Memahami 3 Jenis Dempul Mobil dan Cara Mengerjakannya

Dempul Mobil – Mempunyai mobil merupakan hal yang diinginkan semua orang. Oleh karena itu, sekarang banyak orang yang tertarik untuk membeli kendaran roda empat ini. Baik membeli mobil bekas mauapun mobil baru. Hal ini dikarenakan mobil saat ini sudah menjadi cukup penting bagi penggunanya, apalagi bagi anda yang memang jauh dari sanak suadara.

Membeli mobil bekas saat ini menjadi pilihan banyak orang, karena selain proses pembeliannya praktis dan pastinya harganya jauh lebih murah dibandingkan mobil baru. Membeli mobil bekas tentunya anda harus lebih hati hati, teliti dan cermat dalam memilihnya, karena tidak sedikit orang yang sudah tertipu sehingga membuat mereka malah harus mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya perawatan dan perbaikannya. Namanya juga mobil bekas, pastinya tidak akan luput dari yang namanya goresan,baret bahkan hingga penyok pada bodi mobil. Dengan kondisi bodi mobil yang penyok, tentunya akan membuat anda merasa terganggu dan tidak nyaman. Jika memang anda sudah terlanjur membeli mobil dengan kondisi penyok, pasti anda harus mengerti tentang jenis dempul yang akan anda pilih serta cara dempul mobil yang baik agar nanti hasilnya tidak mengecewakan untuk mobil anda.

Proses dempul mobil bisa dikatakan proses yang tersulit dalam mereparasi body mobil, karena dalam pengerjaannya membutuhkan kesabaran dan ketlatenan untuk memperoleh permukaan body dempul yang benar benar halus sesuai dengan bentuk awal body mobil. Dempul sendiri memiliki 3 jenis dimana anda wajib mengetahuinya sebelum anda memulai mendempul mobil anda.

Baca Juga  Tips Memilih Merk Dempul Mobil yang Bagus

Macam-macam Jenis Dempul :

1. Dempul Plastik

Jenis dempul mobil ini memiliki Karakteristik dari jenis dempul plastik ini yaitu bahannya yang terbilang cepat kering dan mengeras, sehingga anda dituntut untuk cepat dalam bekerja. Lebih disarankan dempul plastik digunakan hanya sekedar saja. Cara penggunaan dempul plastik ini dengan cara anda tuangkan dempul plastik ke wadah dan anda lakukan penyampuran menggunakan plastik dan pasta pengering, pastikan campurannya harus pas.

2. Dempul Plamir

Kelebihan dari jenis dempul mobil ini yaitu tidak membutuhkan bahan campuran, jadi bisa dikatakan dempul plamir sudah siap dan langsung bisa dioleskan ke bagian body mobil anda yang penyok. Penggunaan dempul plamir ini bisa dikatakan sangat praktis, hanya saja untuk waktu pengeringannya memang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Cara menggunakan dempul plamir ini harus secara bertahap, yaitu dengan pengolesan secara tipis dan berulang ulang.

3. Dempul Buatan

Dempul buatan merupakan dembul dari hasil campuran bahan dempul plamir, cat dasar dan bedak talk. Dempul ini bisa dikatakan jenis dempul berkualitas rendah karena terbuat dari campuran campuran bahan. Dempul ini tidak direkomendasikan bagi anda yang ingin memperbaiki body mobil yang penyok dengan jenis dempul mobil ini, sebab nantinya akan memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Baca Juga  Tips Memilih Merk Dempul Mobil yang Bagus

Setelah anda memahami ketiga jenis dempul tersebut dan akan memulai untuk melakukan dempul mobil, ada baiknya anda menyiapkan alat dan bahan yang rencananya akan dipergunakan untuk mengerjakan dempul mobil anda.

Alat Dan Bahan Yang Disiapkan Untuk Dempul Mobil

a. Dempul “disesuaikan dengan jenis yang anda inginkan”
b. Cat Basic / cat dasar dengan 2 tipe yang ada yaitu warna merah dan abu abu
c. Thinner / campuran cat “disarankan untuk menggunakan thinner yang berkualitas baik agar pencampuran dan perekatan cat bisa semakin sempurna”
d. Bahan pengeras dempul
e. Lap kain
f. Tatakan yang rata “berguna untuk mempermudah alas pencampuran dempul dan yang mudah diambil dengan scrup”
g. Alat pelindung diri “seperti sarung tangan, masker dan jika perlu kaca mata apabila pengamplasan menggunakan mesin”

Jika dirasa alat dan bahan sudah siap semua, barulah anda mulai memulai melakukaan proses pendempulan dengan langkah langkah dan cara berikut ini :

– Pertama, anda harus mempersiapkan serat fiber atau body part sebelum dempul dioleskan

– Kedua, sebelum melakukan dempul mobil pastikan body mobil yang tergores atau penyok benar benar sudah bersih, anda bisa membersihkannya dengan cara meniup dengan kompresor, Setelah itu anda bisa menggunakan cat dasar dengan campuran thinner ( dengan perbandingan 1 : 1 agar cat dasar bisa menghindari terjadinya korosi sehingga dempulan anda nantinya tidak akan retak atau pecah dikarenakan oleh korosi ).

Baca Juga  Tips Memilih Merk Dempul Mobil yang Bagus

– Ketiga, ambil tatakan yang sudah disiapkan lalu gunakan sebagai alas untuk mencampur bahan dempul tadi dengan bahan pengeras. Untuk komposisi campurannya disarankan untuk melihat atau membaca sesuai yang ada pada kemasannya.

– Empat, Ketika anda melakukan proses penyampuran bahan dempul mobil dan pengeras. Pastikan campuran dempul dan pengeras siap pakai, biasanya dempul yang siap pakai akan berubah warna menjadi kuning atau hijau tergantung dari merk dempul itu sendiri.

– Kelima, bahan dempul yang sudah mengalami proses penyampuran dengan pengeras, bisa anda gunakan dalam waktu kurang lebih 25 menit. Jadi bisa dikatakan untuk proses polesan dempul body mobil hanya membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit saja.

– Ke Enam, bersihkan hasil dempulan yang sudah dilakukan pengamplasan secara bertahap dari amplas kasar sampai amplas halus.Jika dirasa anda masih menemukan permukaan yang belum rata, anda bisa mengulangi pendempulannya lagi, sampai menghasilkan permukaan yang rata.

– ke Tujuh, setelah proses pendempulan body mobil anda sudah selesai dengan baik, maka anda bisa langsung mempersiapkan proses pengecatan body mobil anda.