Mesin mobil mati mendadak ? Kenali 6 penyebabnya

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak – Mogok atau mesin mobil mati mendadak merupakan mimpi buruk bagi para pengemudi mobil. Salah satu penyebabnya yakni kurangnya perawatan terhadapan mobil yang bisa membuat mesin mobil anda mati mendadak. Jika mesin mobil mati mendadak saat anda berada ditengah jalan, pastinya bisa membuat anda panik terlebih jika terjadi saat malam hari dan dilokasi yang sepi sehingga tidak ada orang lain yang bisa menolong. Maka dari itu demi menjaga agar mesin mobil tidak mati mendadak saat anda mengendarainya, anda diharuskan untuk lebih rajin merawat mobil kesayangan anda.

Namun jika hal ini terjadi pada anda, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah jangan panik, kemudian anda harus tenang dan mulai medorong mobil anda ke bahu jalan agar tidak mengganggu pengendara lainnya. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa penyebab mesin mobil bisa mati mendadak atau mogok, hal ini biasanya dikarenakan :

1. Overheat

Penyebab mesin mobil mati mendadak yang pertama adalah overheat. Dimana penyebabnya bisa dari sektor radiator yang kurang maksimal dan bisa juga akibat mesin mobil yang terus menyala tanpa henti.

Viral :   Mobil Paling Mahal Lamborghini Aventandor SVJ Masterpiece Luar Biasa
2. Timing belt putus

Penyebab mesin mobil mati mendadak yang kedua yakni timing belt yang putus atau rusak. Timing belt sendiri berfungsi sebagai penyelaras putaran kruk as dan katup sehingga keduanya bisa tidak berbenturan. Namun, jika timing belt putus, maka kerusakan komponen jelas tidak terelakan lagi lataran piston akan menumbuk katup yang berada dalam posisi terbuka.Resiko terparahnya jika sedang dalam putaran rmp mesin yang tinggi bisa menghancurkan komponen internal mesin.

3. Koil Rusak

Penyebab mesin mobil mati mendadak lainnya bisa dikarenakan kondisi koil yang rusak. Koil yang rusak bisa membuat arus listrik dari aki menjadi terputus. Ini akan membuat pembakaran tidak terjadi dikarenakan pemantik api tidak mendapat aliran listrik dari koil. Cara mengetahui kondisi koil rusak atau tidak, anda bisa mengecek kabel distributor lalu menmpelkannya pada bodi mobil anda, kemudian cobalah untuk menyalakan mobil. Jika muncul percikan api maka arus listri masih ada, sebaliknya jika tak ada percikan api maka bisa dipastikan koil dalam kondisi rusak.

4. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab mesin mobil mati mendadak yang paling sering terjadi yakni kehabisan bahan bakar. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan indikator bensin menunjukan kapasitas bensin yang salah, jadi tidak ada salahnya agar anda memastikan langsung dengan membuka tangki bensin dan mulai mengeceknya. Jika saat anda cek dan menemukan kondisi tanki bensin kosong berarti itu penyebab mesin bisa mati mendadak, dan kemungkinan indikator bensin pada mobil anda mengalami masalah dan perlu diperbaiki.

Viral :   Jangan Salah Memilih, Inilah Cara Membaca Kode Oli Kendaraan Yang Benar
5. Alternator Bermasalah

Alternator merupakan alat yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke aki dengan mengubah energi gerak ke energi listrik. Selain itu fungsi alternator yakni sebagai penyuplai listrik ke aki. Alternator yang bermasalah bisa menyebabkan mesin mobil mati mendadak. Hal ini dikarenakan alternator tidak bekerja dengan baik sehingga akan membuat aki tidak bisa diisi.

6. Fuel pump tersumbat

Penyebab mesin mobil mati mendadak yang terakhir adalah fuel pump yang tersumbat. Ketika komponen ini tesumbat atau mengalami mampet maka dapat dipastikan mesin tidak bisa mendapat pasokan bahan bakar sebagaimana mestinya.

Untuk menghindari permasalah ini , disarankan agar anda melakukan perawatan mobil anda secara rutin. Mulai dari memeriksa komponen komponen yang vital hingga mengganti oli secara teratur.