6 Alat Pengaman Mobil Anti Maling yang Bisa Diterapkan Pada Mobil

Alat Pengaman Mobil – Dengan Maraknya kasus pencurian, pastinya akan membuat pemilik mobil akan merasa khawatir sehingga para pemilik mobil dituntut untuk terus waspada agar tak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Meski saat ini pada beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi fasilitas keamanan yang canggih, tapi tetap saja hal tersebut tidak akan membuat para pemilik mobil merasa tenang. Maka dari itu untuk memberikan rasa aman, saat ini sudah dikembangkan berbagai macam alat pengaman kendaraan mobil yang bisa digunakan untuk mengamankan mobil dari pelaku pelaku pencurian.

Saat ini sudah banyak beredar macam macam alat pengaman mobil mulai dari yang sederhana sampai dengan yang menggunakan teknologi canggih. berikut beberapa alat pengaman mobil anti maling yang bisa anda terapkan dimobil kesayangan anda :

1. Kunci Setir

Alat pengaman mobil yang pertama adalah kunci setir. Kunci setir sendiri berfungsi untuk pengunci pergerakan kemudi mobil anda, yang mana alat pengaman ini dipasangkan dibagian setir mobil anda dengan mengaitkan setir mobil dengan salah satu komponen seperti rem atau kopling sehingga mobil tidak bisa bergerak. Saat ini sudah banyak beredar di pasaran jenis jenis kunci setir mobil, diantaranya yaitu :

Hipowerlock

Sistem penguncian yang ditawarkan kunci setir jenis hipowerlock cukup sederhana dan praktis namun pastinya memiliki kualitas yang baik.Cara memasangnya anda cukup pasangkan kunci setir diposisi lingkar kemudi.

Hipowelock alarm

Masih dari jenis hipowerlock, yang mana jenis kunci setir ini memiliki fitur tambahan yakni alarm. Sehingga alarm akan berbunyi saat sistem penguncian bekerja, namun untuk pemasangannya memang sedikit sulit.

Viral :   Aneka Upgrade Menarik dari Lexus Lc 500
Hipowerlok lock heavy

Jenis kunci setir yang satu ini menawarkan dua sistem penguncian didalamnya dengan model yang sedikit memanjang. Selain memiliki desain yang bagus, material hipowerlok lock heavy memanfaatkan stainless steel.

Yale

Yale merupakan kunci setir yang berjenis gembok yang sengaja dibuat untuk mengamankan setir mobil anda. Bentuknya yang solid dengan paduan warna hitam dan kuning yang bisa menunjukan posisi setir mobil dalam keadaan terkunci atau tidak.

2. Kunci Roda

Alat pengaman mobil selanjutnya yakni kunci roda. Alat ini merupakan pengaman mobil yang terbuat dari bahan dasar baja serta memiliki tekstur yang cukup keras dengan dilapisi chrom / nikel. Kunci roda sendiri merupakan salah satu alat pengaman mobil yang bisa dijadikan pilihan untuk mobil anda. Selain itu kunci roda memiliki fungsi untuk membuka baut dan menempatkan tutup roda kembali. Cara kerja alat ini dengan mengaitkan velg mobil sehingga membuat mobil tidak bisa bergerak sehingga bisa meminimalisir pencurian terhadap mobil kesayangan anda.

3. Alarm

Salah satu keunggulan dari alat pengaman mobil ini adalah akan mengeluarkan suara sebagai tanda peringatan jika terjadi gangguan pada mobil anda. Selain itu alat ini jugabanyak tanda yang bisa diberikan oleh alarm ini ,seperti saat anda sedangmemarkirkan mobil. Ada semacam sinyaldari sein yang nantinya akan memberikan sinyal GSM jika anda menggunakan telepon bila alarm yang digunakan bermodel GSM.

Dengan alat pengaman mobil ini, anda bisa mendapatkan sinyal bahaya secara langsung sehingga membuat anda sebagai pemilik mobil dapat mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi.

Viral :   Kenali Beberapa Penyebab Turun Mesin Mobil Serta Perkiraan Biaya Turun Mesin Mobil

4. Immobilizer

Immobilizer merupakan alat pengaman mobil yang bekerja dengan sistem pengamanan yang ditempatkan pada mobil anada. Alat ini pun sudah diterapkan oleh pabrikan pabrikan mobil untuk mobil keluaran terbaru. Cara kerja alat ini dengan mencocokan kode yang ada pada kunci dengan kode perangkat mobil, jika kode yangdimasukan tidak sama maka mobil tidak akan menyala. Namun harap diperhatikan jika anda ingin menerapkan alat ini, pastikan terlebih dahulu bahwa mobil anda sudah dilengkapi sistem kontrol elektronik.

5. Pelacak GPS

Alat pengaman mobil selanjutnya ialah pelacak GPS.Yang mana GPS ini merupakan salah satu alat pengaman yang bisa diterapkan pada mobil anda dengan menggunakan sistem satelit GPS, GSM atau GPR. Untuk cara kerja alat ini dengan mengirimkan data berupa koordinat dimana posisi mobil berada.

6. Chip kontak

Chip kontak merupakan alatpengaman mobil yang sudah menggunakan teknoogi sangat canggih. Cara kerja Chip kontak yakni dengan menggunakan sistem sensor chip yang terpasang pada mobil yang hanya mampu dibaca dikunci kontak mobil anda. Sensor chip dari alat ini bisa anda pasangkan di kap mobil anda, sehingga jika kap mobil anda terbuka maka alarm pada mobil anda akan berbunyi langsung.

Ada dua jenis sensor yang bisa anda terapkan sebagai alat pengaman mobil andara yakni sensor bayangan dan sensor getar. Untuk sensor bayangan sendiri sudah banyak peminatnya dibandingkan jenis sensor getar, hal ini dikarenakan sensor bayangan dapat memicu alarm mobil anda berbunyi walau hanya dengan getaran halus saja. sehingga bisa lebih cepat memberikan informasi atau tanda bunyi alarm yang menandakan mobil anda sedang dalam gangguan.