akan memancing munculnya jamur pada mobil anda.

2. Rutin Mencuci Mobil

Tips merawat mobil baru selanjutnya dengan rutin mencuci mobil baru anda. Meski terlihat sepele, nyatanya dengan mencuci mobil dengan teratur bisa mempengaruhi kinerja mobil anda. Mencuci mobil merupakan hal yang mudah dilakukan, hanya saja anda perlu kahati- hatian dan ketelitian agarnantinya tidak ada bagian mobil yang rusak akibat proses pencucian mobil.

Disarankan agar anda mencuci mobil baru anda setiap mobil terlihat kotor, hal ini bisa sangat membantu untuk membersihkan kotoran kotoran yang melekat selama anda mengendarainya. Kotoran yang terlalu lama melekat pada mobil baru anda nantinya akan susah dibersihkan dang bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian mobil baru anda. Disarankan untuk selalu menggunakan lap microfiber untuk mengeringkannya agar tidak menimbulkan baret pada bodi mobil baru anda.

Viral :   Perbedaan Spesifikasi dan Harga Mobil Xenia untuk Semua Tipe
3. Menghindari Sinar Matahari  yang Berlebih

Pastinya mobil anda akan selalu terkena paparan sinar matahari selama perjalanan. Tips merawat mobil baru selanjutnya dengan cara sebisa mungkin mengalihkan mobil anda pada posisi yang teduh saat mobil tidak digunakan. Hal ini akan mengurangi efek dari paparan sinar matahari tersebut.

Anda juga bisa menggunakan kain penutup mobil saat kondisi sedang panas. Mobil yang sering terkena sinar matahari yang berlebih akan membuat cat mobil anda menjadi cepat kusam dan memudar.

4. Menjaga kondisi Cat Mobil

Tips merawat mobil selanjutnya dengan selalu menjaga kondisi cat mobil baru anda. Pengaruh cuaca seperti sinar matahari dan bekas sisa air hujan yang menempel pada mobil bisa membuat cat mobil anda menjadi kusam.

Cara merawatnya dengan cara menggunakan pelindung cat mobil. Saat ini sudah banyak beredar jenis jenis pelindung cat mobil dipasaran dengan harga, kelebihan serta kekuarangan masing masing yang berbeda. Anda bisa melihatnya di pembahasan sebelumnya mengenai pelindung cat mobil terbaik.

5. Selalu Rutin Membersihkan Bagian dalam Mobil

Selain membersihkan bagian luar mobil tentunya anda juga harus rutin membersihkan bagian dalam mobil. Untuk membersihkan bagian cabin mobil, anda hanya perlu menyiapkan lap bersih serta cairan pembersih yang memang dikhususkan untuk mobil. Disarankan agar saat melakukan pembersihan cabin mobil, untuk tidak langsung menyemprotkan cairanpembersih kebagian mobil secara langsung. hal ini agar terhindar dari hal hal yang bisa mengganggu bagian kelistrikan mobil anda.

Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner khusus untuk membersihkan debu yang ada didalam mobil. Jika dirasaada bagian bagian dari cabin mobil yang kotor, keluarkan bagian bagian tersebut dan cuci hingga bersih dan kemudian keringkan. Dengan rutin membersihkan debu yang ada pada cabin mobil anda, bisa membuat sirkulasi udara didalam mobil akan lebih sehat dan bersih.

6. Merawat Mesin Mobil

Tips merawat mobil baru selanjutnya yakni dengan selalu merawat mesin mobil anda. Mesin mobil sendiri merupakan komponen yang paling penting pada mobil yang berfungsi untuk menggerekan kendaraan. Namun seringkali kondisi mesin tidak pernah diperhatikan oleh pemiliknya, padahal kondisi mobil yang baik akan menghasilkan kinerja yang sangat baik juga. Maka dari itu diperlukan perawat khusus untuk mesin mobil agar selalu prima dalam bekerja.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Suzuki Vitara Brezza

Cara perawatan mesin mobil yang mudah dilakukan yakni dengan anda rutin membersihkan debu debu yang terdapat pada area mesin mobil. Anda bisa membersihkannya dengan mengelap menggunakan kain atau dengan menggunakan sikan pembersih, saat ini pun sudah banyak yang dijual dipasaran jenis pembersih yang dikhususkan untuk mesin mobil yang bisa anda pilih untuk memenuhi kebutuhan mobil baru anda.

7. Rutin Mengganti Oli Mesin

Melakukan pergantian oli mesin merupakan salah satu tips merawat mobil baru anda. Dengan rutin melakukan pergantian oli mesin membuat kinerja mesin anda tetap prima. Oli yang sudah terlalu lama didalam mesin mobil bisa menyebabkan pengendapan, jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan ganguan pada performa mesin mobil anda. Selain oli mesin, anda juga harus memperhatikan kondisi oli power steering, transmisi dan rem. Disarankan untuk melakukan pergantian oli selama enam bulan sekali.

8. Gunakan BBM yang Berkualiatas

Tips merawat mobil selanjutnya dengan selalu menggunakan BBM dengan kualitas yang baik. Penggunaan BBM yang tidak tepat bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil kesayangan anda. Sehingga kinerja dari mesin akan terganggu dan pastinya membuat anda tidak nyaman dalam mengendarainya. Anda bisa membeli BBM resmi dan terdaftar di stasiun pengisian bahan bakar.

9. Hindari Penggunaan Mobil yang Tidak Tepat

Tips merawat mobil baru yang terakhir yakni dengan selalu menghindari penggunaan yang tidak tepat. Dalam hal ini seperti menggunakan mobil dengan kecepatan yang tinggi. Jika hal ini sering anda lakukan maka akan mempercepat kerusakan mesin mobil anda, selain itu selalu perhatikan penggunaan transmisi yang benar. Sesuaikan transmisi mobil anda dengan fungsi sebenernya,bila sedang dalam kecepatan yang rendah, maka gunakan gigi yang rendah juga.

Anda juga perlu menghindari keseringan mengerem mobil secara mendadak, karena hal ini bisa membuat kampas rem mobil anda menjadi cepat habis dan rusak dan pastinya akan membahayakan anda dalam berkendara.