Kompresor Ac Mobil Tidak Berputar ? Yuk, Kenali Beberapa Penyebabnya

Kompresor Ac Mobil Tidak Berputar – Permasalahan yang paling sering dijumpai pada sistem AC mobil disebabkan oleh unit kompresor ac mobil yang tidak berputar saat switch AC di posisi ON. Padahal kompresor menjadi bagian terpenting dalam sistem AC, hal ini dikarenakan hanya di sanalah tempat aliran sirkulasi freon dipompa yang kemudian baru bisa disirkulasikan seluruhnya pada sistem AC mobil.

Secara garis besar kompresor ac mobil terdiri dari 2 komponen utama yakni unit kompresor itu sendiri yang memiliki fungsi sebagai pengompresi freon yang ada pada sistem ac mobil dan komponen utama yang kedua adalah magnetic clutch yang memiliki fungsi untuk menghubungkan / memutuskan putaran pully kompresor dari crank shaft ke as kompresor sehingga bisa menentukan kapan kompresor bekerja dan tidak bekerja. Dari sini bisa disimpulkan bahwa kompresor ac mobil tidak berputar bukan hanya karna unit kompresornya saja , melainkan bisa disebabkan dari kerusakan magnetic clutch yang tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga bisa membuat kompresor ac mobil anda tidak berputar.

Salah satu tanda kerusakan pada unit magnetic clutch dengan mendengarkan suara “tek” saat posisi switch AC di hidupkan ‘ON’. Biasanya suara ‘tek’ ini muncul dikarenakan adanya hubungan kedua komponen antara pulley dengan magnetic clutch, Nah, jika saat switch ac dihidupkan dan anda tidak mendengan suara ‘tek’ ini, maka bisa disimpulkan kerusakan terjadi pada unit magnetic clutch nya. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan magnetic clutch tidak bekerja sehingga membuat kompresor ac mobil tidak berputar.

Daftar Isi

Viral :   Intip Interior Honda HRV, Mobil Idaman Eksklusif Kaum Muda
1. Putusnya Fanbelt AC

Penyebab kompresor ac tidak berputar yang pertama dikarenakan fanbelt Ac yang putus. Fanbelt ac sendiri memiliki fungsi untuk menghubungkan pulley ac dengan pulley crankshaft, jika fanbelt berputar, maka putarannya bisa menggerakan pulley kompresor ac sehingga membuat freon dapat dipompa lalu dialirkan ke seluruh sistem ac mobil. Namun, jika fanbelt ini putus maka tidak bisa berputar danpastinya tidak mampu membantu jalannya kompresor ac.

2. Putusnya Sekring Magnetic Clutch

Putusnya sekring magnetic clutch merupakan salah satu penyebab kompresor ac tidak berputar. Pada umumnya sekring magneticclutch ini putus dikarenakan adanya aliran listrik yang terlalu besar. Jadi jika saat anda cek dan ditemukan sekring benar benar putus, segeralahganti dengan yang baru dengan ukuran ampere yang sama. Dan perlu anda ketahui biasanya sekring ini terletak didalam fuse boc diruang mesin. Adapun pada merk merk mobil sekring ditandai dengan beragam kode tertentu, seperti pada mobil avanza dengan kode MGC atau mobil agya dengan kode MG CLT.

3. Kerusakan Pada Relay Magnetic Clutch

Penyebab kompresor ac mobil tidak berputar selanjutnya dikarenakan terjadi kerusakan pada relay magnetic clutch. Pada umumnya relay bekerja secara electromagnetic sehingga saat  saklar ac dihidupkan maka akan otomatis arus listrik besar mengalir ke kumparan magnetic clutch, baru kemudian menuju ke kompresor ac mobil. Dengan kondisi relay yang rusak maka bisa mengganggu aliran elektromagnetik tidak bisa mencapai pulley kompresor. Maka dari itu, anda lakukan pengechekan untuk memastikan relay magnetic clutch ini rusak atautidak, caranyadengan mencoba menukarnya dengan relay yang lain, seperti relay klakson untuk mengetahui apakah bisa menghidupkan ac atau tidak.

Viral :   Pick Up Isuzu E2, Mobil Terbaru dengan Spek Menarik
4. Kerusakan Pada Magnetic Clutch

Selain itu penyebab kompresor AC mobil tidak berputar juga bisa disebabkan karena magnetic clutch yang mengalami kerusakan. Pada umumnya jenis kerusakan ini sering terjadi di lilitan dalam magnetic clutch yang putus. Anda bisa mencoba mengecek dengan cara menjumper socket magnetic clutch. Lalu andatinggal hubungkan menggunakan kabel ke positif aki mobil, jika setelah dijumper ternyata diketahui magnetic clutch tidak menjangkau pulley kompresor artinya memang terjadi kerusakan. Maka anda harus segera mengganti dengan yang baru agar bisa kembali dipergunakan.

5. Sensor Suhu Serta Tekanan AC Yang Bermasalah

Penyebab kompresor ac tidak berputar yang terakhir dikarenakan sensor suhu dan tekanan AC bermasalah. Jika kedua komponen ini tidak bekerja dengan baik  atau optimal , maka akibatynya dapat mengganggu kinerja magnetic clutch. Jadi ketika sensor suhu mengalami kerusakan, maka akan menganggap tekanan freon terlalu besar sehingga magnetic clutch tidak mau menyala. Disarankan jika menemukan jenis kerusakan semacam ini, ada baiknya di cek oleh pihak yang memang sudah berpengalaman, seperti pada bengkel bengkel acyang terpercaya.