Master Rem Mobil Bermasalah ? Berikut Tanda-tanda dan Cara Meperbaikinya

Master rem mobil merupakan satu dari banyaknya komponen yang vital di sistem pengereman. Pada jenis rem tromol, master rem berfungsi untuk mendorong brake shoe floating secara hydrolik sehingga bisa mengungkit brake shoe. Sedangkan jenis rem cakram, berfungsi untuk menekan agarminyak rem tidak bisa masuk kedalam brake kapiler. Master rem sendiri bergerak dikarenakan tekanan minyak rem yang bekerja secara hidrolik dari booster rem.

Cara kerja master rem mobil yakni pada saat pedal rem sedang ditekan, maka batang piston akan mengatasi tekanan pegas pembalik dan piston digerakan ke depan. Saat piston cup diposisi ujung torak, maka compresating port akan menutup, namun jika piston maju lebih jauh kembali, maka tekanan minyak rem yang ada didalam silinder akan semakin bertambah untuk mengatasi tegangan yang ada pada pegas outlet untuk membuka katup.

Namun tidak berbeda dengan komponen pada umumnya, master rem juga pasti akan mengalami kerusakan dan pastinya bisa menggangu kinerja dari sistem pengereman. Maka dari itu ada baiknya agar anda bisa mengetahui tanda tanda master rem mobil bermasalah :

  • Disaat anda menginjak pedal rem dengan posisi tekanan yang tetap, maka injakan tersebutdapat perlahan turun.
  • Dibutuhkan beberapa kali injakan pada pedal rem untuk memberhentikan laju mobil.
  • Kondisi minyak rem yang terdpat pada tabung master rem sering menyusut.
  • Injakan pada pedal rem bisa dibilang terlalu dalam dan proses kerja pengereman dirasa kurang pakem.
  • Setelan rem yang berada di bawah setir mobil dapat mengunci dengan sendirinya.
  • Asap yang dihasilkan dari knalpot menjadi berwarna putih, hal ini dikarenakan karet yang ada pada master rem dan minyak ikut masuk ke dalam booster dan terbakar.
Viral :   Tips Merawat Mobil Toyota Pick Up Agar Tetap Gesit

Untuk memastikan kondisi dari master rem mobil anda dalam kondisi baik atau tidak, maka anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Yakni dengan cara :

  • Melakukan bleding (buang angin) fungsinya untuk memeriksa apakah ada angin yang terjebak pada saluran oli rem.
  • Setelah anda melakukan bleding, dilanjutkan untuk mencoba menjalankan mobil anda dan lakukanlah pengereman. JIka kondisi rem mobil tidak pakem pada saat pedal rem diinjak, maka bisadipastikan kalo kondisi master rem mobil anda sedang mengalami kerusakan.
  • Lakukanlah pembongkaran¬† master rem mobil yang berada pada dudukan booster rem.
  • Setelah bagian tersebut terbongkar, anda bisa memeriksanya pada bagian dalam dinding master dengan menggunakan jari telunjuk anda. Dan coba periksalah apakah ada terasa kasar atau berkarat pada dinding master rem mobil anda.

Setelah anda memeriksa kondisi dari master rem mobil anda dan memang ditemukan kondisi master rem rusak, maka cara memperbaiki master rem mobil yaitu dengan :

Memeriksa Dinding Master

Jika ditemukan karak atau kotoran saat anda memeriksa dinding master rem mobil anda, maka sebaiknya segera lakukakn pembersihan dengan cara menggosoknya dengan menggunakan amplas hingga bagian karatnya menghilang. Cara ini merupakan cara yang mudah untuk anda coba lakukan dirumah tanpa harus perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Mengganti Master & Karet Seal

Anda sudah mencoba cara diatas namun belum berhasil ? maka anda harus mmeriksa kembali apakah masih ada yang kasar atau memang sudah halus semua. Namun jika memang masih ada bagian yang terasa kasar, maka sebaiknya lakukan pergantian master silinder. Hal ini tidak wajib dilakukan, sebab jika andasudah melakukan cara pertama dan hasilnya sudah berhasil maka anda tidak perlu lagi mengganti master. Anda bisa juga mengganti karet seal dengan komponen yang baru jika memang cara pertama belum berhasil.

Viral :   Mitsubishi Delica, Mobil Mewah dengan Kabin Luas

Setelah anda sudah melakukan perbaikan pada master rem mobil anda, selanjutnta anda bisa memasangkan kembalu semua komponen yang anda lepas tadi ke posisi semula. Cobalah lakukan bleding ulang untuk lebih memastikan lagi jika memang sudah tidak ada angin didalam saluran oli rem. Hal ini perlu dilakukan dikarenakan angin yang berada didalam saluran oli rem bisa membuat kondisi rem menjadi tidak pakem.

Langkah selanjutnya jika semua perbaikan telah selesai dilakukan, lakukanlah pengetesan ulang untuk memastikan kondisi master rem sudah baik apa belum. Caranya cobalah menginjak bagian pedal rem mobil anda, jika kondisinya sudah bagus maka pedal rem tidak akan ambles lagi, setelah itu lakukan test dengan cara menjalankan mobil anda.

Dikarenakan fungsi master rem mobil yang terbilang penting, maka disarankan agar anda selalu memperhatikan kondisinya dan selalu merawat master rem mobil anda agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, selain itu dengan sering melakukan perawatan pada setiap komponen yang ada maka mobil akan lebih awet dan nyaman saat digunakan.