Ragam Jenis Perawatan Salon Mobil dan Estimasi Harga

Siapa bilang hanya manusia dan hewan peliharaan yang perlu ke salon kecantikan dan perawatan? Mobil pun perlu ke salon mobil untuk menunjang penampilan yang bersih dan kinclong, karena penampilan kendaraan Anda mulai dari eksterior hingga interior juga dibutuhkan perhatian.

Sebenarnya semua perawatan pada mobil bisa dilakukan sendiri, namun bagi yang tidak memiliki waktu, membawanya ke salon adalah solusinya. Sebenarnya apa, sih, salon mobil itu? Apa yang akan dilakukan pada mobil kita? Berapa kisaran biayanya? Semua pertanyaan itu akan dibahas di artikel ini. Simak, ya!

Pengertian Salon Mobil

Sama seperti salon kecantikan, salon mobil pun menerapkan prinsip yang sama, yakni mempercantik penampilan kendaraan Anda. Kotoran yang menempel akan dibersihkan hingga ke sudut bagian yang sulit terjangkau.

Tidak hanya kotoran kasat mata saja, noda lebih detail, seperti noda asam yang diakibatkan air hujan, jamur, dan apapun yang membuat mobil terlihat kusam, akan dibabat habis hingga mobil Anda menjadi bersih dan kinclong kembali.

Jenis Perawatan

Dengan menempatkan mobil Anda ke salon, berikut adalah perawatan yang akan didapatkan:

  1. Cleaning

Layanan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah cleaning. Cuci pembersihan dilakukan pada seluruh tubuh mobil, mulai dari eksterior, interior, ada beberapa yang menyediakan sampai dengan bagian mesin. Sistem cleaning pun memiliki beberapa teknik, antara lain cuci mobil standar, dry wash, snow wash, dan sebagainya.

Untuk layanan cuci bagian mesin atau engine cleaning, Anda harus lebih menaruh perhatian. Jangan sembarang memilih tempat karena mesin mobil sangat sensitif. Carilah layanan salon yang memang berpengalaman.

Viral :   Harga BBM Pertamina 2022 Naik! Ternyata Ini Penyebab!

Jangan sampai asal memilih tempat layanan engine cleaning, karena apabila sampai ada air yang masuk ke dalam ruang udara, air tersebut akan masuk juga ke ruang bahan bakar. Hal ini akan menimbulkan masalah yang fatal pada mesin. Apalagi ada beberapa jenis mobil yang memang komponennya tidak boleh terkena air.

  1. Detailing

Detailing ini mencakup poles dan waxing pada bodi dengan tujuan mempercantik tampilan. Area kusam pada permukaan tubuh mobil akan dihilangkan melalui proses detailing.

Disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan layanan detailing karena pada dasarnya proses poles ini adalah mengikis lapisan cat yang kusam. Jika terlalu sering dikikis, maka lapisan cat akan semakin tipis.

Waxing dilakukan guna memberi perlindungan menyeluruh pada cat kendaraan. Ini akan melindungi car mobil dari jamur, baret halus, waterspot, maupun noda yang menyebabkan warna cat menjadi kusam. Waxing ini juga mencerahkan cat sehingga mobil menjadi lebih berkilau. Jadi, bukan wajah saja, ya, yang bisa berkilau.

  1. Coating

Coating adalah layanan yang menawarkan perlindungan lebih dari waxing. Umumnya, ada dua metode yang dilakukan, yakni ceramic coating dan nano coating.

Metode ceramic coating yakni melapisi permukaan cat dengan cairan yang mengandung bahan keramik guna melindungi cat mobil serta memberikan efek seperti daun talas. Ketika terkena air, aliran air tersebut akan turun dengan mudah sehingga mencegah waterspot dan tumbuhnya jamur.

Viral :   Mobil Paling Mahal Lamborghini Aventandor SVJ Masterpiece Luar Biasa

Sedangkan metode dari nano coating adalah dengan melapisi tubuh mobil menggunakan cairan yang memiliki kandungan khusus berukuran nano. Fungsi cairan nano tersebut menjaga cat dari oksidasi serta paparan kimia lainnya.

  1. Fogging dan Fumigator

Bergeser ke bagian dalam mobil. Perawatan interior mobil akan diberikan dengan metode fogging dan fumigator. Fogging adalah metode yang cocok untuk merawat interior guna menjadikannya lebih wangi dan segar.

Pada metode fogging, interior akan terlebih dahulu dibersihkan agar ketika proses fogging, tidak ada kotoran yang tercampur. Selain membuat lebih wangi, fogging juga bisa membasmi bakteri. Tersedia juga layanan fumigator, yakni untuk membasmi serangga juga jamur yang bersarang.

Estimasi Harga Perawatan

Biaya layanan setiap salon tidaklah sama, beda wilayah, beda salon, beda pula biayanya. Namun setidaknya Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai estimasi biaya. Berikut tabelnya.

Jenis Layanan Estimasi Biaya (Rp) Estimasi Waktu
Cuci biasa 40-50 ribu 4-5 jam
Cuci sekaligus engine cleaning 75-100 ribu 4-5 jam
Layanan paket eksterior tanpa coating 500-700 ribu 1-2 hari
Layanan full interior 500 ribu-1 jutaan 4-5 jam
Paket interior + eksterior + coating 3-6 juta 1-2 hari

 

Estimasi biaya dan waktu pun tergantung dari jenis, ukuran mobil dan material yang dipakai. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba layanan salon mobil?