Yuk Mengenal Pengertian Central Lock Mobil Serta Penyebab dan Cara Mengatasi Kerusakannya

Kemajuan teknologi yang semakin terus berkembang membuat para produsen mobil saling berinovasi dan mengembangkan produknya. Salah satu pengembangan dari teknologi yakni pada sisi keamanan. Tak heran jika mobil jaman sekarang memiliki teknologi yang disebut dengan central lock mobil. Dengan adanya sistem teknologi ini memudahkan pemilik mobil mengunci pintu mobil secara bersamaan.Sistem central lock mobil ini juga bisa dioperasikan melalui remote control, sehingga anda dapat mengunci atau membuka pengunci pintu dari jarak jauh.

Central lock mobil secara garis besar tersusun atas actuator, module, mainboard, sirine, LED dan remote. Mainboard sendiri merupakan otak yangmengirim sinyal ke komponen komponen lainnya seperti door switch yang akan mengirim sinyal ke mainboard, lalu mainboard akan menerima sinyal tersebut dan diteruskan ke komponen komponen central lock mobil. Dalam Mainboard ini terdapat beberap kabel diantaranya yakni kabel arus dan baterai, kabel ignition switch dan brake switch, kabel massa, kabel memory LED, satu kabel sirine , dua kabel tail light, dua kabel control module serta dua kabel actuator. Actuator yang terdapat pada remote merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai mekanik penarik/pendorong tuas pengunci pintu. Actuatorr dikontrol oleh module yang berguna sebagai unit utama untuk memberikan listrik ke actuator.

Viral :   Mengenal Spesifikasi Sedan Sport Lancer Evo 9

Walaupun sistem teknologi central lock mobil ini terbilang canggih, sistem ini pun pastinya bisa mengalami kerusakan apabila tidak pernah dirawat dan dilakukan pengecekan secara berkala atau rutin. Oleh karenanya, penting bagi anda untuk memahami penyebab dan cara mengatasi sistem central lock mobil apabila mengalami kerusakan.

Penyebab Central Lock Rusak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan central lock mobil mengalami kerusakan yang mana hal ini dikarenakan pemilik mobil yang jarang atau tidak sama sekali merawat dan mengecek central lock mobil. Biasanya penyebab central lock mobil rusak dikarenakan adanya komponen central lock yang berkarat pada bagian pinggir pintu dana melekat pada bodi mobil. Permasalah lain yang muncul juga bisa disebabkan dinamo atau pistol penembak besi yang melemah, dimana komponen ini bisa cepat rusak akibat pukulan yang kuat untuk menggerakan kunci.

Tidak berhenti sampai disitu, sistem central lock mobil juga cepat seret apabila anda saat menutup pintu dengan keras. Hal ini bisa terjadi dikarenakan benturan yang cukup keras dapat mengakibatkan gigi penggerak bisa berubah posisi dan membuat batang penggerak menjadi bengkok. Batang penggerak yang bengkok inilah yang membuat sistem central lock mobil tidak lancar. Sistem central lock mobil juga bisa tidak lancar apabila pemilik mobil jarang melumasi dan membersihkan central locknya.

Viral :   Mitsubishi Delica, Mobil Mewah dengan Kabin Luas

Cara Mengatasi central lock yang rusak

Guna mencegah kerusakan yang lebih parah, sebaiknya pemilik mobil harus rutin membersihkan sela sela pintu dan melakukan pengecekan berkala selama setengah tahun atau 6 bulan sekali. Hindari penggunaan air saat akan membersihkan central lock mobil agar tidak memicu terjadinya korsleting. Kabel kabel dan kelistrikan central lock mobil juga wajib dicek agar dapat berjalan dengan benar dan mulus.

Seperti pembahasan awal dimana penyebab central lock mobil mengalami kerusakan dikarenakan adanya komponen komponen yang berkarat. Maka dari itu untuk mengatasi komponen yang berkarat, oemilik mobil harus mengoleskan pelumas anti karat secara rutin 3 bulan sekali.