Jangan Panik! Inilah 6 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter – Pernahkah anda mengalami permasalahan mobil kesayangan anda tidak bisa di starter ? Jika pernah, anda tak perlu khawatir sebab hal ini bisa anda perbaiki sendiri dengan beragam cara agar permasalahan ini bisa diselesaikan.

Sebelum anda mulai memperbaikinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tau penyebab mobil tidak bisa distarter. Karena mobil yang tidak bisa distarter diakibatkan ada beberapa penyebabnya. Hal ini penting untuk diketahui agar bisa meminimalisir tingkat kerusakan yang lebih.

Berikut beberapa penyebab mobil tidak bisa di starter :

– Aki yang kondisinya mulai lemah
– Dinamo starter pada mobil anda yang bermasalah
– Busi, koil serta kabel busi yang rusak
– Choke dan Kompresi silinder rendah bermasalah
– Kondisi injektor yang kotor atau tersumbat oleh debu

Jika anda sudah mengatahui dan memahami penyebab dari mobil tidak bisa di starter, maka selanjutnya anda mulai memperbaikinya. Berikut 5 cara mengatasi mobil tidak bisa distarter :

1. Cek Kondisi Aki

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang pertama adalah dengan mengecek kondisi aki mobil anda. Pasalnya, busi merupakan komponen penting dari sistem kelistrikan sebuah kendaraan. Jadi jika tanpa adanya aki, maka mobil tidak akan bisa berfungsi. Cobalah periksa kondisi level air aki serta memeriksa tegangan listriknya. Pastikan kondisi aki kamu bagus, jika sudah aus maka anda harus segera menggantinya.

Viral :   Wuling Luncurkan Mobil Listrik Murah, Ini Faktanya
2. Periksa Kondisi Fuel Pump

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang kedua yakni dengan memeriksa kondisi fuel pump. Cara memeriksanya dengan melakukan pengecekan fuel pump pada layar MID atau Multi Information Display yang ada di dashboard mobil anda, hal ini bisa dilihat dari indikator Check Engine pada Speedometer yang ada di MID mobil anda akan menunjukan kondisi fuel pump. Jika fuel pump lemah cara mengatasinya cukup dihentak, akan tetapi jika fuel pump kotor anda harus segera membawa mobil anda ke bengkel agar dibersihkan dan dilakukan kalibrasi ulang sehingga bisa membuat mobil anda kembali bekerja secara efektif.

3. Cek dan Kontrol Keadaan Karburator

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter selanjutnya dengan cara cek dan kontrol keadaan karburator. Hal ini dikarenakan komponen ini sama pentingnya dengan aki, yang mana berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap mesin mobil.

Jika karbuartor kotor, maka akan menghambat proses starting mesin mobil anda. Maka dari itu anda harus rutin melakukan perawatan mobil anda seperti membersihkan karburator.

Viral :   Toyota Hilux Double Cabin, Harga dan Spesifikasi
4. Periksa Kondisi Sekring

Memeriksa kondisi sekring merupakan salah satu cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Periksalah kondisisekring mobil anda, jika anda mengalami masalah dimna mesin tidak bisa menyala. Cara ini bisa anda lakukan apabila anda sudah mengecek komponen aki dan karbuartor. Sekring sendiri terbagi dua yakni kutub positif dan kutup negatif. Perikslahkedua kutub ini apakah ada kabel yang terputus atau tidak. Jika anda bingung atau kurang memahinya, tidak ada salahnya untuk mencoba bantuan montir yang ada dibengkel terdekat.

5. Pengecekan Suhu Koil

Jika mobil kamu bisa distarter tapi tidak nyala, maka koil rusak. Segera ganti koil untuk mengembalikan kondisi mobil kamu menyala.

6. Cek Dinamo Starter

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang terakhir adalah dengan mengcek kondisi dinamo starter. Bagian ini memiliki fungsi untuk menggerakan roda gila pada dapur pacu mobil anda sehingga mesin bisa berfungsi normal. Memiliki dua komponen yakni alternator dan dinamo starter, Alternator sendiri bekerja untuk mengalirkan listrik dari aki dan dinamo starter bekerja untuk proses starter. Cek kondisi keduanya, jika mengalami tanda kerusakan maka anda harus segera melakukan service perbaikan.