Knalpot Bocor, Segera Bawa Bengkel Knalpot Mobil Terdekat

Knalpot merupakan salah satu komponen pada mobil yang memiliki peran penting untuk membuang gas buang. Apabila terdapat pada masalah knalpot, kendaraan harus segera dibawa ke bengkel knalpot mobil terdekat di daerah Anda.

Knalpot memang jarang mengalami kerusakan, tetapi terdapat beberapa faktor yang bisa membuat knalpot tersebut mengalami berbagai kerusakan. Untuk menjaga knalpot dengan baik maka dibutuhkan perawatan secara rutin.

Perawatan ini dapat mencegah kerusakan pada knalpot pada mobil. Hal yang paling penting untuk menjaga knalpot tidak mudah rusak adalah rutin untuk memanasi mobil setiap hari.

Mendeteksi Knalpot Sebelum Dibawa Ke Bengkel Knalpot Mobil Terdekat

Knalpot tidak hanya sekadar membuang gas buang pada mobil melainkan juga dapat menjaga performa dari mobil itu sendiri. Apabila gas buang tidak berjalan dengan baik maka akan berpengaruh pada mesin. Jika performa mesin bermasalah tentu saja juga akan berpengaruh pada bahan bakar

Untuk lebih jelasnya, apa saja yang dapat dikenali apabila knalpot bocor sebelum dibawa ke bengkel knalpot mobil terdekat?

  1. Performa Mesin

Seperti yang sudah disinggung bahwa knalpot yang bocor akan memberikan dampak yang cukup terasa di bagian mesin. Hal ini dikarenakan gas buang yang dihasilkan tidak berjalan secara optimal.

Jika dibiarkan saja maka kerusakan pada knalpot akan semakin parah dan tidak menutup kemungkinan tabung knalpot harus diganti.

  1. Boros BBM
Viral :   Spesifikasi dan Varian Mercedes Benz AMG

Bahan bakar ini berkaitan dengan performa mesin, apabila performa mesin ini tidak berjalan dengan baik maka juga akan berpengaruh pada penggunaan bbm. Dengan demikian, mesin yang tidak berjalan mobil maka bahan bakar yang dihabiskan pun akan lebih cepat.

  1. Suara Mesin yang Berisik

Seperti yang sudah disinggung diatas sebelumnya, knalpot bocor pasti akan berpengaruh pada bagian mesin. Jika kebocoran pada knalpot ini belum terlalu parah memang suara berisik pada mesin tersebut kurang diketahui.

Umumnya, suara mobil akan terdengar lebih bulat dan jelas, tetapi apabila terdapat kebocoran pada knalpot maka suaranya akan berbeda. Suara yang dihasilkan apabila knalpot mulai bocor adalah seperti terdengar suara mendesis.

  1. Bau Pada Kabin

Apabila pipa knalpot mengalami kebocoran pada bagian tengah maka gas buang yang seharusnya keluar melalui mulut knalpot justru dapat masuk ke dalam kabin. Tentu saja gas buang yang masuk ke dalam kabin akan membahayakan kesehatan penumpangnya.

Maka dari itu, apabila mula terasa bau tidak sedap maka segera periksa ke bengkel terdekat daerah Anda.

Atasi Knalpot ke Bengkel Knalpot Mobil Terdekat

Untuk beberapa masalah pada knalpot memang bisa diatasi dengan sendirinya seperti memberikan pelumas pada bibir knalpot, mengampelas bagian knalpot yang mulai berkarat dan masalah ringan lainnya.

Viral :   Isuzu Traga Pick Up Keren Dengan Power Steering

Namun, apabila masalah knalpot sudah telanjur parah atau mendapatkan beberapa faktor seperti yang disebutkan diatas maka Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Hal ini bertujuan agar tidak merembet ke masalah lainnya yang justru membuat Anda mengeluarkan biaya yang berlebih.

Ada dua macam untuk memperbaiki knalpot yang bocor yakni dengan di las dan diganti pipa knalpot yang baru. Bagi knalpot yang cukup dilas, hanya berlaku pada kerusakan ringan pada knalpot. Sedangkan untuk masalah yang berat maka harus diganti dengan yang baru.

Sebagai pengemudi atau penumpang, ada kalanya tidak mengenali masalah-masalah yang terjadi pada mobil. Meskipun mengetahui beberapa hal mengenai mobil, alangkah baiknya untuk cepat membawanya ke bengkel terdekat untuk mengetahui masalah yang sebenarnya.

Meskipun knalpot ini jarang terjadi kerusakan, sebagai pemilih mobil Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor diatas dan segera untuk diperbaiki sebelum mengalami kerusakan yang parah.

Umumnya, juga disebabkan oleh korosi karena tidak pernah dibersihkan terlebih jika selalu terkena air hujan. Yang kedua bisa juga disebabkan oleh usia dari knalpot itu sendiri.

Apabila sudah disebabkan oleh usia dari knalpot dan mengalami kerusakan maka mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel knalpot mobil terdekat untuk mengganti pipa knalpot dengan yang baru.