Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Cara mengganti kampas rem cakram mobil – Rem cakram merupakan salah satu dari sekian banyak perngkat pengereman mobil yang sudah banyak digunakan saat ini, terlebih pada kendaraan modern atau keluaran terbaru. Cara kerja rem cakram sendiri yakni dengan menjepit disc brake dengan menggunakan caliper dan digerakan oleh piston untuk mendrong sepatu rem/ brake pedals. Sitem kerjanya piston akan mendorong sepatu rem ke piringan yang akan menghasilkan daya rem yang mencengkram. Pada rem cakram, kampas rem merupakan bagian terpenting.

Kampas rem cakram bisa dibilang termasuk dalam komponen yang memiliki umur singkat, umumnya kampas rem cakram memiliki umur sekitar 2 tahun tergantung penggunaan mobil. Maka dari itu anda diharuskan untuk sering mengeceknya.

Saat ini masih banyak para pemilik mobil belum mengetahui cara mengganti kampas rem cakram mobil, terkadang para pemilik mobil lebih mengandalkan jasa dari bengkel untuk mengerjakannya. Padahal cara mengganti kampas rem cakram mobil ini terbilang mudah, mungkin anda yang awam pun bisa melakukannya asalkan memiliki peralatan yang dibutuhkan selama melakukan pergantian kampas rem cakram.

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil

Hal pertama yang harus anda lakukan yakni mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti dongkrak portable, kunci roda, kunciring 14-12 atau 14-17, satu set kampas rem baru, brake piston pressing tool ( jika ada ).

Setelah semuanya sudah disiapkan, maka tahap selanjutnya anda mulai membongkar rem nya :

1. Dongkrak mobil hingga roda terangkat

Cara mengganti kampas rem cakram mobil yang pertama adalah dengan mendongkrak mobil hingga roda terangkat. Cara mendongkrak mobil yang benar yang terpenting ada pada tumpuannya, pastikan anda slalu memilih tumpuan pada frame atau chasis mobil, hal ini karena pada tumpuan ini tersambung dengan bagian body sehingga kuat mengangkat sebagian bobot mobil anda.

Viral :   DFSK Glory 580 Mobil Terjangkau dengan Beragam Spesifikasi

Karena kita akan melepas bagian roda, maka sebelum mengangkat mobil, terlebih dahulu kendorkan roda depan mobil. Hal ini bertujuan agar saat melepas roda lebih mudah tanpa kesulitan.

2. Lepas roda

Setelah anda melakukan cara pertama, maka selanjutnya cara mengganti kampas rem cakram mobil yang kedua, anda tinggal melepaskan baut roda yang sebelumnya sudah dikendorkan. Setelah baut terlepas semua, anda bisa menarik roda dan sistem rem cakram pada roda depan mobil anda akan terlihat jelas.

3. Buka baut caliper atas dan bawah

Langkah selanjutnya, gunakan kunci ring 14 atau 12 untuk membuka baut pengikat caliper rem. Pastikan saat membuka baut ini anda perlu berhati hati. Hal ini karena banyak kejadian baut caliper yang patah dan slek.

4. Lepas caliper rem

Setelah 2 baut caliper rem tadi sudah terlepas, cara mengganti kampas rem cakram mobil selanjutnya yakni melepas caliper rem. Jika anda kesulitan melepasnya karna sedikit keras, anda bisa menarik calipe ini dari sisi atas dan bawah secara bergantian.

5. Lepas kampas rem

Setelah caliper berhasil dilepas, harap letakan caliper dibagian suspensi mobil, ini karena masih ada selang hodrolis yang terhubung sehingga tidak bisa anda jauhkan caliper dari area ini. Setelah itu barulah anda mulai melepas kampas rem dengan bantuan tangan, lalu anda bisa mengecek terlebih dahulu kondisi kampas remnya sebelum melakukan pergantian.

6. Pasang kampas rem

Setelah kampas rem yang lama dan sudah dalam kondisi habis telah anda lepas, maka selanjutnya bisa memasang kampas rem yang baru. Biasanya antara kampas rem bagian dalam dan luar memiliki sebuah perbedaan. Biasanya kampas bagian dalam memiliki lempengan seng yang mengrah ke piringan. Lempengan ini biasanya disebut brake wear indicator yang akan memberitahu anda jika kondisi kampas rem sudah habis.

7. Masukan piston kedalam caliper

Cara mengganti kampas rem cakram mobil selanjutnya yaitu memasukan piston kedalam caliper. Kita perlu menyesuaikan celah piston dengan kampas rem baru, pada sistem rem cakram celah rem diatur secara otomatis sehingga saat kampas rem mobil anda sudah menipis maka piston didalam caliper akan lebin menonjol keluar.

Viral :   Wuling Luncurkan Mobil Listrik Murah, Ini Faktanya

Jika andapasangkan caliper ini dengan kampas yang lebih tebal, maka caliper tidak akan masuk. Hal ini dikarenakan terhalang oleh piston yang menonjol, solusinya anda perlu mendorng piston kembli kedalam caliper agar permukaannya rata. Caranya dengan menggunakan brake caliper pressing tool. Jika anda tidak memiliki alat ini dirumah, anda bisa menggunakan batang pengungkit seperti stang dongkrak atau kunci ring besar 14-17. Caranya, pertama-tama anda letakan dua buah kampas rem yang bekas diatas piston lalu gunakan dua batang untuk mengungkit kampas rem tersebut dengan kuat, hal ini akan membuat kondisi piston terdorong kedalam caliper.

8. Pasang caliper dan kencangkan baut caliper

Jika piston didalam caliper sudah disesuikan, maka langkah selanjutnya langsung pasangcaliper e piringan dengan posisi seperti sebelumnya. Jangan lupa pasang juga 2 baut caliper dan kencangkan ( jangan terlalu berlebihan mengencangkannya karena bisa membuat baut patah ).

Setelah piston didalam caliper sudah di sesuaikan, langsung pasang caliper ke piringan dengan posisi seperti sebelumnya. pasang juga baut caliper dan kencangkan dengan moment kekencangan yang wajar (jangan berlebihan karena bisa membuat baut patah).

9. Pasang ban dan turunkan dongkrak

Cara mengganti kampas rem cakram mobil yang terkhir yakni dengan memasang roda, baut roda dan menurunkan dongkrak. Jangan lupa untuk mengecek volume minyak rem juga, biasanya akibat piston yang di press saat pemasangan kampas rem tadi, minyak rem akan naik dan bahkan bisa meluber. Setelah semua prosesnya dirasa sudah sempurna dikerjakan, maka sebelum anda menggeber mobil kesayangan anda, terlebih dulu menekan nekan rem mobil beberapa kali, hal ini karena celah rem cakram akan tersetel/ tersetting secara otomatis dan rem pun akan kembali keposisi seperti semula

Kata PencarianMengganti kampas cakram sendiri