Jenis-jenis Mobil Offroad, Triton Salah Satunya

Mitsubishi Ttiton memiliki sejarah panjang di Indonesia yakni kurang lebih 18 tahun. Mobil pick up ini memiliki peranan penting bagi industri Tanah Air, terutama di sektor pertambangan, minyak bumi, dan perkebunan. Mobil ini terus mengalami perkembangan di Indonesia, mulai dari model, mesin dan komponen lainnya.

Perkembangan Mitsubishi Triton di Indonesia

Kendaraan ini memulai penjajakannya di Indonesia pada tahun 2002. Sampai saat ini, terdapat 6 tipe dengan model berbeda. Berikut ulasan tentang perkembangan mobil pikap keren ini di Indonesia.

  1. L200 Strada

Merupakan generasi pertama di Indonesia. Mobil ini berwujud double cabin dengan sudut body lembut serta desain yang terlihat bongsor. Mobil ini memiliki teknologi Turbo Intercooler yang menghasilkan tenaga hingga 100 PS dan torsi 245 Nm.

  1. Strada Triton

Pada tahun 2008 Mitsubishi Motors meregenerasi L200 setelah enam tahun dari generasi pertama dipasarkan. Banyaknya garis melengkung di badan mobil semakin memancarkan nuansa modern.

Generasi kedua ini memiliki Teknologi Turbo Intercooler sehingga dapat menyemburkan 140 PS dan 314 Nm. Pada 2010 mereka menambahkan fitur perlindungan berupa airbag, rem Anti-lock Braking System (ABS), dan Easy Select 4WD.

  1. Strada Triton Hi-Power

Strada Triton Hi-Power pada tahun 2014 menggantikan generasi sebelumnya. Desainnya masih sama, namun terlihat lebih modern. Dilengkapi mesin berteknologi Variable Geometry Turbo (VGT) dengan output tersedia 178 PS dan momen puntir 350 Nm untuk transmisi otomatis, dan 400 Nm bagi manual.

  1. Triton
Viral :   akibat Yang Ditimbulkan Jika Tali Kipas Terlalu Kendor

Mobil ini muncul setelah generasi 3 diluncurkan dan menanggalkan nama Strada. Jenis ini masih mengandalkan enjin 4D56 empat silinder DI-D berteknologi Commonrail dengan Turbocharger (VGT).

Tipe ini mengusung tagline Sport Utility Double Cabin, tenaga yang dihasilkan masih sama hanya saja berubah pada torsi untuk manual, dari 350 Nm jadi 400 Nm. Fitur keselamatan pun makin canggih.

  1. Athlete

Pada tahun 2018 ditambahkan varian Athlete yang ditujukan khusus pehobi offroad. Makin praktis memasuki kabin karena komponen keyless operation system diselipkan. Kabin dipenuhi material kulit hitam dan orange serta jok yang dapat diatur posisinya secara elektrik.

  1. New Triton

Pada 2019, pikap disegarkan secara signifikan dan grille berpalang tebal yang memanjang jadi penarik perhatian. Kapasitasnya yakni 2,4 liter dengan teknologi MIVEC VGT empat silinder, sehingga menghasilkan daya dorongnya hingga 181 PS dan punya torsi 430 Nm.

Jenis-jenis Mobil Offroad

Mobil offroad adalah jenis mobil yang didesain untuk medan tak beraspal, untuk berpetualang serta menaklukan medan yang sulit. Sungai, sawah, bukit, pegunungan adalah beberapa contoh medan yang digemari untuk dirubah menjadi medan mobil offroad dan Indonesia memiliki banyak medan seperti itu.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Mobil Honda HRV Terbaru

Ada 2 jenis  mobil Offroad yang beredar di pasaran. Berikut ulasan lebih lengkapnya untuk Anda.

  1. SUV atau Sport Utility Vehicle

Mobil jenis ini memiliki mesin penggerak 4 roda dengan jarak dari tanah yang cukup tinggi. Di luar negeri, terdapat mobil jenis SUV yang didesain memang untuk medan tak beraspal dan memiliki tenaga kuda yang menakjubkan.

  1. Crossover SUV

Crossover SUV memiliki konstruksi monokok serta kemampuan off road yang terbilang relatif rendah apabila dibandingkan dengan mobil off road yang sudah terkenal. Mobil jenis ini memiliki tampilan yang elegan, modern, bahkan sayang apabila harus berada di jalan tak beraspal.

Di Indonesia, hanya terdapat beberapa mobil offroad yang terkenal, antara lain Toyota Landcruiser, Suzuki Jimny, dan Katana serta Jeep CJ7.

Sebenarnya, lumayan banyak merek mobil yang biasa digunakan untuk offroad. Salah satunya adalah merek Triton. Sebagai mobil yang sering melewati jalanan tak beraspal, mobil tersebut dilengkapi dengan fitur keselamatan serta body yang tangguh. Apakah Anda tertarik untuk memiliki mobil offroad?