Mengulik Mini Cooper S, Hatchback Unik nan Ikonik

Setelah beberapa puluh tahun diproduksi, pada tahun 2000, produksi Mini dihentikan dan sahamnya diakuisisi oleh BMW. Di bawah BMW, Mini Cooper S diproduksi lagi dengan nama MINI, yang tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Konsep klasik tetap dipertahankan dan ciri mungilnya yang sangat kuat tetap dimunculkan.

Sejarah Singkat Mini Cooper

Mini Cooper adalah mobil yang kompak dan mungil. Mobil ini pertama kali diperkenalkan dan diproduksi di Inggris oleh British Motor Corporation dengan nama Morris Mini pada tahun 1960-an. Ide pembuatan mobil ini adalah terjadinya krisis bahan bakar di Eropa.

Mini di produksi dengan beberapa varian, seperti Mini Van, Mini Pick Up, Mini Moke, serta Mini Clubman. Namun, di antara jenis yang disebutkan, Mini Cooper lebih dikenal oleh banyak orang dengan desain yang ringkas, efisien, dan gesit.

Mini semakin terkenal ketika memenangkan rally di Monte Carlo pada tahun 1964,1965, dan 1967. Kemenangan ini berkat penggunaan sistem mesin penggerak roda depan.

Spesifikasi Mini Cooper S, Hatchback Unik yang Ikonik

Setelah sempat berhenti diproduksi dan beralih kepemilikan, pada awal tahun 2002, diluncurkanlah Mini Cooper S versi baru, yaitu MINI, di bawah bendera BMW. Seperti apa spesifikasinya? Mari kita ulik mobil ikonik ini.

  • Eksterior Depan
Viral :   Pencinta Subaru Impreza Wrx Sti Wajib Tahu Ini

Bila dilihat dari depan, terdapat grille honeycomb dan beberapa aksen chrome, headlamp dan Daytime Running Light LED tetap dengan desain membulat dan dilingkari dengan bezel berwarna hitam.

Di bagian bawah bumper terdapat fog lamp yang menambah aksen sporty. Pada bagian kap mesin, terdapat hood scoop yang membantu menjaga suhu mesin tetap ideal.

  • Eksterior Samping

Jika dilihat dari sisi samping, mobil ini memilki overfender yang baru berwarna hitam, juga gagang pintu dengan warna chrome dan spion baru.

  • Eksterior Belakang

Untuk bagian belakang, mobil mungil ini sudah dilengkapi dengan lampu belakang LED. Selain itu, ada juga hiasan belakang beraksen chrome yang disediakan di pintu belakang.

Dua pintu yang dapat dibuka secara terbuka merupakan satu-satunya di segmen kendaraan premium. Tidak lupa ada atap spoiler dan high stop lamp membuat model terbaru ini kian sporty.

  • Interior

Masuk ke dalam kabin, Anda bisa langsung merasakan kenyamanan karena aksen Piano Black pada setiap door trimnya, ditambah cahaya ambient berwarna biru dan bahan halus yang digunakan untuk dasbor.

Bagian tengah berdesain lingkaran dengan aksen chrome khas MINI. Fitur hiburan berupa head unit dual din dengan layar sentuh 6,5 inci untuk memutar radio AM / FM, CD, USB, AUX, Bluetooth, serta dukungan Android Auto dan Apple Carplay.

Viral :   Sederet Merk Ban Mobil yang Punya Kualitas Terbaik

Lingkar kemudinya didukung pengaturan tilt dan telescopic steering, dibalut kulit dengan konfigurasi tombol multifungsi. Bahan kulit dan motif baru ditambahkan pada jok. Posisi duduk sudah bisa disesuaikan dengan keinginan secara elektrik pada kursi bagian pengemudi.

Pada baris kedua, penumpang dimanjakan dengan beberapa kelebihan, seperti headrest dan armrest di bagian tengah, dua buah cup holder, juga pendingin udara di kursi baris kedua.

Di bagian konsol tengah, ada fitur terbaru wireless charging yang dapat menyesuaikan ukuran ponsel dan memudahkan Anda ketika ingin mengisi daya ponsel.

  • Interior

Bagaimana dengan mesinnya? Mini Cooper S dibekali mesin bensin empat silinder dengan teknologi MINI Twin Power Turbo berkapasitas 1.999 cc. Mesin in menghasilkan tenaga 192 dk pada 5.000-6.000 rpm serta torsi maksimum 280 Nm pada 1.480-4.100 rpm.

Kemampuan mesin itu terkait dengan sistem penggerak roda depan melalui transmisi steptronic 7-percepatan kopling ganda. Mini Cooper S mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,2 detik dan kecepatan puncak 228 km/jam serta konsumsi bahan bakar rata-rata 16,7 km /L.