Lakukan Cara Ini ! Agar Suspensi Mobil Menjadi Empuk

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk – Suspensi adalah salah satu komponen mobil yang digunakan untuk meredam getaran. Sistem suspensi ini juga berfungsi untuk mencegah bodi mobil tidak bergetar saat melintasi jalan dan pastinya menjaga kenyamanan anda saat mobil digunakan berkendara. Peredaman suspensi ini menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang kenyamanan saat berkendara.

Permasalah yang paling sering kita temui ketika mengendarai adalah mobil terasa limbung ketika melalui jalan bergelombang ataupun berbelok. Biasanya hal ini terjadi karena penggunaan shockbreker atau suspensi yang kurang tepat. Salah satu cara membuat suspensi mobil empuk yang mungkin bisa anda lakukan yaitu dengan mengentahui suspensi mobil empuk atau bisa juga dengan mengganti suspensi dengan yang baru. Namun jika anda tak ingin menggantinya, anda bisa mencoba memodifikasi suspensi standar dengan cara mengubah menjadi sistem double rebound agar lebih nyaman ketika digunakan.

Komponen utama suspensi adalah pegas atau per. sedangkan untuk sistem kerja suspensi pada mobil yakni dengan memberi sekat antara bodi dengan roda. Sekat tersebut memiliki daya elastis sehingga gerakan dadakan yang ditimbulkan roda tidak akan mempengaruhi bodi mobil anda. Maka dari itu anda wajib tau cara membuat suspensi mobil agar menjadi empuk. Sebelum anda mengetahui cara membuat suspensi mobil empuk, ada baiknya anda mengenali dulu penyebab suspensi mobil terasa keras :

1. Mobil terlalu sering melewati jalanan berlubang

Terlalu sering melewati jalanan berlubang merupakan penyebab suspensi mobil anda menjadi keras. Dengan sering melewati jalan berlubang mengakibatkan kerja suspensi mobil anda terasa lebih berat sehingga bisa mempercepat masa pakainya. Apalagi jika mobil anda tidak memiliki kualitas suspensi setangguh tipe MPV atau SUV.

2. Masa pakai sudah habis

Penyebab suspensi anda terasa keras yang kedua adalah masa pakai yang sudah habis yang tidak bisa dihindari lagi. Suspensi yang masa pakainya sudah habis akan mengalami kebocoran oli. Hal inilah yang membuat suspensi terasa keras saat mobil melaju.

3. Pemasangan upper mounting tidak tepat

Masalah pemasangan upper mounting yang tidak tepat bisa mengakibatkan suspensi mobil anda tidak berada di posisi seharusnya. Akhirnya, kinerja suspensi mobil melebihi batas. Maka dari itu, pastikan jangan sampai pemasangan upper mounting suspensi mobil Anda tidak tepat.

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk

Cara membuat suspensi mobil empuk, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pembongkaran kaki kaki. Lalu anda bisa mulai membongkar shockbreaker untuk dipasangkan per atau pegas tambahan, kemudian settinglah sesuai kebutuhan anda. Ketika anda membongkar suspensi, pastikan anda harus memberikan oli baru dan juga tambahkan dengan gas nitrogen. Oli tersebut akan meredam per atau pegas, sehingga anda tidak perlu khawatir berkarat.

Shockbreaker sendiri memiliki peranan untuk membatasi gerak bodi mobil, baik secraa ke atas maupun kebawah. Saat shockbreaker turun secara otomatis akan ditahan oleh per atau pegas asli mobil. Modifikasi suspensi double rebound inilah yang membuat suspensi menjadi lebih empuk, namun untuk dimensi suspensi double rebound akan menjadi lebih pendek dibandingkan suspensi standar sehingga membuat mobil anda terlihat lebih ceper. Anda tak perlu kawatir, sekalipun mobil terlihat ceper , untuk kenyamanan saat anda berkendara akan jauh lebih baik dibandingkan suspensi standar. Hal ini dikarenakan adanya per atau pegas tambahan yang menahannya sehingga dalamnya tidak terlalu tertarik.