Begini Cara Mengisi Air Aki Mobil yang Benar

Cara Mengisi Air Aki Mobil – AKi merupakan komponen penting pada mobil. Karena melalui komponen inilah suplai kebutuhan listrik pada komponen lainnya yang ada pada mobil anda bisa terpenuhi. Aki bisa menyalurkan daya listrik untuk beberapa komponen lainnya berkat bantuan alternator.

Masalah yang sering dialami aki mobil yaitu aki soak. Kondisi ini membuat aki tidak lagi punya kemampuan untuk menyuplai kebutuhan listrik yang optimal kepada komponen lain yang memang membutuhkan daya listrik. Aki soak disebabkan karena anda jarang melakukan pengecekan terhadap kondisi aki, yang mana kondisi air aki mobil bisa saja kurang dari batas minimum atau mungkin kering sehingga membuat aki menjadi soak.

Maka disarankan agar anda selalu rutin periksa air aki mobil anda minimal dua hari sekali sebelum anda memulai mengendarainya. Kalau air aki mobil berkurang, maka anda disarankan untuk segera mengisi air aki mobil. Berikut kami berikan informasi mengenai cara mengisi air aki mobil yang bener :

1. Siapkan Peralatannya

Cara mengisi air aki mobil yang pertama yaitu sanda perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti obeng minus berukuran sedang dan kunci pas nomor 10. Jangan lupa juga untuk menyiapkan air aki baik yang botol merah atau biru tergantung dengan kebutuhananda.

Viral :   Model Lamborghini Centenario Wujud Cinta Kepada Sang Pendiri
2. Pastikan Sistem Kelistrikan Aman

Pastikan sistem kelistrikan pada mobil anda aman ketika ingin menambahkan air aki. Caranya dengan mematikan mesin mobil, jika anda ingin lebih aman anda bisa juga melepas kutub negatif aki menggunakan kunci 10 dengan mengendorkan baut terminal kutubnya.

3. Buka Penutup Sel Aki

Penutup sel aki biasanya berjumlah 6 buah, cara membukanya dengan diputar berlawanan arah jarum jam. Pada beberapa kasus yang sudah terjadi, biasanya oenutup sel aki ini cukup sulit dibuka sehingga anda bisa menggunakan obeng negatif untuk memutar penutupnya.

4. Cek Kapasitas Air Aki

Setelah penutup sel terbuka, cara mengisi air aki selanjutnya cek kapasitas air aki dengan cara memeriksa terlebih dulu volume air aki yang ada dibagian luar kemasan aki atau bagian dalam aki. Pembatas volume air aki biasanya berwarna hitam atau merah. Jika anda melihat bibir aki kurang dari batas pembatas tersebut bisa dipastikan kalo air aki wajib ditambahkan.

Viral :   Mobil Hyundai Kona, Harga & Produksi Korea yang Mengagumkan
5. Isi Air Aki dengan Hati-hati

Disarankan agar anda mengisi air aki dengan hati hati. Caranya dengan membuka tutup botol kemasan air aki kemudian tuangkan kedalam aki melalui lubang penutup sel aki sesuai aki yang volumenya kurang dari batas maksimal. Jangan lupa siapkan lap kering disekitar lubang penutup, agar air aki tidak berceceran kemana mana. Karena air aki bersifat korosif yang bisa membuat permukaan yang bermaterial logam menjadi berkarat.

6. Tutup Kembali Sel Aki

Cara mengisi air aki yang terakhir – Setelah anda selesai mengisi air aki, maka tutup kembali seluruh penutup sel aki. Pastikan penutup benar benar sudah terpasang dengan rapat, hal ini bertujuan agar air aki tidak tumpah saat mobil dikendarai.

7. Starter Mesin

Setelah semuanya sudah selesai, diamkan sejenak 2 sampai 3 menit. Lalu cobalah untuk starter mesin, setelah mesin hidup biarkan tetap menyala 10 sampai 15 menit untuk melakukan pengisian daya listrik. Jika semuanya sudah selsai dilakukan maka mobil anda siap digunakan.