Wajib Tau ! 9 Cara Mengetahui Kaki-Kaki Mobil Rusak

Cara Mengetahui Kaki-Kaki Mobil Rusak – Kaki-kaki mobil merupakan bagian paling rentan mengalami kerusakan dari sebuah kendaraan. Hal ini karena kaki kaki mobil berfungsi menstabilkan pengendalian sehingga bakal terus bergerak selama mobil dijalankan.

Mobil yang belum menerapkan sistem elektrik pada kemudinya, seperti mobil mobil keluaran lama biasanya komponen kaki kaki mobilnya terbilang bisa lebih awet. Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan pada mobil keluaran lama berbeda dengan mobil mobil keluaran terbaru. Mobil dengan keluaran terlama bagian komponen kaki kakinya masih menggunakan minyak, sedangkan untuk mobil keluaran terbaru sudah menerapkan sistem elektrik / motor sehingga cepat rusak. Biasanya komponen kaki kaki mobil yang rentan rusak ada dibagian rack streer, tie rod dan long tie rod sehingga bagian bagian ini wajib anda periksa terutama pada keluaran mobil yang tidak terlalu lama tapi sudah meggunakan sistem elektrik. Maka dari itu, setidaknya anda perlu memahami cara mengetahui kaki kaki mobil rusak, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen lainnya.

1. melihat Arah roda pergerakan roda

Cara mengetahui kaki kaki mobil rusak pertama dengan melihat arah pergerakan roda. Jika saat anda berkendara merasakan roda tak stabil, kadang bergerak kekiri dan kekanan, serta dirasa mobil melayang diikuti dengan kondisi setir yang terasa liar. Maka ada kemungkinan fungsi tie rod mobil anda sudah mengalami kerusakan.

​​​​​​
2. Kondisi tapak ban terkikis

Kondisi tapak ban yang terkikis tidak merata biasanya disebabkan oleh shockbreaker yang mengalami kerusakan. Selain berpengaruh pada fungsinya ban, kerusakan yang dialami shckbreaker juga bisa menyebabkan rembesan oli menetes keluar dari komponen tersebut.

Cara mengetahui kaki kaki mobil rusak dibagian shockbreaker yakni dengan mencoba menggenjot ujung kap mesin atau bagasi mobil anda beberapa kali dengan menggunakan tangan. Jika mobil hanya berayun sekali setelah tekanan tangan anda dilepaskan dari kap mesin, berarti menandakan shockbreaker dlam kondisi baik, namun jika ayunannya beberapa kali maka bisa dipastikan shockbreaker mobil anda mengalami kerusakan dan perlu segera diganti.

Viral :   Agar Tidak Salah, Ini Tips Membeli Minibus Toyota Hiace Bekas
3. Terdengarnya suara dengung

Cara mengetahui kaki kaki mobil rusak selanjutnya yakni dengan mendengarkan kemunculan bunyi dengung. Biasanya jika terjadi masalah pada kaki kaki mobil terutama pada bagian bearing akan terdengar suara dengung atau tanda lainnya bisa juga berupa bunyi mirip logam tergerus saat anda mengendarai mobil dalam kecepatan rendah.

Cara memastikannya, and bisa mencoba membelokan roda mobil anda ketika berjalan. Jika saat mobil dibelokan ke kiri suara dengung hilang berarti bearing sisi kiri yang rusak, sebaliknya bila digerakan ke kanan dan suara dengung hilang berarti bearing sebelah kanan yang mengalami kerusakan.

4. Timbul bunyi dan roda bergoyang

Jika anda pernah merasakan roda mobil anda kurang stabil dan bergoyang saat melintas di jalan yang bergelombang atau berlubang, berarti kemungkinan besar ball joint yang merupakan salah satu dari komponen kaki kaki mobil mengalami kerusakan. Saat kondisi ball joint sudah afkir maka akan timbul gejala awal yang terdeteksi biasanya kaki kaki mobil menimbulkan bunyi kletek kletek dan roda bergoyang saat berada dijalanan yang rata.

5. Kondisi Mobil limbung saat di tikungan

Cara mengetahui kaki kaki mobil rusak berikutnya mobil limbung saat ditikungan. Jika saat anda mengendarai mobil dan terasa limbung saat brada di tikungan, itu artinya ada salahsatu komponen kaki kaki mobil yangrusak, komponen ini ialah bushing. Bushing sendiri memiliki fungsi untuk menstabilkan gerakan kendaraan saat berada di tikungan, jika bushing mengalami kerusakan maka akan muncul suara kletek keletek , mobil terasa melayang serta limbung kerika anda katika anda berbelok.

Viral :   Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk & Penyebab Kerasnya

6. Ban aus

Ban aus merupakan salah satu cara mengetahui kaki kaki mobil rusak. Hal ini terkadang jarang dipahami oleh pemilik mobil karena mengira penyebabnya hanyalah karna salah memposisikan ban. Jika saat menemukan kondisi ban mobil anda aus tidak merata dan terjadi hingga ketelapak bagian dalam, maka segeralah atasi masalahnya dengan mengganti ban yang baru.

7. Spooring berubah

Cara mengetahui kaki kaki mobil rusak selanjutnya melalui spooring dengan menempatkan setir pada kondisi lurus. Caranya coba anda jalankan mobil pada kecepatan 40 – 60 km/jam, jika dirasa arah mobil melenceng ke kiri atau kanan saat melaju maka kemungkinan besar spooring bermasalah.

Spooring mobil merupakan setelan sudut keselarasan roda dengan permukaan jalan. Jika anda menemukan arah suduh keselarasan roda beurbah saat anda melakukan service rutin spooring meski sudah dilakukan penyelerasan beberapa kali, itu pertanda bahwa kaki kaki mobil anda bermasalah.

8. Velg peyok atau retak

Kondisi velg mobil yang penyok merupakan cara mengetahui kaki kaki mobil rusak. Maka anda diharuskan agar segera mengganti velg dengan yang baru. Bila tidak segera diperbaiki, velg mobil yang penyok akan membuat kendali mobil tidak stabil dan sangat membahayakan keselamatan perjalanan anda.
​​​​​​​

9. Rem terasa tidak enak

Cara mengetahui kaki-kaki mobil rusak yang terakhir melalui rem. Caranya yakni dengan menekan secara teratur pedal rem mobil anda saat kondisi berhenti, jika terasaagak membal maka tandanya ada sedikit udara dalam salurannya. Selain itu anda juga bisa mencoba menjalankan mobil dengan kecepatan 40-60 km/jam, kemudian cobalah menginjak rem jika saat anda menginjak rem membutuhkan tenaga lebih banyak untuk menghentikan mobil maka kemungkinan booster rem mengalami kerusakan.