Seluk-Beluk Ford Mustang GT, Sedan Sport Terlaris di Dunia

Jika menyebut nama Ford, orang akan membayangkan mobil dengan bodi besar, tenaga besar, dan suara yang garang. Ford memang sangat identik dengan hal tersebut, termasuk tentunya Ford Mustang GT. Apa saja hal menarik tentang sedan terlaris di dunia ini? Check it out!

Seluk-Beluk Ford Mustang GT

Mobil ini dibangun di Michigan, Amerika Serikat dan diperkenalkan ke khalayak umum pada tahun 1964 di New York, Amerika Serikat. Berikut beberapa hal menarik tentang mobil ini.

  • Teruji Keandalannya

Mobil ini sudah sangat teruji keandalannya di beberapa event balapan mobil, seperti balap NASCAR, 24 Hours of Daytona, FIA GT3 European Championship, dan banyak lagi lainnya.

  • Tiga Model Bodi pada Generasi Pertama

Ford Mustang versi pertama memiliki tiga model bodi, yaitu 2 pintu hardtop, 2 pintu fastback, dan 2 pintu convertible.

Mustang versi pertama dibangun pada wheelbase 2.700 mm dengan panjang 4.610 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.300 mm,  dan berat 1.109 kg.

Sang Kuda Poni ini dibekali mesin Thriftpower 6 silinder segaris berkapasitas 2.8 liter yang dipadukan dengan transmisi 3 percepatan.

  • Ciri Khas Sangar, Gagah, dan Maskulin

Sejak pertama hingga sekarang, sudah banyak sekali mendapat sentuhan, baik bentuk bodi, aerodinamika, warna, maupun performa mesin serta fitur-fitur canggih. Akan tetapi, ciri khas yang tidak berubah adalah kesan sangar, gagah, dan sangat maskulin. Prinsip mobil sport bertenaga dan sangar memang sangat kental.

Viral :   Lakukan Cara Ini ! Agar Suspensi Mobil Menjadi Empuk

Spesifikasi Ford Mustang GT

Mustang tumbuh dan berkembang dengan berbagai model mulai dari tahun 1971 sampai dengan tahun 1973. Namun, pada tahun 1974. Ford memutuskan untuk kembali ke ukuran dan konsep asli dari Ford Mustang.

  • Dimensi

Saat ini, mobil ini juga semakin terlihat sporty dengan dimensi 4.789 mm (panjang) x 2.097 mm (lebar) x 1.382 mm (tinggi) disertai wheelbase 2720 mm.

  • Eksterior dan Interior

Untuk sistem penerangan, mobil ini sudah menggunakan teknologi LED, yang diterapkan pada lampu utama maupun lampu di bagian belakang.

Interiornya memadukan karakter retro dan modern yang sangat menyatu. Sentuhan bahan soft-touch ditambahkan pada dashboard.

Semua tombol pengaturan terdapat di konsol tengah, juga dipadukan dengan layar infotainment Ford SYNC berukuran 8 inci. Juga terdapat instrument cluster yang menggunakan layar 21 inci.

Mobil yang hanya berkapasitas 2 orang ini menggunakan jok dari Recaro racing dari bahan kulit yang sangat berkualitas dan sangat lembut. Pengaturan jok dilakukan secara elektrik dan memiliki memori yang bisa menyimpan beberapa setting jok.

Bagasi mobil sekilas dari luar terlihat kecil, tetapi di balik pintu bagasi, tersimpan ruang seluas 408 liter.

  • Fitur-Fitur
Viral :   Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil Yang Harus Anda Ketahui!

Ford Mustang GT dilengkapi 3 fitur asistensi mode berkendara, yakni Drive Mode untuk mengatur respons mesin dan suspensi, Steering Feel untuk mengatur berat setir, dan Active Valve Performance Exhaust untuk mengatur tingkat kebisingan suara knalpot.

Ada juga fitur Pre-Collision Assist with Pedestrian Detection, Adaptive Cruise Control, Distance Alert, Lane Departure Warning, serta AdvanceTrac Electronic Stability Control. Lalu, ada Ford SYNC 3 yang menampilkan informasi climate control, audio, fitur mobil, hingga navigasi.

Pengoperasian sistem infotainment bisa melalui voice command, serta support Apple Carplay dan Android Auto.

  • Mesin

Mobil ini menggunakan mesin 5.0 liter V8, aluminium block and heads, twin independent variable camshaft timing DOHC, yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 444 dk dan torsi 529 Nm.

Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi terbaru 10-percepatan Select Shift Automatic beserta teknologi limited slip differential. Berdasarkan klaim Ford, mobil ini butuh 4.3 detik saja untuk melaju dari 0-100 km/jam dan memiliki topspeed 249 km/jam.

  • Pengereman

Sistem pengereman Ford Mustang GT untuk  bagian depan adalah 380 mm x 34 mm vented discs, Brembo six-piston 36 mm fixed aluminium calipers. Pada bagian belakang adalah 330 mm x 25 mm vented discs, single-piston 45 mm floating iron callipers, integral parking brake.