Apa Itu Pedal Box Mobil? Ini Dia Ulasannya

Penggemar otomotif khususnya mobil balap tentu begitu familiar dengan ragam aksesoris dan komponen untuk jenis kendaraan ini. Salah satunya adalah pedal box mobil. Banyak sekali elemen pengereman yang dibutuhkan dalam sebuah kendaraan balap, termasuk salah satunya pedal box tersebut.

Tentu saja fungsinya memiliki peran tersendiri dalam hal memacu kendaraan. Pedal box ini dirancang untuk keperluan balap agar peforma kendaraan saat meluncur semakin maksimal. Agar lebih mudah memahami apa itu pedal box pada mobil, berikut ini ulasan selengkapnya.

Pengertian dan Fungsi Pedal Box Mobil

Mobil yang biasa memacu di arena balap memang memerlukan komponennya tersendiri. Tentu saja untuk pedal box ini hadir dengan peran khusus untuk memaksimalkan laju kendaraan. Ini dia pengertian pedal box selengkapnya yang dapat Anda ketahui.

  1. Digunakan untuk Pacuan Rally

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pedal box mobil merupakan perangkat yang biasanya digunakan untuk mobil-mobil balap. Perangkat ini merupakan sebuah komponen pengereman yang dirancang untuk keperluan khusus.

Biasanya penggunaan dari komponen ini memang khusus untuk mobil yang bukan pemakaian pribadi. Tujuannya agar proses pengereman menjadi lebih mudah ketika sedang berpacu di arena tanding.

  1. Sistem Kerja Pedal Box Mobil

Tentu saja Anda penasaran bagaimana sistem kerja dari pedal box mobil ini. Untuk mobil pada umunya ketika sedang mengerem biasanya akan menginjak pedal secara lembut. Intinya Anda tidak harus bersusah payah menggunakan tenaga ketika mengurangi laju kendaraan.

Viral :   Aneka Upgrade Menarik dari Lexus Lc 500

Hal ini disebabkan karena sistem pengereman modern sudah menggunakan fungsi hidrolik. Sistem pengereman tersebut dibantu dengan perangkat yang bernama Booster. Booster inilah yang membuat proses me-ngerem menjadi lebih sederhana.

Bedanya dengan pacuan balap, saat menggunakan pedal box memang lebih maksimal menggunakan tenaga. Hal ini dikarenakan saat balapan berlangsung deselerasi mobil diperlukan. Tujuan dari penggunaan komponen ini agar pembalap tetap memiliki feeling ketika mengoperasikan kendaraannya.

Pedal box nantinya akan meneruskan daya pengereman persis ke semua roda. Tentu saja hal ini akan memudahkan aktivitas tersebut. Selain itu, sistem rem yang tepat juga membuat pembalap terminimalisir dari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

  1. Kelebihan Pedal Box Mobil

Bisa diartikan bahwa komponen satu ini menawarkan kelebihan tersendiri dalam memacu kendaraan. Set-up distribusi rem depan dan belakang begitu berperan dalam pacuan mobil. Hal ini begitu dibutuhkan oleh pembalap. Bayangkan tanpa koordinasi apik tersebut, tentu saja laju mobil sulit terkontrol.

Tidak hanya jago dalam urusan memacu kendaraan, pengereman juga harus diperhatikan. Bagaimana mungkin sebuah mobil melaju secara cepat tanpa adanya dukungan penuh untuk sistem rem. Hal inilah yang menjadi peran utama dari pedal box ini.

Viral :   Jenis-jenis Mobil Offroad, Triton Salah Satunya

Pada pacuan balap sistem remnya memang tanpa booster sehingga memerlukan pedal box. Hal ini muncul pertanyaan bahwa pada kendaraan balap tidak safety. Tentu saja tidak seperti itu.

Untuk mobil balap daya pengeremannya ada pada kampas dan cakram. Tentu saja adanya pedal box ini sangat membantu untuk memaksimalkan kedua daya pengereman tersebut.

  1. Throttle Pada Pedal Box

Salah satu hal yang berhubungan dengan komponen satu ini adalah Throttle. Pedal box ada kaitannya dengan Throttle. Pemasangan fitur ini harus terhubung ke throttle terlebih dahulu sebelum menuju sistem soket. Soket dari modul kemudian dipasang pada pedal kemudian dihubungkan dengan power.

Setelah pemasangan, data input mengenai tunggangan akan terhubungkan. Hal ini membuat setting awal memang lebih sulit. Dengan menghubungkannya dengan bagian tersebut, tentu saja penggunaan pedal akan lebih mudah.

Tentu saja pedal box mobil ini hadir dengan ragam fungsi yang memudahkan pengguna. Pastikan mencarinya di tempat yang terstandar dan memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.