Agar Tidak Salah, Ini Tips Membeli Minibus Toyota Hiace Bekas

Toyota Hiace merupakan sebuah mobil minibus buatan Toyota Astra Motor yang pada 2019 lalu memperkenalkan produk baru mereka, yakni Premio. Mobil yang dibanderol seharga Rp516, 6 juta ini membidik pebisnis kelas atas seperti hotel bintang 5, travel premium, dan sebagainya.

Mobil ini akan menjadi varian termahal untuk model Hiace yang beredar di Tanah Air. Secara dimensi, Hiace Premio memiliki panjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, serta tinggi 2.280 mm, yang membuat kabin menjadi lebih luas dan nyaman.

Mobil ini menjadi lebih stabil lantaran jarak sumbu rodanya 3.860 mm. Kabin mobil ini muat hingga 12 kursi penumpang.

Untuk jantung pacu, mobil mewah minibus ini menggunakan mesin 1GD-FTV 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 156,4 PS dan torsi 42,8 kgm dan Pengoperasian transmisi adalah manual dengan teknologi FR, 6 percepatan.

Minibus mewah ini juga dilengkapi fitur keamanan yang sangat baik. Keamanan memang harus menjadi nomor satu saat berkendara.

Tips Memilih Minibus Bekas

Untuk mendapatkan minibus bekas yang berkualitas seperti Toyota Hiace memang tidak mudah. Namun, Anda bisa menggunakan tips di bawah ini ketika akan membeli sebuah minibus bekas.

  1. Periksa Bagian Dalam Mobil

Pertama periksalah badan mobil, mesin, jok beserta sarungnya dan AC, pastikan semuanya masih dalam kondisi yang baik. Selanjutnya, periksa odometer untuk melihat jarak tempuh. Kondisi mobil yang baik adalah yang memiliki jarak tempuh normal, yakni 16.000 hingga 24.000 km

  1. Tanyakan Perkakas Mobil
Viral :   Perdana Hadir di Jepang, Segini Harga Toyota Raize Hybrid

Cek peralatan atau perkakas (tool kit) seperti obeng dan kunci yang termasuk dalam penjualan mobil bekas tersebut. Perkakas tersebut sangat penting untuk alat persediaan dalam keadaan darurat.

  1. Periksa Kelengkapan Surat-surat Kendaraan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan surat-surat kendaraan seperti BPKB dan STNK. Dalam dokumen tersebut perhatikan keaslian cap dan tanda tangan serta hologram di halaman pengesahan. Kemudian, periksa nomor rangka dan nomor mesin.

Tips Memilih Tempat Duduk Aman di Minibus

Saat memilih melakukan perjalanan menggunakan mobil atau minibus seperti Toyota Hiace, jangan hanya memikirkan kenyamanan saat perjalanan saja. Anda juga harus memikirkan tentang keamanan dan keselamatan.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan pemilihan tempat duduk agar tetap aman jika terjadi sesuatu yang buruk selama perjalanan. Berikut tips memilih tempat duduk yang aman untuk Anda.

  1. Jangan Duduk di Kursi Depan dan Belakang

Duduk di barisan depan berisiko terlempar saat terjadi benturan. Dalam kondisi tabrakan yang parah, penumpang di bagian depan pun berpotensi terhimpit oleh body depan bus yang penyok.

Viral :   Speaker Yang Bagus Untuk Mobil Kesayangan Anda

Hal ini sangat berbahaya mengingat jarang sekali minibus yang menyediakan sabuk pengaman di kursi penumpang. Selain itu, duduk di bagian depan berisiko terkena serpihan kaca.

Tempat duduk paling aman adalah di bagian tengah. Tepatnya di bagian tengah ke belakang atau tepat di atas roda belakang.

  1. Duduk di Sisi Kanan

Sopir minibus akan cenderung membanting stir ke arah kiri saat di depannya terdapat sesuatu yang akan membuat celaka. Karena itu, disarankan untuk duduk di posisi yang sejajar dengan sopir, yakni di sisi kanan. Namun, posisi yang sangat berbahaya ketika terjadi kecelakaan adalah penumpang yang duduk di sebelah kaca.

Itu dia beberapa informasi mengenai Toyota Hiace beserta tips memilih tempat duduk yang aman di minibus serta tips membeli minibus bekas. Semoga informasi diatas berguna untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dengan minibus.

Untuk Anda yang ingin membeli minibus bekas, jangan tergiur dengan harga murah, tetapi juga harus memeriksa keadaan minibus tersebut. Sebaiknya Anda memilih minibus berkualitas super seperti Toyota Hiace.

Kata Pencarianselalu akan memilih Toyota Hiace