5 Hal yang Harus Diperhatikan. Sebelum Ganti Stir Mobil Racing

Tak hanya bagian eksterior saja yang dapat dimodifikasi, tetapi bagian interior pun dapat dimodifikasi sesuai karakter dan keinginan pemilik. Modifikasi pada interior mobil dapat berupa pergantian material dan model dari jok, dashboard, hingga dor trim. Stir mobil pun dapat dimodifikasi menjadi stir mobil racing.

Cara Membedakan Stir Racing Asli atau Palsu

Stir mobil merupakan salah satu bagian dalam mobil yang sering dimodifikasi. Biasanya pemilik mobil mengubahnya menjadi stir ala mobil racing. Tetapi, hati-hati saat akan membeli stir mobil, karena di pasaran banyak beredar barang-barang palsu.

Para oknum kerap kali memanfaatkan ketenaran suatu merek untuk dibuat tiruannya, dan menghasilkan uang dari menjual barang tersebut. Stir racing palsu jelas tidak disarankan untuk digunakan, karena bisa saja merusak estetika ataupun kinerjanya.

Dengan banyaknya stir racing palsu yang beredar di pasaran, lantas bagaimana membedakan stir racing asli atau palsu? Melihat kualitas bahan dan teksturnya adalah cara paling mudah untuk membedakan mana yang asli dan palsu.

Jika bentuknya tidak presisi dan penggunaan materialnya sedikit kasar, maka dapat dipastikan itu barang palsu. Barang asli memiliki bentuk yang presisi dan material yang digunakan berkualitas.

Viral :   Ketahui Macam-macam dan Fungsi Lampu Mobil

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah stir racing asli atau palsu adalah dengan melihat banderol harga. Stir racing asli biasanya akan dibanderol dengan harga yang relatif tinggi ketimbang yang KW.

Sebaiknya ketahui pricelist stir mobil racing dari merek-merek ternama agar tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Stir Mobil Racing

Sebagai sentuhan akhir dalam modifikasi, biasanya para pemodif mengganti model stir mereka. Mengganti stir biasanya juga dilakukan karena lebih banyaknya fitur pada suatu stir, dibandingkan dengan stir yang sebelumnya digunakan.

Ada beberapa hak yang harus diperhatikan sebelum mengganti stir ala mobil balap agar nantinya stir dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Ingin tahu? Berikut penjelasannya.

  1. Diameter

Untuk mengganti stir standar menjadi stir mobil racing, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran atau diameter stir. Hal ini harus diperhatikan karena akan memengaruhi pengendalian dari mobil kamu sendiri.

Diameter stir racing umumnya 12,6-13,8 inci, lebih kecil dari ukuran stir bawaan pabrik. Jika memilih ukuran yang terlalu kecil maka bagian kemudi akan berat dan efeknya membutuhkan tenaga lebih dari biasanya untuk memutar stir.

  1. Bahan
Viral :   Spesifikasi dan Harga Mobil Range Rover Terbaru

Pemilihan bahan bisa didasarkan pada nilai estetika atau sesuai dengan selera serta kebutuhan masing-masing. Pastikan untuk memilih bahan yang nyaman saat digenggam. Pemilihan bahan juga menggambarkan nuansa mobil. Misalnya jika memilih stir berbahan kayu, maka kesan klasik atau retro yang akan didapatkan.

  1. Model

Selanjutnya adalah perhatikan model stir racing, ingin yang celong atau yang rata? Kedua model ini memiliki respon yang berbeda. Maka dari itu, sesuaikan dengan kebutuhan ya.

  1. Tampilan

Tampilan stir disesuaikan dengan selera si pemilik mobil dan kesan yang ingin didapatkan. Jika ingin kesan sporty ala mobil balap, maka disarankan memilih tampilan stir yang menggunakan empat palang.

  1. Fitur

Terakhir, perhatikan fitur yang terdapat pada stir. Fitur yang dimaksud adalah apakah stir racing yang akan dipilih memiliki fitur airbag sebagai fitur keselamatan atau tidak. Pilihlah stir yang dilengkapi dengan fitur ini.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti stir mobil. Jangan sampai Anda salah dalam memilih stir mobil racing yang diinginkan. Jangan hanya melihat tampilannya saja, lihat juga fungsinya. Nah, apakah Anda tertarik untuk mengganti stir ala mobil balap?