Kelebihan dan Kelemahan Karimun

Kelebihan dan Kelemahan Karimun Wagon R yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kelemahan Karimun Wagon R – Diproduksi sejak tahun 2013 silam, Suzuki Karimun Wagon R merupakan jenis city car yang merupakan generasi penerus Suzuki Karimun. Selain tergolong kendaraan Low Cost Green Car (LCGC), kendaraan ini juga memiliki beberapa keunggulan yang menarik. Namun, tentu saja sisi kelemahan mobil ini pun wajib diketahui.

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R

Peluncuran varian Wagon R ini sepertinya sudah diperhitungkan dengan cermat oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Mobil kompak ini dengan segera mendapatkan respons sangat positif dari pasar otomotif Indonesia karena seolah menjadi angin segar bagi para pencinta city car.

Pasalnya, Toyota Agya dan Brio yang memang menarik ternyata dibanderol dengan harga lumayan tinggi, di atas Rp100 juta. Bagi sebagian kalangan, harga tersebut terlalu tinggi untuk ukuran mobil sekelas Agya dan Brio. Suzuki Karimun tipe Wagon R ini mampu mengisi ceruk ini dengan menghadirkan mobil murah, tetapi berkualitas.

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh kendaraan ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Kabin Lebih Lega

Dengan bentuk boxy memanjang ke atas, bagian interior terasa lebih lega dengan konfigurasi tempat duduk yang vertikal, bukan horizontal. Anda tidak perlu khawatir mentok di bagian headroom dan legroom. Tentunya ini berbeda dengan kebanyakan city car saat ini yang mengusung bentuk hatchback.

  1. Plat Bodi Tebal

Apakah mobil murah artinya memiliki bodi ringkih sehingga terlalu berisiko ketika terjadi kecelakaan? Tampaknya hal tersebut tidak berlaku untuk Wagon R ini. Plat bodi kendaraan ini dibuat cukup tebal sehingga struktur bodi mobil lebih kuat.

Viral :   Mewahnya Ford Mustang Shelby GT 500 Signature Edition

Konsekuensinya memang bobot kendaraan menjadi cukup berat dibandingkan kompetitornya. Sebagai contoh, Suzuki Karimun Wagon R ini memiliki bobot 835 kilogram, sementara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla hanya berbobot 800 kilogram.

  1. Mesin dari Aluminium

Mesin K10B engine pada kendaraan ini terbuat dari aluminium sehingga tidak menambah bobot kendaraan terlalu besar. Tenaga yang dihasilkan dari mesin 3 silinder dengan teknologi injeksi adalah maksimal 80 Ps dan torsi 90 Nm.

Yang tak kalah menarik, sebagai kendaran LCGC, emisi gas buangannya juga rendah, yaitu 109 g/km. Akan tetapi, untuk mempertahankan performa mesin, Anda memang harus selalu menggunakan Pertamax ketika melakukan pengisian BBM.

  1. Under Seat Tray

Di antara sedikit kendaraan yang menyematkan under seat tray, Suzuki Karimun tipe Wagon R inilah salah satunya. Fitur ini membuat barang bawaan bisa diatur penempatannya sehingga kabin menjadi lebih rapi.

  1. Gear Shift Indicator

Fitur ini akan membantu pengendara menentukan waktu yang paling pas untuk memindahkan gigi sehingga berkendara lebih efisien.

  1. Immobilizer

Mengantisipasi maraknya kasus curanmor di Indonesia, menyematkan key with immobilizer menjadi sangat penting dan tentunya menjadi selling point bagi kendaraan ini. Immobilizer sendiri merupakan teknologi penguncian dengan kode elektrikal yang terkoneksi langsung ke ECU sehingga mobil hanya bisa dinyalakan dengan kunci asli.

Viral :   Kenali Beberapa Penyebab RPM Mobil Karburator Tidak Stabil

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R

Berbagai keunggulan yang dimilikinya memang membuat Karimun tipe Wagon R menarik. Namun, jangan terburu-buru, Anda pun wajib mengetahui sisi kelemahannya.

  1. Desain Tidak Up to Date

Harus diakui, dengan bertebarannya mobil-mobil terbaru dengan desain yang modern dan menawan, seperti misalnya hatchback, Karimun tipe Wagon R ini memang tidak terlalu  menarik. Bentuknya yang boxy tanpa lekukan tajam memang membuat mobil ini tampak terlalu kaku sehingga berkesan jadul.

  1. Fitur Belum Lengkap

Lagi-lagi, dibandingkan dengan kompetitornya, fitur kendaraan ini masih kalah. Sebut saja lampu utama yang belum menggunakan teknologi LED dan DRL.

3. Desain Interior Seadanya

Pengaturan AC yang masih menggunakan knob, belum adanya audio control steering switch, head unit yang masih single din, dan spion non elektrik membuat kendaraan ini memang sulit menyaingi para pesaingnya.

Kekurangan yang dimiliki kendaraan ini sejatinya merupakan konsekuensi mobil dengan harga murah. Jadi, bagi Anda yang tidak terlalu memusingkan soal tampilan luar dan merasa cukup dengan fitur standar, Suzuki Karimun Wagon R ini sudah cukup memadai. Itulah tadi Kelebihan dan Kelemahan Karimun Wagon R yang telah kai rangkum. Semoga bermanfaat:)