Kenali 11 Tanda Kampas Kompling Mobil Matic Habis

Tanda kampas kopling mobil matic habis – Saat ini mobil memang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang lumayan penting bagi sebagian masyarakat dunia termasuk Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak pabrikan mobil saling bersaing mengeluarkan mobil dengan spesifikasi berkelas mulai dari kapasitas mesin, fitur hingga varian transmisi manual dan matic agar bisa bersaing di pasar otomotif. Saat ini banyak konsumen mobil yang membeli mobil dengan transmisi otomatis, hal ini dikarenakan cukup mudah ketika mengendarai mobil matic, dimana kita tak perlu mengoprasikan pedal kopling.

Transmisi matic juga ternyata memiliki beberapa kekurangan yang wajib kita waspadai, karena nantinya bisa berakit fatal pada kondisi mobil matic yang kita miliki saat ini. Jika dibandingkan dengan mobil yang memiliki transmisi manual bisa dikatakan kendala mobil matic cukup sering terjadi, hal inilah yang membuat kita harus ekstra rutin memperhatikan dan melakukan perawatan mobil matic yang kita miliki.

Masalah yang sering terjadi pada mobil matic salah satunya yakni kampas kopling, gejala kampas kopling mobil matic habis juga merupakan satu hal yang wajib kita pahami dan perhatikan. Karena kampas kopling mobil matic menjadi salah satu komponen yang sangat vital dalam sebuah mobil dengan transmisi matic. Namun kita tidak perlu khawatir dengan kerusakan ini, mengingat kerusakan ini merupakan suatu kekurangan dari mobil dengan transmisi matic.

Tanda kampas kopling mobil matic habis memang menjadi suatu hal yang sangat merisaukan bagi pemilik mobil, selain harga kampas kopling mobil matic yang lumayan mahal, bengkel yang mampu menangani mobil matic saat ini juga masih jarang. Maka dari itu kita cukup memperhatikan dan mengenali tanda tanda kampas kopling mobil matic habis, guna meminimalisir kerusakan yang lebih lagi.

Viral :   Peluang Penyedia Bahan Baku Baterai Mobil Listrik
1. Perpindahan gigi mobil matic yang cenderung kasar

Tanda kampas mobil matic habis yang pertama adalah adanya suara kasar yang terdengar saat perpindahan transmisi dengan durasi perpindahan yang cukup lama. Perpindahan gigi juga bisa terkunci di posisi tertentu yang membuat tidak dapat dipindahkan.

2. Tarikan transmisi terasa berat

Tanda kampas kopling mobil matic habis selanjutnya yakni adanya tarikan transmisi yang terasa berat. Hal ini dikarenakan ada kebocoran atau mungkin kotor.

3. Akselerasi mesin melemah

Akselerasi mesin mobil yang melemah merupakan salah satu tanda kampas kopling mobil matic habis. Secara otomatis mobil akan semakin kehilangan akselerasinya jika kampas kopling habis.

4. Mobil Bergetar

Tanda kampas kopling mobil matic habis yang selanjutnya yakni mobil bergetar. Hal ini bisa dipastikan jika kampas kopling mobil matic anda telah habis dan gosong. Jika sudah terjadi , sebaiknya anda harus cepat membawa mobil matic ke bengkel agar diparbaiki.

5. Terjadi hentakan ketika perpindahan transmisi

Tanda kampas kopling mobil matic yang satu ini terjadinya hendatakan ketika akan perpindahan transmisi. Kerusakan ini disebabkan karena mekanis atau terjadinya kebocoran yang terjadi pada selenoid pressure yang bisa mengakibatkan oli transmisi tidak bisa menjaga perpindahan gigi ketika RPM optimal sehingga akan terjadi sebuah hentakan.

Viral :   Mengenal 7 Arti Kode Warna Sekring Mobil dan Cara Menggantinya
6. Perpindahan transmisi terasa berat

Gejala selanjutnya yakni terjadi kesusahan ketika perpindahan gigi. Hal ini dikarenakan kabel gearbox terputus.

7. Stater Ngelos

Stater ngelos juga merupakan tanda kampas kopling mobil matic habis. Saat anda mecoba menyalakan mobil biasanya stater akan ngelos atau terasa ringan, hal ini bisa mengakibatkan stater mobil menjadi rusak.

8. Tidak kuat saat ditanjakkan

Jika saat mengendarai mobil matic anda sering mengalami kesulitan atau tidak kuat saat melewati jalan tanjakan. Padahal transmisi sudah di posisi 1 atau Ldan pedal gas sudah diinjak dalam dalam.

9. Transmisi mobil matic tersangkut

Mungkin anda pernah mengalami permasalahan kejadian transmisi mobil tersangkut dengan gigi paling atas sehingga hal ini bisa menyebabkan transmisi tidak bisa bergerak dari posisi gigi yang paling tinggi dn tidak bisa naik maupun turun. Jika hal ini terjadi maka segeralah cek kondisi kampas kopling mobil matic anda.

10. Boros bahan bakar

Boros bahan bakar merupakan salah satu tanda kampas kopling mobil matic habis. Kampas kopling yang habis bisa membuat anda mau tak mau menekan pedal gas lebih dalam, tindakan inilah yang memicu penggunaan bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya.

11. Adanya bau hangus ketika dikendarai

Tanda kampas kopling mobil matic habis yang terakhir yakni adanya bau hangus ketika dikendarai. Hal ini sangat wajib anda perhatikan karena hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada mobil matic.