Spesifikasi Mobil Land Cruiser Prado Asal Jepang

Mobil Toyota Land Cruiser Prado terkenal di Tanah Air setelah terlihat dipakai oleh Bupati Pandeglang dan Menkopolhukan Wiranto. Mobil mewah ini tidak masuk pasar Indonesia.

Untuk mendapatkannya, mobil harus diimpor dari Australia. Jika dikonversi ke rupiah, harga diperkirakan sekitar Rp900 jutaan dan akan lebih mahal lagi setelah berhasil masuk dalam negeri.

Spesifikasi Land Cruiser Prado

Mobil SUV satu ini memakai mesin diesel 4 silinder berkapasitas 2.8 liter. Tenaga yang dihasilkan mencapai 150 kW dengan torsi maksimum 500 Nm. Mobil Prado memakai sistem penggerak 4WD dan transmisi otomatis 6 percepatan. Mesin spesifikasi ini cukup mendukung untuk dibawa ke medan berat.

Tak heran, mobil ini memang didesain bisa dikendarai di jalanan perkotaan dan off road. Fitur-fitur untuk perjalanan medan berat yang sudah dipasang di mobil ini antara lain road crawl control, multi terrain select, multi terrain monitor, dan panoramic view monitor.

Land Cruiser Prado memiliki panjang 4995 mm, lebar 1885 mm, dan tinggi 1890 mm. Tinggi ground clearance sebesar 219 mm dengan besar ran yang dipakai berdiameter 17-18 inci. Mobil ini juga dilengkapi 2 buah tangki masing-masing berukuran 87 liter dan 63 liter dengan total kapasitas 150 liter.

Interior mobil memiliki kabin yang luas. Ada 5-7 kursi yang tersedia tergantung serinya. Dashboard mobil didesain klasik dengan Head Unit Display (HUD) layar sentuh berukuran 9 inci. Juga layar DVD player di bangku penumpang belakang. Speaker dalam mobil juga bisa mencapai 14 buah bermerek JBL.

Viral :   Ini Dia Pilihan Harga Mobil Bekas Dibawah 100 Juta

DI HUD ada jack RCA, HDMI, dan headphone nirkabel. Untuk HUD bisa terkoneksi dengan Apple Car Play dan Android Auto. Selain itu, ada juga fitur navigasi, pemutaran MP3 dan USB Input. Sebagai mobil keluarga, fitur-fitur ini sudah termasuk mewah

Di bagian belakang mobil ada bagasi yang luas sebesar 16,1 kaki kubik. Bila kursi belakang dilipat, ruangnya menjadi sebesar 81,7 kaki kubik. Di atap mobil ada sunroof dan lampu-lampu mobil menggunakan lampu LED.

Untuk membantu pengemudi saat berkendara, disediakan berbagai fitur pendukung seperti Pre-Collision Safety System with Pedestrian Detection, Cyclist Detection, High Speed Active Cruise Control (ACC), Lane Departure Alert (LDA), Auto High Beam (AHB), dan Road Sign Assist (RSA).

Ada pula Active Traction Control (A-TRC), Downhill Assistant Control (DAC), dan Hill-start Assist Control (HAC).

Ada 4 varian Prado, antara lain Prado GX, Prado GXL, Prado VX, Prado Kakadu. Karena tidak dijual di Indonesia, jadi harganya diperkirakan mencapai 2 miliaran rupiah untuk varian termahalnya Prado Kakadu. Bila ingin membeli dan diimpor dari Australia, harga akan melonjak lebih tinggi sebelum mencapai garasi rumah Anda.

Viral :   Deretan Harga Mobil BMW Indonesia Terbaru

Land Cruiser yang Dijual di Indonesia

Tidak memasok Land Cruiser Prado dalam negeri, Toyota sebenarnya sudah meluncurkan seri Land Cruiser. Modelnya juga mobil SUV yang bisa dipakai off road. Harga yang dipatok sebesar Rp2,21 miliar dan Rp2,55 miliar untuk 2 varian mobil. Harga ini adalah harga referensi OTR Jakarta Bulan Februari 2021.

Mesin yang dipakai adalah mesin turbodiesel 8 silinder berkapasitas 4461 cc dengan tenaga terbesar mencapai 235 ps dan torsi 616 Nm. Transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis dengan 6 percepatan.

Fitur-fiturnya termasuk automatic climate control, power steering, on board computer, cruise control, HUD dengan berbagai fitur hiburan dan koneksi gawai, sun roof, side stepper, dan lain-lain.

Untuk urusan keamanan, Land Cruiser dilengkapi dengan airbag, Anti-lock Braking System, Brake Assist, Vehicle Stability Control System, crash sensor, front impact beam, side impact beam, dan lain-lain.

Di pasar Indonesia, Toyota Land Cruiser Prado bersaing dengan jajaran mobil off road. Contohnya seperti Porsche Macan, Land Rover Discovery, Land Rover Range Rover Velar, Jeep Wrangler, dan Audi Q8