Begini Cara Perbaiki Water Pump Mobil Yang Bermasalah

Cara Perbaiki Water Pump Mobil – Saat ini mobil merupakan salah satu kendaraan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hampir dari semua kalangan masyarakat sudah memiliki mobil dengan berbagai macam jenisnya. Namun, masih banyak juga di kalangan masyarakat hanya bisa menggunakan kendaraan ini tanpa bisa merawatnya. Padahal dengan merawat komponen komponen yang ada di mobil bisa membuat anda semakin nyaman dan aman dalam mengendarainya.

Salah satu komponen yang penting yang wajib di cek dan diperhatikan ialah water pump atau biasa dikenal dengan pompa air, yang berfungsi untuk media sirkulasi air pendingin ke bagian radiator. Perlu diketahui, water pump merupakan komponen penting dalam sistem pendinginan mobil. Dengan pemakaian yang baik, temperatur mesin mobil akan selalu normal meski digunakan dalam jangka yang lama. Water pump biasanya terpasang dibagian depan mesin yang digerakan dengan fan belt.

Didalam water pump terdapat baling baling yang berbahan logam dan bisa juga dari plastik. sedangkan bagian bagian dari water pump terdiri dari 4bagian, Yang mana dari 4 bagian itu memiliki peranan masing masing.

Pulley , memiliki peranan menerima putaranmesin yang berasal dari belt
Poros , Memiliki peranan menerima putaran dari pulley, kemudian memutarkan ke rotor
Rotor , Memiliki peranan menghisap air dari radiator dan memberikan tekanan pada air untuk di distribusikan
Pump Body , Memiliki peranan menjadi rumah dari water pump

Water pump bekerja dengan membuang panas dari mesin menggunakan air yang disirkulasikan dengan mengikuti putaran mesin saat suhu mesin sudah mulai meninggi. Panas yang dihasilkan oleh mesin nantinya terbawa oleh air dan dibuang dengan kipas radiator melalui hembusan angin. Setelah panasnya hilang, water pump akan menyedot air lagi untuk disirkulasikan kembali ke mesin. Water pump akan berhenti bekerja jika suhu mesin sudah normal kembai.

Viral :   Menengok Harga Mobil Honda yang Membuat Anda Tergiur Beli

Penyebab water pump bermasalah banyak ragamnya, salah satunya disebabkan oleh pengemudi yang tidak pernah memperhatikan kondisi mobilnya atau bisa juga karna penggunaan komponen yang memang sudah mencapai masanya untuk diperbaiki bahkan diganti. Permasalahpada water pump biasanya terdapat pada bearing nya yang sudah mulai rusak. Jika hal itu terjadi maka akan terdengar suara kasar pada mesin mobil. Selain itu kebocoran water pump juga seringkali terjadi yang membuat air radiator cepat berkurang.

Tidak sedikit pengguna mobil yang ingin mengetahui cara memperbaiki water pump mobil yang rusak. Namun Tidak sedikit juga bengkel yangmenawarkan jasa perbaikan permasalah tersebut,hanya saja terkadang yang menjadi masalahnya adalah biaya perbaikan water pump justru lebih mahal dibandingkan biaya gantinya. Oleh sebab itu ada baiknya sebelum memperbaiki motor pump mobil , terlebih dahulu membandingkan harga normal yang diberlakukan. Jika dirasa harganya mendekati sama , maka sebaiknya langsung saja mengganti water pump pada mobilnya.

Anda dapat juga melakukan penanganan sementara dengan memberi sedikit oli pada bagian lubang yang menuju kebagian bearing pada water pump. Pengolesan oli tersebut tentunya dilakukan dari bagian kuar water pump. Perlu diketahui penangan ini hanya bersifat sementara dan tidak banyak membantu , jadi sebaiknya segera melakukakan penanganan lebih lanjut.

Viral :   4 Masalah Pada Sekring Mobil dan Cara Mengatasinya

Adapun cara memperbaiki water pump dapat dilakukan denga beberapa langkah berikut ini :

1. Kuras air radiator

Saat menguras air radiator pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin, kemudian kendurkan valve draindi dasar radiator. Jika tidak ada valvenya , maka air radiator bisa langsung dikeluarkan dengan membuka selang yang terletak dibagian bawah radiator. Disarankan untuk membuang air radiator langsung ketanah karena air yang dikeluaran dapat menyebabkna bahan beracun membahayakan tanaman, binatang bahkan manusia.

2. Melepas van belt

Langkah selanjutnya adalah melepas fan belt. Setelah melepas fan belt, anda mulai melepaskan semua komponen yang terhubung ke water pump, fan shroud, seperti fan, brackets, timing belt cover, dan aksesoris kelengkapan mesin lainnya. komponen kompnen tersebut wajib dilepas dulu agar ketika proses perbaikan tidak akan menghalangi, sehingga pengerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

3. Pasang gasket baru pada pompa air

Isilah kembali air radiator. Dalam hal ini anda jangan tergesa-gesa dalam melakukan proses ini, agar udara dalam sistem pendingin dapat keluar. Pengisian ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan air radiator lama jika memang masih layak digunakan.

Cara memperbaiki Water Pump mobil diakui memang sangat rumit dan sulit. Oleh karenanya kami menyarankan anda untuk pergi ke bengkel mobil terdekat untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Namun bagi anda yang ingin mencobanya sendiri, silahkan mengikuti langkah langkah diatas yang sudah kami sampaikan diatas.

Kata PencarianCara Memperbaiki Earbud Yang Bermasalah