Tidak Sulit ! Begini Cara Mengganti Filter Oli Mobil Sendiri Tanpa Perlu ke Bengkel

Cara mengganti filter oli mobil – mengganti filter oli mobil merupakan suatu prosedur yang perlu dilakukan secara berkala dan rutin agar kendaraan anda menjadi lebih terawat dan tahan lama. Ketika anda lupa mengganti filter oli mobil, mungkin akan datang beberapa masalah yang akan timbul seperti filter atau saringan oli yang penuh dan pastinya menyumbat yang akan mengganggu sirkulasi oli sehingga kinerja oli akan terhambat. Tidak hanya sampai disitu, mesin mobil anda pun akan terkontaminasi dengan kotoran yang tidak dapat disaring sempurna oleh filter oli mobil anda. Fungsi oli sendiri yakni sebagai pelindung, pendingin dan pembersih , jadi jika filter oli mobil anda kotor akan membuat kinerjanya tidak dapat maksimal dan fungsi lainnya sebagai pelumasan akan terganggu dikarenakan terkontaminasi dengan kotoran.

Pada dasarnya cara mengganti filter oli mobil dengan cara yang sama, hanya saja terdapat perbedaan yang terletak pada posisi filter oli mobil serta penggunaan alatnya dikarenakan filter oli mobil ada 2 ukuran yakni ukuran besar dan kecil. Dikarenakan filter oli merupakan komponen yang sangat penting perannya yakni untuk menyaring kotoran pada oli mesin, maka dari itu anda wajib menggantinya secara rutin. Biasanya pergantian filter oli setiap 10000 km. Dan jika dirasa anda malas untuk pergi ke bengkel, anda bisa menggantinya sendiri tanpa harus pergi kebengkel. Berikut wartaoto berikan beberapa prosedur yang harus dilakukan untuk mengganti filter oli mobil sendiri :

1. Siapkan Alat yang diperlukan

Cara mengganti filter oli mobil yang pertama adalah dengan menyiapkan beberapa alat yang diperlukan, diantaranya yakni filter oli baru, wadah untuk menampung sisa oli atau oli bekas, dongkrak mobil, kain perca dan kunci khusus filter oli. Jangan lupa untuk menyiapkan mechanic creeper atau kardus untuk alas anda saat masuk ke kolong mobil.

Viral :   Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Kenyamanan Dalam Kemewahan
2. Dongkrak bagian depan mobil

Cara mengganti filter oli mobil yang kedua yakni anda diharuskan untuk angkat bagian depan mobil. Caranya dengan menggunakan dongkrak dan pastikan posisinya dekat dengan letak filter oli mobil anda. Slalu ingat cara mendongkrak mobil yang benar, anda harus meletakkan dongkrak hinggamenyentuh titik tumpu lalu kemudian mulai memompa tuasnya hingga mobil terangkat.

Tujuan dari mendongkrak bagian depan mobil yaitu agar saat proses pergantian filter oli mobil menjadi lebih mudah. Setelah itu gunakan kardus bekas untuk alas anda pada saat ngolong dimobil.

3. Bersihkan Kotoran Menempel

Disaat anda mulai membukanya, pastikan anda membersihkan kotoran kotoran yang menempel disekitar area filter oli. Hal ini bertujuan untuk mencegah kotoran masuk ke saluran oli mesin dan mencegah kebocoran pada filter oli yang baru. Disarankan agar anda membersihkan area sekitar filter oli mobil sebulan sekali.

4. Buka Filter Oli Lama

Cara mengganti filter oli mobil selanjutnya adalah dengan membuka filter oli lama menggunakan kunci kusus. Filter oli umumnya terpasang dibagian depan, samping atau belakang blok mesin mobil, tergantung dari jenis dan merk mobilnya.

Viral :   Mercedez Benz SLK 200

Cara membukanya dengan memutar filter oli berlawanan dengan arah jarum jam. Jangan lupa juga menyiapkan wadah untuk menampung oli yang menetes atau mengalir ketika filter oli mobil terbuka.

5. Siapkan Filter Oli Baru

Sebelum anda memasang filter oli yang baru , ada baiknya anda memastikan dulu bentuk, lubang oli dan part numbernya sama. Jika dirasa sudah cocok maka lumasi juga area karet seal oli baru agar tidak melintir sehingga mempermudah proses pemasangan.

6. Pasang Filter Oli

Gunakan kunci kusus yang sudah disiapkam tadi untuk memasang filter oli yang baru.Caranya dengan memutar kunci menggunakan tangan searah jarum jam. Pastikan saat memutar kondisi karet seal sudah terasa menyentuh permukaan filter oli. Fungsi dari karet seal ini sangat penting karena sebagai perapat antara mesin dan filter oli mobil.

7. Hidupkan Mesin Mobil

Jika dirasa pemasangan filter olimobil sudah sempurna terpasang. Langkah selanjutnya anda menghidupkan mesin mobil beberapa saat agar membuat oli mesin bersirkulasi. Biarkan mesin tetap menyala kurang lebih 3-5 menit. Lalu cek kondisi diarea filter oli, pastikan tidak ada kebocoran.

8. Turunkan Dongkrak Mobil

Jika anda sudah mengecek dan memastikan tidak ada kebocoran oli. Matikan mesin mobil lalu kemudian turunkan dongkrak mobil secara perlahan. Jangan lupa juga untuk memastikan ketinggian level oli mesin melalui dipstick oli nya. Kalau memang dirasa kurang, maka tambahkan hingga ketinggian oli mencapai level maksimal.