4 Masalah Pada Sekring Mobil dan Cara Mengatasinya

Kelistrikan pada kendaraan merupakan hal yang penting guna kendaraan tersebut dapat melaju. Salah satu hal yang paling penting menyangkut tentang kelistrikan pada mobil adalah sekring mobil.

Sekring pada mobil ini memiliki peran penting karena dapat berfungsi sebagai penahan dan pemutus aliran listrik. Jika terdapat masalah pada sekring ini maka kelistrikan pada mobil pun juga dapat terganggu.

Salah satu akibat fatal pada sekring adalah menyebabkan bagian mesin terbakar atau korsleting. Maka dari itu, cek secara berkala untuk mengetahui kualitas dan kinerja sekring tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

4 Masalah Pada Sekring Mobil.

Sekring pada mobil memang tidak boleh dipandang remeh. Apabila terdapat beberapa masalah pada sekring mobil maka bisa menyebabkan masalah fatal dan bahkan kerusakan parah yang membuat Anda merugi karena harus mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki mesin karena korsleting dan lain sebagainya.

Berikut 4 masalah yang sering terjadi oleh sekring pada mobil.

  1. Sekring Bermasalah Saat Memfungsikan Lampu Besar

Jika terdapat masalah pada sekring saat menyalakan lampu besar maka besar kemungkinan terjadi korsleting pada kabel-kabel terhubung sehingga menyebabkan sekring putus.

  1. Masalah Ketika Menyalakan Lampu Sein

Sekring dapat berakibat putus saat menyalakan lampu sein. Hal ini dikarenakan terdapat masalah korsleting pada kabel tuas lampu sein itu sendiri.

  1. Sekring Putus Saat Gigi Persneling Mundur Dimasukkan
Viral :   Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300

Saat Anda memasukkan gigi persneling mundur dan ternyata terjadi masalah sekring putus maka dapat disebabkan oleh switch lampu mundur yang mengalami kerusakan.

  1. Sekring Meleleh

Sekring melelah dapat terjadi diakibatkan oleh adanya panas berlebihan di sekitar sekring. Sehingga, ketika daya arus listrik yang tidak sesuai mengalir ke sekring listrik maka sekring tersebut tidak mampu menahan dengan baik.

Cara Merawat Kelistrikan Pada Sekring Mobil yang Benar

Untuk menghindari berbagai masalah pada mobil yakni pada kelistrikannya maka dibutuhkan ketelitian. Alangkah baiknya dilakukan oleh tenaga ahli di bidang tersebut sehingga mengetahui akar permasalahan dan cara mengatasinya.

Untuk merawat kelistrikan pada mobil maka ada beberapa langkah dibawah ini, yakni

  • Cek Sekring Secara Berkala

Untuk merawat kelistrikan mobil maka dibutuhkan pengecekan sekring. Hal ini dapat dilakukan saat mobil di service. Akan lebih baik lagi jika Anda membawa sekring cadangan seperti 10A, 15A dan 20A.

  • Hindari Penambahan Beban Pada Sekring

Anda sering memodifikasi mobil Anda? Salah satu modifikasi yang sering dilakukan adalah pada sistem kelistrikan untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi. Hal yang sering terjadi adalah Anda menambahkan beban pada kabel yang masih satu dengan sekring. Sebaiknya gunakan kabel yang berbeda dan sekring berukuran lebih besar.

  • Cek Pemasangan Sekring
Viral :   Tips Membeli Mobil Mini Cooper Bekas Beserta Harganya

Pemasangan sekring yang kurang tepat bisa menyebabkan sekring tersebut melelah. Hal ini  dikarenakan sekring holder yang longgar dan menyebabkan arus listrik tidak stabil sehingga memicu bunga api yang menyebabkan korsleting atau sekring meleleh.

  • Perhatikan Kualitas Sekring

Kualitas sekring nyatanya juga berpengaruh pada kinerja dari sekring itu sendiri. Apabila Anda menggunakan sekring berkualitas rendah maka akan berpengaruh pada pemutus arus listrik yang terbuat dari lempeng logam.

  • Sesuaikan Sekring Dengan Daya

Adanya korsleting juga disebabkan oleh pemakaian sekring yang tidak sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Pastikan Anda menggunakan sekring sesuaikan dengan daya sehingga tidak ada masalah korsleting.

Perlu diingat bahwa semakin besar listrik yang digunakan maka semakin menghasilkan panas. Apabila penghantar panas sekring ini berada dibawah daya maka bisa menyebabkan sekring tersebut meleleh.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui fungsi dan jenis sekring yang digunakan. Lakukan perawatan serta pengecekan pada kelistrikan mobil secara berkala. Hal ini bertujuan agar sekring mobil tidak mengalami masalah dan performa mobil dapat berjalan dengan lancar.