Agar Terlihat Menawan, Lakukan Modifikasi Interior Mobil

Interior mobil dapat menjadi penentu apakah kita merasa betah duduk berlama-lama di dalam atau tidak. Jika bosan dengan interior bawaan pabrik, modifikasi interior mobil menjadi ide yang cemerlang. Perjalanan akan terasa sangat menyenangkan apabila kondisi di dalam mobil terasa nyaman, menyejukkan mata dan bersih.

2 Faktor Penting Sebelum Modifikasi Interior Mobil

Banyak pecinta otomotif yang merasa perlu mengotak-atik interior mobilnya dengan tujuan meningkatkan rasa percaya diri, kenyamanan serta kesegaran visual. Namun, sebelum memodifikasi interior mobil, Anda harus tetap berhati-hari dan memperhatikan dua faktor. Apa saja itu? Simak penjelasannya si bawah ini.

  1. Mengaplikasikan Warna

Aturan dasarnya adalah menjaga kombinasi warna maksimal dua warna. Sebaiknya warna-warna pada interior mobil tidak mengecoh dan mengganggu konsentrasi saat menyetir, karena Anda harus fokus pada jalanan di depan.

Kombinasi dua warna yang sederhana akan menambah nilai estetika pada interior mobil Anda, sehingga memberikan perasaan bahagia saat berkendara.

Kombinasi antara cokelat muda, cokelat tua, dan hitam merupakan salah satu contoh perpaduan warna yang kalem dan sederhana. Untuk menambah suasana trendi dan futuristik, Anda bisa memasang lampu yang agak redup.

  1. Memilih Jenis Material

Sebelum modifikasi interior mobil, Anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan material atau bahan yang akan digunakan. Ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk jok, diantaranya kulit sapi asli, kulit sintetis, fabric atau kain dan polyester.

Viral :   Harga Mobil Honda Brio dan Kelebihannya

Sejauh ini, bahan kulit dirasa cocok untuk iklim di Indonesia, karena bahan ini tidak menyimpan panas. Hal ini dapat membuat Anda tetap nyaman berkendara sekalipun cuaca cukup terik.

Untuk pilihan karpet, Anda bisa menggunakan jenis karpet mi yang berbahan utama PVC. Disebut karpet mi karena bentuknya yang keriting menyerupai mi. Bahan PVC cenderung mudah dibersihkan, tetapi Anda bisa menggunakan karpet berbahan bulu sintetis atau beludru untuk tampilan yang lebih berkelas.

Bagian Interior Mobil yang Dapat Dimodifikasi

Hampir semua bagian dalam mobil dapat dimodifikasi. Ada banyak aksesoris atau variasi yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk memodifikasi bagian dalam mobil Anda. Tinggal disesuaikan dengan selera dan anggaran saja. Berikut ini beberapa bagian interior mobil yang dapat dimodifikasi.

  1. Stir Mobil

Jika Anda bosan dengan stir mobil bawaan pabrik yang ‘gitu-gitu aja’ Anda dapat membuatkan lebih stylish dengan memasangkan cover stir. Tampilan stir akan terlihat mewah, sesuai dengan warna yang dipilih.

Atau Anda bisa menggantinya dengan efek kayu, kulit atau alternatif kasmir. Pilihlah bahan dan grip yang baik agar Anda merasa nyaman saat mengontrol mobil di jalanan.

  1. Dasbor
Viral :   Skoda Karoq Facelift 2022 Hadir Dengan Pembaruan Visual Ringan Dan Lebih Banyak Teknologi

Modifikasi interior mobil yang selanjutnya adalah dashboard. Memodifikasi bagian ini sekaligus bisa untuk menutupi dashboard yang sudah usang. Memodifikasi bagian ini membutuhkan ahli, jadi bawalah ke bengkel jika Anda menginginkannya.

  1. Pedal dan Tongkat Perseneling

Ganti pedal sesuai selera, jika suka dengan tema sport, maka bisa diganti dengan pedal mobil balap. Mengganti tongkat perseneling harus memperhatikan kenyamanan atau pegangannya jangan sampai membuat anda malah kesulitan. Untuk tampilan yang unik, Anda bisa menggantinya dengan tema bilyard.

  1. Lampu Lantai LED

Malam Anda akan lebih berwarna dengan menambahkan lampu LED pada lantai yang tersedia dalam banyak warna. Memasang lampu LED juga dapat menambahkan kesan romantis pada mobil Anda.

  1. Headliner

Modifikasi yang satu ini dilakukan pada bagian atap kabin. Untuk menambahkan kesan mewah, bisa diganti dengan bahan kulit atau dengan tampilan bintang-bintang di atap kabin Anda.

Itulah modifikasi interior mobil yang dapat Anda coba agar tampilan mobil makin cantik, menawan dan memanjakan mata. Sebelum melakukan modifikasi, ada baiknya memperhatikan kombinasi warna dan jenis material yang akan digunakan. Selamat mencoba.