Mudah Dan Aman ! Inilah 9 Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil – Ruang mesin mungkin menjadi satu bagian yang paling jarang diperhatikan. Hal ini biasanya dikarenakan ruang mesin terletak pada bagian yang selalu tertutup dan jarang disentuh jika tidak terjadi apa-apa. Meski ruang mesin selalu tertutup bukan tidak mungkin kondisinya akan kotor dan berdebu. Jika hal ini tidak anda bersihkan maka akibatnya bisa saja debu dan kotoran pada ruangmesin terhisap oleh filter udara yang bisa merusak sistem injeksi serta menghambat proses pembakaran yang bisa berdampak penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Maka dari itu demi menjaga hal yang tidak anda inginkan terhadap kondisi ruang mesin mobil anda, ada baiknya anda selalu menjaga dan merawat ruang mesin mobil anda secara berkala. Anda tidak perlu bingung dan takut ketika akan membersihkan ruang mesin mobil anda sendiri, karena ada beberapa cara membersihkan ruang mesin mobil dengan mudah yang bisa dilakukan sendiri dirumah.

Namun sebelum anda ingin memulainya, perlu anda ingat hindari menggunaan air mengalir selama proses pengerjaan, hal ini dikarenakan di ruang mesinmobil juga terdapat komponen komponen kelistrikan.

Cara membersihkan mesin mobil yang aman

1. Siapkan Peralatan

Cara membersihkan ruang mesin yang pertama pastinya anda harus menyiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu. Seperti selang, spons, kuas, air bersih, ember, sikat, sabun khusus mobil, engine degreaser, lap plas chamois serta lap microfiber.

2. Pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin

Setelah menyiapkan peralatan, cara membersihkan ruang mesin selanjutnya dengan memastikan kondisi mesin dalam kondisi dingin.

Viral :   Jadwal MotoGP AS 2022 di circuit of the Americas, Austin
3. Bersihkan debu-debu atau kotoran ringan

Jika mesin sudah dalam kondisi dingin, maka selanjutnya anda mulai proses pembersihan ruang mesin. Pada proses ini bersihkan debu debu dan kotoran yang menempel atau berada di ruang mesin mobil anda. Caranya dengan mulai membersihkan ruang mesin dengan kuas dari permukaan yang lebar hingga ke sela sela. Proses ini akan jadi lebih mudah dikerjakaan jika anda memiliki blower.

4. Melepas aki mobil

Tahap terpenting dari cara membersihkan ruang mesin yakni melepas aki mobil. Hal ini sangat diperlukan karena tahap pembersihan selanjutnya anda perlu menggunakan air. Jadi dengan anda melepas aki mobil berarti secara tidak langsung bisa memutus aliran listrik yang ada dimobil anda, sehingga menghindari korsleting saat anda membersihkan mesin menggunakan air.

5. Bersihkan bagian bawah kap mesin

Jika aki mobil sudah terlepas, bagian yang harus dibersihkan yang pertama yakni kap mesin, hal ini dikarenakan letaknya yang berada paling atas dan jika dibersihkan belakangan, besarkemungkinan kotoran yang terdapat pada kap mesin akan jatuh keatas permukaan mesin yang sudah anda bersihkan lebih dulu.

Untuk membersihkan kap mesin, anda bisa memanfaatkan cairan pembersih serbaguna. Caranya dengan menyikat atau kuas kotoran kotoran yang menempel, setelah bersih lakukan pembilasan secara perlahan agarcipratan air tak berantakan keatas permukaan mesin. Selanjutnya bisa anda keringkan dengan lap lap microfiber atau plas chamois.

6. Lakukan dengan teliti dan menyeluruh

Lakukan pembersihan secara teliti dan menyeluruh dengan cara memanfaatkan cairan pembersih. Pertama tama anda bisa membasahi permukaan mesin yang akan dibersihkan. Setelah itu anda bisa menggunakan sikat atau kuas untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Disarankan pada tahap ini untuk memulai membersihkan ruang mesin yang permukaannya lebar terlebih dahulu, baru setelah itu dilanjutkan kebagian bagian yang kecil dan sela sela mesin.

Viral :   Yuk Mengenal Pengertian Central Lock Mobil Serta Penyebab dan Cara Mengatasi Kerusakannya
7. Bersihkan juga bagian depan mesin

Jika menurut anda ruang mesin sudah bersih, maka anda bisa luangkan waktu sejenak untuk membersihkan bagian depan mesin. Dalam hal ini anda perlu melepas grille depan, sebenernya bisa saja tanpa melepas grillenya, namun saat pengerjaan nya akan cukup sempit

8. Keringkan bagian yang sudah dibersihkan

Cara membersihkan ruang mesin yang terkahir ialah dengan mengeringkannya menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois . Hal ini bertujuan agar kondisi ruang mesin sudah bebas dari sisa sisa air bekas proses pembersihan tadi sehingga bisa menghindari terjadinya karat pada komponen komponen mesin. Disarankan agar anda membilas permukaan mesin yang sudah dicuci terlebih dahulu sebelum melakukan proses pengeringan.

9. Pasang aki dan nyalakan mesin

Setelah semuanya sudah dikerjakan dengan sempurna, maka jangan lupa untuk memasang kembali aki mobil anda dan cobalah untuk menyalakannya.

Dengan anda rutin merawat dan membersihkan ruang mesin mobil anda maka akan membawa kepuasan tersendiri bagi Anda sang pemilik mobil. Selain itu dari sisi nilai jual, kondisi tersebut juga akan meningkatkan daya tarik mobil di mata siapa pun.