Mitsubishi Eclipse Cross

Menimbang Mobil SUV Mitsubishi Eclipse Cross

Pada 18-28 Juli 2019,  mobil Mitsubishi Eclipse Cross pertama kali diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Tangerang, Banten. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) ini dikeluarkan di Indonesia oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yusha Sales Indinesia (MMKSI).

Spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross

Nama Eclipse sendiri artinya gerhana, sedangkan nama Cross berasal dari crossover. Berdasarkan nama yang kental dengan fenomena astronomi ini, desain mobil sarat dengan garis-garis coupe yang tajam dan dinamis. Di bawah ini spesifikasi lengkap mobil bermodel hatchback keluaran Mitsubishi ini.

  • Mesin

Eclipse Cross pertama kali diperkenalkan di dunia lewat Genava Motor Show Maret 2017. Mobil ini menggunakan mesin turbocharged berkapasitas 1.500 cc dengan 4 silinder. Tenaga yang dipacu bisa mencapai 150 ps dengan torsi maksimum 250 Nm.

Transmisi yang digunakan adalah CVT dengan 8 percepatan. Disediakan juga sport mode dalam mobil SUV ini. Bahan bakar bensin disimpan dalam tangki berukuran 63 liter.

Untuk memudahkan kendali mobil, Mitsubishi menyediakan electric power steering. Fitur membantu berkendara lain ada paddle shift, keyless operation system, dan electric parking brake with brake auto hold.

  • Dimensi

Ukuran dimensi mobil Eclipse Cross sebesar 4404mm x 1805 mm x 1689 mm. Mobil hatchback ini memiliki tinggi ground clearance sebesar 183 mm. Karena cukup tinggi, ban yang digunakan pun berukuran 225/55 R18. Kapasitas penumpang yang tersedia ada 5 kursi.

  • Desain

Desain Mitsubishi Eclipse Cross memakai konsep Built to Impress. Desain wajahnya memakai desain dynamic shield, sama seperti mobil Xpander, Pajero Sport, New Triton, dan Outlander PHEV. Lampu depan memakai Projector LED Headlamp.

Viral :   4 Daftar Mobil Listrik Indonesia yang dapat Dijadikan Pilihan

Eksterior belakang mobil diberi Shark Fin Antenna dan desain Tailgate Window dengan gaya coupe. Kaca belakang terbagi menjadi 2 dengan desain yang tidak memengaruhi pandangan pengendara.

Interior kabin didesain luas dengan legroom luas hingga 200 mm dan head room. Ruang bagasi juga bisa diperluas dengan melipat kursi belakang. Di atap ada fitur power panoramic sunroof dan double sunroof yang dapat dibuka keluar dan dioperasikan terpisah tiap shade.

  • Keselamatan

Untuk fitur keselamatan, Mitsubishi menyediakan fitur yang lengkap. Ada total 7 buah airbag di kursi depan dan belakang dalam mobil dan fitur forward collision mitigation system. Sistem ini berfungsi mencegah benturan depan serta mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki di belakang lewat kamera dan radar laser.

Fitur Active Yaw Control berfungsi mengoptimalkan kekuatan rem bahkan di jalanan licin dan basah. Selain fitur-fitur itu, ada blind spot warning, child safety lock, crash sensor, rear cross traffic alert, adaptive cruise control, hill start assist, vehicle stability control system, dan lain-lain.

  • Keamanan

Untuk keamanan, ada fitur central locking, anti-theft device, anti-theft alarm, dan engine immobilizer. Kelengkapan fitur keselamatan dan keamanan Mitsubishi Eclipse Cross sudah teruji dan mendapatkan skor Keamanan Bintang 5 dari ASEAN NCAP tahun 2018.

  • Entertainment Mitsubishi

Dari segi hiburan, Mitsubishi juga menyediakan head unit display (HUD). Di sini Anda bisa menggunakan multi information display untuk melihat informasi berkendara, seperti kecepatan, RPM, dan lain-lain.

Viral :   Mobil Sedan Mewah Khusus Sultan Maybach Exelero

Ada juga touchpad controller yang memudahkan mengatur Smartphone-Link Display Audio cukup dengan sentuhan jari di touchpad samping tuas transmisi. Sederhananya, fungsi touchpad ini seperti mouse pad komputer. Dalam HUD juga bisa memutar radio dan dihubungkan dengan Bluetooth, AUX, USB Port, dan lain-lain.

Kendaraan ini bersaing dengan Toyota CHR, Honda CRV, Honda HRV, Toyota CHR Hybrid, dan Mazda CX 5 di jajaran pasar mobil SUV dalam negeri. Anda bisa memilih 3 warna mobil, antara lain Black, White, dan Red.

Harga Mitsubishi Eclipse Cross

Harga yang ditawarkan untuk Mitsubishi Eclipse Cross pada bulan Februari 2021 di wilayah penjualan Jakarta sebesar Rp489 juta. Bila Anda mencari mobil SUV untuk keluarga dengan desain yang dinamis dan keamanan yang terjamin, mobil keluaran tahun 2019 di Indonesia ini bisa menjadi pilihan menarik.