Tune Up Adalah: Pengertian dan Manfaat

Tune up adalah bagian kegiatan perawatan mesin dan seluruh komponen-komponen yang ada pada mobil.

Berbeda dengan kegiatan servis rutin yang Anda lakukan, tune up ini memastikan bahwa semua komponen, termasuk yang ada di dalam mesin, dapat bekerja dengan baik sesuai dengan standarnya. Sementara itu, servis hanya untuk melihat bagian-bagian luar yang mudah dijangkau.

Komponen-komponen yang sensitif dan mudah mengalami gangguan perlu dilakukan tune up secara rutin untuk memastikan bahwa kinerja kendaraan tidak mengalami penurunan.

Biasanya, kegiatan ini hanya dapat dilakukan di bengkel yang memiliki seorang ahli karena akan membongkar mesin dan mengecek bagian-bagian dalamnya juga. Untuk itu, seorang yang paham permesinan amat penting.

Manfaat Tune Up adalah

Mobil yang sudah selesai dilakukan tune up akan terasa seperti kendaraan baru karena semua komponen disetel ulang dan dilakukan pembersihan. Komponen yang sudah aus juga dapat diperbarui saat Anda melakukan tune up ini. Salah satu manfaat tune up adalah membuat kinerja mobil tetap lincah dan gesit serta menjaganya agar tetap awet.

  1. Mengembalikan Kinerja Mobil

Mobil yang telah digunakan dalam waktu yang lama dan selalu dibawa perjalanan jauh tentu kian hari akan semakin mengalami penurunan kinerja, baik pada mesinnya ataupun komponen-komponen lainnya.

Viral :   Yuk Intip Informasi Harga Mobil Terios 2021

Mesin yang terus-menerus bekerja akan menjadi aus pada beberapa komponennya karena mengalami gesekan yang konsisten. Selain itu, komponen-komponen kecil seperti baut-baut juga dapat longgar karena getaran jalan.

Tidak hanya itu, filter udara yang digunakan sebagai penyaring udara juga akan kotor jika mobil digunakan setiap hari. Apalagi di lingkungan perkotaan yang banyak polusi, tentu kebersihan filter ini akan terganggu. Salah satu manfaat tune up adalah dapat mengembalikan fungsi filter udara ini dengan cara membersihkannya.

  1. Mencegah Kerusakan Mobil

Mobil yang jarang di servis, bahkan tidak pernah dilakukan tune up, akan berpotensi mengalami kerusakan yang lebih besar. Hal ini karena kegiatan tune up tidak hanya memeriksa komponen yang terlihat saja, tetapi juga yang tidak terlihat dan terletak jauh di dalam.

Jadi, jika komponen yang ada di bagian dalam mulai aus bahkan rusak dapat segera diganti sehingga tidak memberikan dampak pada bagian yang lainnya.

Bagian-bagian kecil mobil yang penting tetapi sering terlupakan akan memberikan dampak yang signifikan jika masalahnya tidak segera ditangani.

Misalnya pada bagian katup mesin. Jika bagian ini aus dan tidak segera dilakukan penggantian dengan suku cadang yang baru, tentu kinerja mesin akan dapat turun sehingga mengganggu perjalanan Anda.

  1. Memperpanjang Umur Mesin
Viral :   Aneka Upgrade Menarik dari Lexus Lc 500

Mesin mobil merupakan jantung pacu bagi kendaraan. Jika bagian ini mengalami kerusakan, mobil tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Salah satu manfaat dari tune up ini yaitu dapat memperpanjang umur mesin. Komponen pada mesin yang mengalami kendor atau tidak terpasang sesuai standar akan dapat diketahui jika Anda melakukan tune up.

Jadi, misalnya kinerja mesin mulai turun, bukan berarti ada komponen yang mengalami kerusakan. Bisa jadi karena bagian tersebut tidak terpasang secara standar sehingga menyebabkan gangguan mesin. Untuk itu, lakukanlah tune up secara berkala untuk menjaga agar umur mesin dapat lebih lama.

  1. Hemat Biaya Perawatan

Melakukan tune up secara berkala juga dapat menghemat biaya perawatan pada mobil Anda. Hal ini karena salah satu manfaat tune up adalah memastikan komponen-komponen pada mobil terpasang secara standar dan dapat bekerja semestinya.

Jika salah satu komponen telah mulai aus atau rusak, Anda harus segera mengganti komponen tersebut dan masalah akan beres.

Namun, jika kerusakan satu komponen tersebut tidak segera diketahui, bisa jadi akan berdampak pada keseluruhan kinerja mobil. Jika hal ini terjadi, biaya perawatan akan menjadi semakin besar. Oleh karena itu, lakukanlah tune up secara berkala.