Intip Kehebatan Supercar Hennessey Venom GT

Tahun 2017 menjadi tahun yang fenomenal bagi Hennessey, perusahaan otomotif yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Pada tahun tersebut, mereka sukses menciptakan Hennessey Venom GT Spyder yang dinobatkan sebagai mobil tercepat di dunia pada waktu itu.

Apa saja kehebatan yang ada pada kendaraan ini? Tuntaskan rasa penasaran Anda dengan membaca ulasan di bawah ini dan bersiaplah untuk berdecak kagum.

Kehebatan Supercar Hennessey Venom GT

Saat ini, Venom GT memang tidak lagi memegang gelar sebagai mobil tercepat di dunia. Namun, kehadirannya tiga tahun yang lalu cukup fenomenal.

Diciptakan untuk merayakan ulang tahun Hennessey Performance Engineering yang ke-25, mobil ini jelas memiliki spesifikasi dan keunggulan teknis yang tidak main-main. Berikut ulasannya.

  • Desain Sporty nan Menawan

Perpaduan garis tegas yang sporty dan desain yang menawan menghasilkan tampilan eksterior yang indah. Garis yang tajam dan lekukan tubuh Venom GT khas mobil mewah yang sporty dan ekstrem memang sekilas tampak seperti desain mobil-mobil sport dari Lotus. Bukan hal aneh karena Venom GT mengadopsi desain Lotus Elise.

  • Dapur Pacu yang Garang

Supercar ini dibekali mesin V8 7.0 liter twin turbo dengan kode LS9 dengan kapasitas hingga 6.200cc. Hennessey Venom GT ini dilengkapi dengan supercharge yang dipadukan dengan transmisi manual enam percepatan dari Ricardo.

Viral :   Sebelum Membeli, Simak 4 Daftar Harga Mobil Listrik Ini

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga luar biasa, yakni hingga 725 hp dengan torsi 741 lb-ft yang dikirim ke roda belakang. Pada versi turbonya, bahkan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai angka fantastis, 1.000 sampai 1.200 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 1.564 Nm pada 4.400 rpm.

Guna mendukung spesifikasi kinerja yang tinggi ini, roda Venom GT dibangun dengan basis Lotus Exige yang dibalut ban Michelin Pilot Super Sport.

  • Kecepatan Tak Tertandingi

Pada tahun 2017, kejayaan Bugatti Veyron 16.4 Super Sport sebagai mobil tercepat di kolong langit akhirnya runtuh dengan kehadiran supercar Venom GT.

Jika Bugatti hanya mampu membukukan kecepatan sekitar 431 km/jam, Venom GT mampu melesat dengan sedikit di atasnya, tepatnya 435 km/jam. Sebuah catatan rekor kecepatan yang tidak main-main.

Rekor tersebut berhasil dicatatkan oleh Venom GT pada saat dilakukan uji coba di Kennedy Space Center, Cape Canveral, Florida, Amerika Serikat.

Mobil berbobot 1.244 kg ini mampu berlari dengan kecepatan 0-96 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik, 0-16 km/jam dalam waktu 5,6 detik, dan hanya memerlukan 14,51 detik untuk menempuh 0-322 km/jam.

Untuk mengimbangi tenaga dan kecepatan supernya, mobil ini dilengkapi sistem pengereman berbahan keramik karbon Brembo dengan enam piston di bagian kaliper depan dan empat piston pada kaliper belakang. Ditambah dengan cakram depan berukuran 19 inci dan cakram belakang berukuran 20 inci.

Viral :   Berikut 5 Merek Mobil Mewah Di Dunia

Mengingat kecepatan yang tidak biasa, para pemilik Hennessey Venom GT wajib menjalani latihan untuk mengendarainya lebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar mereka tidak menabrakkan supercar ini ke tembok jalanan.

  • Harga Fantastis

Dengan catatan prestasinya di landasan pacu, Hennessey pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan meluncurkan edisi langka. Untuk Venom GT World Record Edition ini, Hennessey mematok harga fantastis, yaitu US$1,4 juta atau setara  dengan lebih dari Rp18 miliar. Patut dicatat juga, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 3 unit.

Mobil-Mobil “Setan Jalanan” Lain dari Hennessey

Hennessey Performance Engineering (HPE) memang berfokus pada upgrade kendaraan sehingga memiliki performa dan kecepatan yang tinggi. Selain Venom GT, ada beberapa kendaraan lain yang diupgrade hingga menjelma menjadi setan jalanan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Hennessey McLaren MP4-12C HPE 700
  • Ferrari 458 Spider Hennessey HPE 700 Twin Turbo
  • Hennessey Velocraptor 6X6
  • Hennessey Venom F5

Untuk mobil-mobil dengan kecepatan super di atas, beberapa di antaranya dibanderol dengan harga di atas Hennessey Venom GT, yaitu bisa mencapai US$1,6 juta atau sekitar Rp22,4 miliar!