Kelebihan dan Varian Mobil LCGC di Indonesia

Mobil LCGC merupakan akronim dari Low Cost Green Car. Melihat dari kalimatnya, dapat ditebak bahwa kendaraan tersebut memiliki harga yang terjangkau dengan sistemnya yang ramah lingkungan.

Konsep LCGC sendiri merupakan program dari pemerintah. Tujuannya yaitu untuk mengembangkan kendaraan yang memiliki harga terjangkau dan ekonomis namun dibekali mesin yang ramah lingkungan.

Sasaran dari LCGC adalah masyarakat menengah ke bawah. Untuk harganya sendiri, umumnya dibanderol tidak melebihi Rp200 juta. Oleh karena itu, spesifikasi yang membekali mobil pun diatur oleh pemerintah untuk memastikan tujuan terlaksana dengan baik.

Kelebihan Mobil LCGC

Mengusung konsep Green Car, tentu saja hal utama yang ditonjolkan adalah kemampuan mesinnya yang bekerja namun tetap memikirkan lingkungan. Kendaraan yang masuk kategori ini dipastikan telah lolos uji emisi sesuai dengan ketetapan.

  1. Irit Bahan Bakar

Sebagai mobil dengan mengusung konsep yang ramah lingkungan, maka syarat utamanya adalah penggunaan bahan bakar yang seefisien mungkin sehingga tidak menghasilkan emisi yang dapat mencemari lingkungan.

Mobil-mobil kelas LCGC dirancang dengan sistem pembakaran yang mampu menghabiskan bahan bakar hanya 1 liter untuk berkendara sejauh 20 km. Agar tetap dapat irit, maka mesin yang digunakan sebagai jantung pacunya setidaknya memiliki kapasitas antara 1.000 hingga 1.200 cc.

  1. Harga Terjangkau

Bagi pemula, pembelian mobil baru kelas LCGC ini cukup terjangkau. Alsannya harganya yang tidak akan menyentuh angka Rp200 juta. Kisaran Rp100an juta tentu cukup dapat dibeli oleh millennial saat ini. Selain harga, varian yang ditawarkan pun juga tidak sedikit sehingga Anda masih dapat memilih sesuai dengan keinginan.

  1. Ukuran Mobil yang Ramping
Viral :   Cara Mengatasi Mobil Susah Masuk Gigi Mundur

Mobil LCGC umumnya didesain dengan bodi yang ramping sehingga mudah digunakan untuk berkendara di gang-gang kecil ataupun di perkotaan yang macet dan padat. Ukurannya yang mini ini akan mempermudah untuk menyelip kendaraan yang ada di depan sehingga lebih efisien waktu.

  1. Relatif Awet

Kemudahan dalam perawatan dan suku cadang yang terjangkau, membuat kendaraan kelas LCGC ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Perawatan yang mudah ini juga dapat dilakukan oleh mereka yang pemula dalam bidang ini.

Sama halnya perawatan mobil kelas lainnya, Anda cukup membawanya ke bengkel secara rutin untuk mengecek mesin ataupun mengganti oli.

Jika memang terasa tidak enak, Anda dapat segera mengganti komponen tersebut. Biasanya, mobil kelas ini amat mudah ditemukan suku cadangnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan dan perawatannya.

Series LCGC yang sesuai dengan kondisi perkotaan ini banyak pilihannya. Anda dapat memilih tergantung dengan anggaran yang dimiliki dan juga spesifikasi yang diinginkan. Tidak heran jika segmen ini setiap tahunnya selalu bertambah.

Viral :   Inilah 10 Garasi Mobil Mewah dan Termahal di Dunia

Varian Mobil LCGC di Indonesia

Hampir setiap merek mobil yang ada di Indonesia memiliki varian LCGC ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan modelnya saat akan membeli. Cukup ketahui spesifikasi dan kualitasnya.

  • Honda Brio

Perusahaan otomotif Honda, juga memiliki varian kelas LCGC, yaitu Brio. Dibanderol dengan kisaran harga Rp146 juta, mobil ini dibekali dengan mesin 1,2 liter i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 89 hp dan torsi puncak sebesar 110 Nm. Pilihan warnanya pun beraneka ragam. Desainnya yang sederhana namun stylish ini, amat cocok untuk menemani keseharian Anda.

Mengusung konsep yang millennial, Daihatsu Ayla menawarkan warna-warna yang unik sesuai dengan kalangan generasi saat ini. Mobil ini sendiri dibanderol dengan kisaran harga Rp102,15 juga hingga Rp159,9 juta.

Untuk jantung pacunya dibekali dengan 2 mesin berbeda. Pertama mesin 1KR-DE, DOHC dengan kapasitas 1,0 liter. Dan kedua dibekali dengan mesin 3NR-VE DOHC, Dual VVT-i 4 silinder berkapasitas 1,2 liter.

  • Toyota Calya

Pilihan mobil LCGC yang lainnya yaitu Toyota Calya yang dibanderol dengan kisaran harga Rp147,35 juta hingga Rp165,85 juta. Dibekali dengan mesin berkapasitas 1,2 L mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 87 hp dan torsi puncak sebesar 108 Nm.