Inilah Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Rusak, Segera Lakukan Servis

Mobil yang bebas dari kerusakan tentu menjadi idaman setiap pemiliknya. Tidak terkecuali bebas dari kondisi dinamo starter mobil yang rusak. Ada banyak penyebab yang bisa membuat komponen satu ini mengalami kerusakan. Bisa karena kurangnya perawatan atau disebabkan oleh komponen pendukung lainnya yang sudah aus.

Jika kerap melakukan perjalanan jauh dan ternyata dinamo tersebut rusak, tentunya akan memberi hambatan yang cukup berarti. Salah satunya mobil bisa mogok mendadak. Selain itu, peforma kendaraan pun akan menurun. Ketahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri dinamo starter mobil yang mulai melemah berikut ini.

Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Mati

Biasanya bagian dalam mesin mobil ini tidak serta-merta mati begitu saja. Akan ada ciri-ciri yang menjadi tanda adanya kerusakan. Misalnya saja bunyi yang tidak biasa. Selain itu, cara kerjanya yang sudah mulai tidak responsif juga harus Anda waspadai. Berikut ulasannya.

  1. Lampu Depan Mati Mendadak

Gejala awal yang harus Anda identifikasi ada pada lampu depan. Jika lampu depan mendadak mati, kerusakan pada dinamo mobil bisa saja terjadi. Biasanya kerusakan tersebut akan dibarengi juga oleh suara mesin yang aneh dan tidak biasa. Baterai aki yang mulai melemah kemungkinan juga terjadi.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Mobil Range Rover Terbaru

Kemungkinan besar lainnya adalah adanya open circuit atau rangkaian listrik yang terbuka pada starter. Perlu penanganan yang tepat oleh mekanik berpengalaman. Pastikan penggantian komponennya efektif sehingga kerusakan dapat diperbaiki secara benar tanpa menguras banyak biaya.

  1. Lampu Mati Saat Starter

Dinamo yang rusak sangat berkaitan dengan  penerangan mobil. Jika komponen tersebut rusak, lampu mobil biasanya tidak akan menyala dengan baik, terutama ketika mesin dinyalakan. Penyebabnya pun sangat bervariasi.

Misalnya saja aki yang belum terisi dayanya. Jika baterai sudah diisi dan hal tersebut masih terjadi, kemungkinan terdapat masalah arus pendek sehingga starter menarik daya cukup banyak. Mata dinamo yang rusak juga bisa menjadi penyebab lampu mati ketika starter dinyalakan.

  1. Suara Dengung pada Mesin

Arus listrik yang tidak mampu menuju bagian solenoid akan menimbulkan suara dengung pada mesin. Hal ini disebabkan karena pinion gear serta flywheel tidak bisa mendapatkan arus listrik. Kegagalan kelistrikan ini dipengaruhi oleh baterai dinamo yang mulai habis.

Sambungan di sepanjang starter pun akan berubah menjadi buruk. Sebenarnya kondisi demikian juga dipengaruhi oleh terminal sambungan baterai yang bermasalah serta mengalami korosi cukup parah. Cek sejumlah komponen lainnya untuk memastikan penyebab kerusakan secara tepat.

  1. Terdengar Bunyi “klik” yang Cukup Keras
Viral :   Lamborgini Aventador Lp-720 Sebagai Sedan Mewah dan Megah

Saat mesin dinyalakan, biasanya akan terdengar bunyi yang cukup halus. Jika yang terdengar justru bunyi gilinganya yang kasar, indikasi dinamo rusak patut Anda pikirkan. Mounting bolt starter kendaraan Anda kendur karena adanya kerusakan pada dinamo.

Selain itu, saat mesin dinyalakan akan terdengar bunyi ‘klik’ yang cukup keras. Hal ini bisa dipengaruhi oleh kerusakan pada starter yang tidak mendapatkan arus listrik secara cukup.

  1. Mesin Tidak Mengeluarkan Suara

Gejala lain dari dinamo starter mobil yang rusak adalah tidak responsifnya mesin ketika dinyalakan. Mesin tidak bisa mengeluarkan bunyi apapun. Hal ini terjadi karna sistem kelistrikan terdapat masalah. Komponen yang terdapat di sekitarnya seperti safety switch dan relay akan gagal beroperasi.

Selain itu kabel listrik pun bisa berpengaruh kinerjanya. Kelistrikan yang bermasalah pada kendaraan memang akan membuat banyak komponen menjadi mati. Perlu penanganan segera agar tidak terjadi kerusakan secara lebih masif.

Kerusakan pada dinamo starter mobil memang harus segera diganti. Komponen satu ini sangat berpengaruh terhadap kelistrikan kendaraan. Pastikan penggantiannya di bengkel terpercaya agar tidak merusak kinerja mesin mobil kesayangan Anda.