Mazda RX 7, Mobil Ikonik Bermesin Rotary

Mobil dengan mesin hebat memang sangat melekat di hati siapapun. Tidak terkecuali Mazda RX 7. Mobil dengan mesin rotary ini merupakan generasi yang terhebat di masanya. Mesin rotary merupakan dapur pacu yang dulunya berhasil memukau dunia. Mobil dengan desain ala sedan ini pun sukses menempati posisi terbaik di pasaran.

Tahun 2001 merupakan akhir perjalanan dari mesin wankel pabrikan satu ini. Kemudian Mazda RX 8 pun hadir menggantikannya. Ada banyak hal menarik di dalam mobil pabrikan Mazda ini. Nah, bagi yang penasaran dan ingin bernostalgia dengan aneka keunggulannya, inilah Mazda RX 7.

Spesifikasi Mazda RX 7 dan Keunggulannya

Siapa sangka dibalik bentuknya yang mewah, ada sejumlah hal menarik ada pada mobil sedan ini. Bagi yang penasaran, inilah ulasan selengkapnya untuk Mazda seri RX 7 yang cocok sebagai referensi Anda.

  1. Dapur Pacu Ikonik

Mobil sedan dengan desain menarik ini pernah berjaya dengan jenis mesin rotary. Jenis mesin ini ampuh dan berhasil memukau dunia karena memiliki keunggulan menarik. Peforma apiknya dalam berkendara kian menarik dengan turbocharged yang dimilikinya.

Kapasitas silindernya sebesar 1.3 serta mampu menghasilkan kekuatan hingga 255 Hp. Peformanya semakin apik dengan adanya 5 gear percepatan sehingga lajunya sangat halus serta nyaman. Untuk melaju di berbagai medan pun perpindahan dari transmisi tersebut tergolong halus.

Viral :   Cara Kerja Dinamo Ampere Mobil

Mesin rotary tersebut merupakan salah satu yang terbaik di masanya. Walaupun demikian, power yang dimilikinya terbilang leih rendah karena didesain tanpa force induction.

  1. Sistem Sequental Twin Turbocharger

Adanya sistem sequental twin turbocharger yang diperkenalkan pada Mazda RX 7 ini merupakan desain yang cukup kompleks dari segi mekanik. Sistemnya memiliki 2 turbocharger dengan pasokan power RPM rendah di bagian pertama. Sedangkan bagian kedua mulai aktif ketika terdapat akselerasi penuh.

Turbo charger yang pertama tersebut berhasil memberikan pasokan tenaga sebesar 10 psi dengan besaran 1800 RPM. Sedangkan yang kedua mampu aktif di putaran 4500 RPM.

  1. Handling Terbaik

Memang untuk melaju di jalur lurus, mobil keluaran Mazda ini tidak secepat dengan pesaingnya. Walaupun dmikian, handling yang dimilikinya dinilai yang terbaik dalam sejarah.

Keseimbangan, perpindahan gigi, sampai pengeremannya dinilai sangat baik. Hal ini disebabkan adanya sistem kemudi yang cepat, responsif, serta ringan. Karakter khasnya memang ada pada raungan mesinnya yang ikonik. Terlebih jika mesinnya sudah dimodifikasi sampai 4 rotor.

  1. Body Unik Timeless

Selain memiliki karakter yang begitu kuat di bagian mesin, untuk eksterior keseluruhannya juga sangat ikonik. Mobil sedan ini memiliki desain unik yang seolah tidak ketinggalan zaman. Terdapat pop-up lampu depan yang membuat tampilan luarnya sangat berkarakter.

Viral :   Jenis-jenis Mobil Offroad, Triton Salah Satunya

Tidak hanya itu, bagian dalamnya juga sangat berperan menghasilkan kenyamanan bagi para penumpangnya. Mobil dengan empat jok ini hadir dengan setir yang nyaman digenggam serta dasbor multifungsi.

  1. Ekspor Terhenti

Mobil dengan desain mewah di masanya ini memang sangat merajai pasaran. Sayangnya pada pertengahan 90an, terjadi krisis ekonomi yang membuat pasar mobil sport di seluruh dunia lesu. Hal ini menciptakan tren baru di tengah masyarakat dengan lebih mengarah ke jenis mobil SUV.

Ekspor mobil Mazda ini pun akhirnya terhenti. Situasi seperti ini sebenarnya juga dirasakan oleh para pesaingnya. Walaupun demikian, RX 7 ini masih dijual serta dikembangkan di Jepang sampai akhir 2002. Adanya perubahan kebijakan emisi di dunia akhirnya menghentikan penjualan mobil sedan ini secara permanen.

Walaupun termasuk mobil generasi tua, nyatanya keampuhan Mazda RX 7 pernah berjaya di masanya. Mungkin suatu saat nanti pihak Mazda akan mengeluarkan upgrade terbaru dari kendaraan sedan ini.