Kenali beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter

Penyebab mobil tidak bisa distarter – Saat ini mobil sudah banyak dijadikan sebagai sarana transportasi aktivitas harian. Untuk menggunakannya, satu satunya cara menghidupkan mesin mobil yakni dengan menstarter mobil. Namun, sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang masih sering abai akan kondisi komponen mesin sehingga bisa membuat mesin mobil mogok dan tidak dapat distater.

Jika hal ini terjadi dan sedang anda alami, sebaiknya anda tidak perlu panik dan kawatir sebab permasalahan ini sudahsering terjadi pada sebuah kendaraan roda empat. Yang harus anda lakukan yakni pertama tama mencari tau penyebab mobil tidak bisa di starter terlebih dahulu lalu mulai melakukan perbaikan. Namun jika anda kurang paham dalam hal otomotif, solusi yang tepat yakni bawalah mobil anda ke bengkel agar bisa segera teratasi.

Penyebab mobil tidak bisa di starter terkadang bisa melibatkan banyak komponen diantaranya aki, dinamo, saluran bensin, bensin habis serta koil yang terlalu panas. Karena mogok tidak bisa diprediksi waktu dan tempatnya, yang jika terjadi bisa merepotkan anda dalam kondisi buru buru, ada baiknya anda kenali dulu penyebab mobil tidak bisa distarter untuk meminimalisir hal hal yang nantinya bisa merugikan anda selaku pengendara mobil.

1. Busi

Penyebab mobil tidak bisa distarter yang pertama adalah busi. Dimana busi memegang peranan penting yakni sebagai penghantar listrik pada mesin agar mesin mobil bisa menyela. Anda bisa mencoba periksaondisi busi mobil anda jika mobil anda tidak bisa distarter. Biasanya hal ini dikarenakan kondisi busi yang kotor, jika kotor anda bisa membersihkannya dengan lap besih dan menggosok bagian ujung kepala busi. Namun jika kondisi busi sudah usang atau rusak maka anda harus menggantinya dengan yang baru.

Viral :   Spesifikasi Lengkap Mobil Porsche 918 Spyder Berjenis Hybrid
2. Dinamo dan alternator

Penyebab mobil tidak bisa distarter yang kedua yakni dinamo dan alternator. Dinamo dan alternator memiliki fungsi mengalirkan listrik ke bagian aki, jika bagian ini rusak sudah dipastikan aliran listrik tida bisa tersalurkan sekalipum aki mobil anda dalam kondsi baik. Permasalahan pada kedua bagian ini bisa dibilang cukup rumit sehingga ada baiknya langsung membaanya ke bengkel guna pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya tanda tanda dinamo dan alternator yang akan mengalami kerusakan yakni mobil mulai sulit dinyalakan sebelum mogok.

3. Pompa bahan bakar

Penyebab  mobil tidak bisa distarter selanjutnya bisa dari pompa bahan bakar. Ini dikarenaka pompa bahan bakar berperan mengatur jalannya aliran bensin, biasanya penyebab dari masalah ini dikarenakan terjadinya penumpukan motoran. Jadi perlu anda perhatikan bahwa bagian ini harus rutin anda bersihkan saat sedang melakukan service mobil.

Viral :   Rekomendasi Mobil Keluarga Murah untuk Anda
4. Kondisi aki

Bisa dibilang masalah aki mobil merupakan masalah yang umum yang bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Hal ini dikarenakan aki merupakan komponen yang penting agar mobil bisa dihidupkan. Penyebab dari soaknya aki yakni air aki yang mengering dan tegangan listrik aki kurang. Jika hal ini terjadi ada 2 opsi yang menjadi solusinya yakni mengganti dengan yang baru atau mengisi kembali air aki mobil anda.

Dikarenakan aki memiliki peranan penting pada mobil, maka anda diharuskan untuk merawat dan slalu mengecek kondisi aki secara berkala. Sebab jika hal ini terjadi bukan hanya mogok saja, tapi bisa menjadi masalah lain dikomponen mobil anda.

5. Koil

Penyebab mobil tidak bisa distarter yang terakhir adalah adanya masalah pada koil. Umumnya masalah yang terjadi pada koil biasanya akibat hilangnya tegangan arus listri yang besar ke aki dan busi. Ini bisa mengakibatkan tegangan arus besar menjadi hilang dan membuat arus listrik gagal memantik pijaran bunga api pada busi. Jika hal ini terjadi maka ada baiknya anda segera membawa mobil anda ke bengkel guna mendapatkan penangan yang tepat.