Kenali Tanda-tanda Shockbreaker Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Tanda-tanda Shockbreaker Mobil Rusak – Shockbreaker  merupakan sistem yang ada pada mobil yang berfungsi meredam getaran saat mobil melewati jalanan berbatu, tanjakan maupun gundukan jalan. Dengan adanya shockbreaker, getaran yang ditimbulkan dari jalanan tersebut jadi tidak dirasakan oleh pengendara maupun penumpang sehingga bisa merasa nyaman dan aman saat berkendara.

Sebaliknya, jika shockbreaker kendaraan anda rusak. Selain tidak nyaman saat berkendara, anda juga bisa berpotensi mengalami kecelakaan saat mengemudikannya. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan saat berkendara, ada baiknya anda kenali dulu tanda tanda shockbreaker mobil rusak sedini mungkin. Berikut beberapa tanda tanda shockbreaker mobil anda mengalami kerusakan :

Saat melewati tanjakan akan muncul suara berdenyit

Ketika anda akan melewati tanjakan yang cukup tinggi, anda akan mendengar bunyi berdenyit dari mobil yang bisa membuat anda tak nyaman mendengarnya sekaligus mengendarainya. Hal ini disebabkan karena shockbreaker tidak dapat menahan atau meredam guncangan dengan baik. Jika hal ini dialami oleh anda saat mengendarai mobil, sebaiknya anda mulai memperhatikan keadaan shockbreaker mobil anda.

Viral :   Daihatsu Terios R MT DLX, Salah Satu Mobil Low SUV (LSUV) Terbaru 2021 Yang Paling Ideal
Peredaman tak sempurna

Hal lainnya yang merupakan tanda tanda shockbreaker mobil rusak adalah menurunnya performa pengereman. Keadaan ini diakibatkan karena lemahnya proses peredam dan tekanan ban yang berkurang, yang bisa mengakibatkan pengereman menjadi tidak stabil.

Mengeluarkan oli

Tanda-tanda shockbreaker mobil rusak yang selanjutnya yaitu bocornya komponen oli yang disebabkan oleh robeknya karet seal shockbreaker mobil. Tanda ini merupakan tanda umum yang cukup kentara dan mudah untuk diidentifikasi dalam mengetahui shockbreaker rusak atau tidaknya.

Body mobil terlihat tidak stabil

Tanda-tanda Shockbreaker Mobil Rusak yang terakhir adalah dengan melihat kondisi bodi mobil anda. caranya yaitu anda bisa melihat rata atau tidaknya bodi mobil saat melewati tanjakan, jika saat menanjak mobil yang anda kendarai terasa tak stabil ataumiring, artinya shockbreaker mobil anda dalam keadaan tak stabil. Cara lainnya yaotu Anda juga bisa memastikannya dengan menekan kap bagasi. Bila saat ditekan, mobil yang anda kendarai terasa mengayun-ngayun, berarti ada yang tak beres dengan shockbreaker mobil Anda.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Demi memastikan kesehatan shockbreaker, anda disarankan untuk rutin melakukan perawatan shockbreaker yang signifikan untuk menjaga stabilitas kerja shockbreaker mobil anda, seperti memastikan uppermounting dengan tepat. Karena jika upper mounting tak terpasang dengan benar, bisa berakibat kendaraan akan terasa over load saat menerima beban di area kabin.

Viral :   Keberanian Mobil Renault Bersaing di Pasar Otomotif Indonesia

Selanjutnya, anda diwajibkan untuk memastikan kondisi kebersihan shockbreaker. Terkadang kotoran yang menempel pada shockbreaker mobil anda bisa menjadi penyebab kerusakan juga, sebagai contohnya dapat menyebabkan karet seal robek dan memicu rembesan oli. Tak hanya memperhatikan shockbreaker saja , anda pjuga tak boleh luput dari kondisi dan keberadaan ban. Hal ini dikarenakan ban memiliki andil terhadap kinerja shockbreaker anda, ketika permukaan ban terlihat seperti bergelombang dan tekanan angin didalam ban berkurang. Maka anda perlu mengganti ban dengan yang baru dan pastinya berkualitas.

Yang tak kalah pentingnya, anda di sarankan untuk membawa mobil anda ketempat service untuk dilakukan pengecekan lebih mendalam lagi. Hal ini sangat berguna agar anda merasa nyaman dan aman saat mengendarai mobil anda , selain itu juga dengan anda rutin melakukan perawatan pada shockbreaker mobil anda bisa membuat shockbreaker tahan lama dan awet.