Yuk, Cari Tau Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang

Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang – Lampu merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penerangan utama pada kendaraan. Selain sebagai hiasan mobil, lampu depan juga berfungsi untuk menjaga keselamatan pengendaranya saat berkendara. Sistem kerja lampu mobil ialah dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya. Ada beberapa jenis lampu yang bisa digunakan di mobil anda, diantaranya yaitu jenis lampu halogen ( bohlam ) dan jenis LED projector.

Jenis lampu halogen ini memiliki sinar yang kuning dengan intensitas sedang, namun tetap bisa menerangi jalan yang sempurna. Masalah yang sering terjadi pada lampu ini yaitu filamen yang putus. Filamen adalah kawat khusus yang tipis yang mana jika dialiri arus listrik, maka kawat akan bersinar. Sementara disekitaran fikamen terdapat gas halogen yang membuat sinar lampu semakin terang. Sedangkan LED Projector, merupakan jenis lampu yang mungkin saat ini banyak diminati dan dicari. Hal ini dikarenakan LED projector merupakan jenis lampu yang paling terang dan menggunakan rangkaian dioda pada lampu. Namun masalah atau penyebab lampu mobil kurang terang baik jenis bohlam maupun LED yaitu sama sama kekurangan arus listrik.

Ketika masalah ini muncul disaat kita sedang berjalan ditengah perjalanan yang melintasi jalanan sepi ataupun jalan yang gelap, tentunya akan sangat berbahaya dan beresiko bagi kesalamatan kita dan pengendara lainnya. Oleh sebab itu sebelum semua itu terjadi lagi, ada baiknya kita sama sama mengetahui penyebab lampu mobil kurang terang :

Relay lampu rusak

Penyebab lampu mobil kurang terang yang pertama ialah relay. Yang mana relay lampu berfungsi sebagai jembatan bagi arus listrik utama dari baterai yang langsung masuk ke lampu. Terdapat 2 rangkaian yang ada didalam relay yakni rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar lampu dan rangkaian arus utama yang masuk ke lampu. Ketika saklar dinyalakan, maka rangkaian arus utama akan terhubung sehinggalampu bisa menyala. Masalah yang sering terjadi yakni kontak didalam relay mengalami perenggangan atau longgar, jika ini terjadi maka arus listrik yang sampai ke lampu menjadi lebih sedikit sehingga sinar lampu menjadi tidak terang atau redup. Cobalah menyentuh bagian atas relay lampu utama, jika terasa panas maka kemungkinan besar kontak relay kurang kencang, hal ini dikarenakan adanya loncatan elektron dari kontak yang kurang kencang.

Baca Juga  Ketahui Macam-macam dan Fungsi Lampu Mobil
Soket lampu karatan

Penyebab lampu mobil kurang terang selanjutnya yaitu terdapatnya karatan pada soket lampu yang bisa menghambat arus listrik masuk ke lampu. Dengan kata lain jika soket lampu karatan bisa menyebabkan penurunan tegangan yang masuk ke lampu yang mengakibatkan sinar lampu menjadi kurang terang.

Soket lampu meleleh

Soket lampu yang meleleh juga menjadi penyebab lampu mobil kurang terang . Hal ini dikarenakan lelehan di area soket bisa bertindak sebagai hambatan arus listrik. Soket lampu bisa meleleh biasanya dikarenakan soket yang kurang klop atau kurang masuk kedalam terminal lampu, hal ini menyebabkan adanya loncatan elektron dari dua konduktor yang memiliki gap. Locatan elektron inilah yang meninggalkan panas sehingga bisa melelehankan area sekitar terminal lampu yang umumnya berbahan plastik.

Aki lemah

Sudah pasti aki yang lemah berarti tegangan didalam aki juga ikut lemah. Artinya jika aki lemah bukan hanya lampu tapi kelistrikan selain lampu juga menjadi kurang maksimal. Seperti contoh proses starting yang berat dan kelakson yang suaranya lemah.

Baca Juga  Ketahui Macam-macam dan Fungsi Lampu Mobil
Mika lampu kusam

Penyebab lampu mobil kurang terang selanjutnya adalah kaca atau mika lampu yang kusam. Pada umumnya mika lampu memiliki kodisi yang sangat bening ketika mobil masih baru. Mika lampu yang kusam bisa membuat sinar yang dihasilkan lampu tidak mampu terpancar keluar dengan sempurna karena kotoran yang menghalangi mika lampu tidak bisa ditembus cahaya. Solusi utamanya yaitu anda harus mencucinya agar lebih bening.

Bohlam lampu rusak

Penyebab lampu mobil kurang terang yang terakhir pastinya bohlam lampu yang rusak. Ada dua jenis lampu yang biasa digunakan pada mobil, diantaranya yaitu bohlam halogen dan lampu LED. Didalam bohlam halogen ada kawat tipis yang bernama filamen yang jika dialiri arus listrik maka akan membara dan fungsi gas halogen agar bara pada filamen menjadi lebih terang.

Namun jika kondisi filamen gosong atau gas halogen yang ada pada bohlam bocor, maka lampu akan menjadi kurang terang atau redup. Hal lainnya jika anda mengalami masalah lampu mobil anda redup sebelah( entah kiri ataupun kanan ) maka ini yang menjadi penyebab paling umum.