Mewahnya Ford Mustang Shelby GT 500 Signature Edition

Mobil-mobil buatan Ford terkenal dengan kekekarannya, termasuk Ford Mustang Shelby GT 500. Popularitas mobil mewah ini di Amerika Serikat tak diragukan lagi bahkan kehadirannya cukup fenomenal, apalagi kendaraan ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.

Ford Mustang Shelby GT 500 Signature Edition Super Snake pada dasarnya adalah Ford ShelbyGT 500 yang diproduksi tahun 2014, tetapi mengalami perubahan yang bervariasi pada semua bagian kendaraan. Apa saja perubahan yang membawa aroma kemewahan yang begitu kental pada mobil edisi terbatas ini?

Perubahan pada Ford Mustang Shelby GT 500 Signature Edition

Memiliki kendaraan yang diproduksi secara eksklusif dalam jumlah sangat terbatas menjadi prestise terendiri bagi setiap pemiliknya. Namun, bukan hanya label limited edtition atau yang oleh Ford disebut Signature Edition saja yang kendaraan ini menjadi incaran, melainkan perubahan yang disematkan dibandingkan edisi standarnya.

Perubahan itu nyaris diaplikasikan pada setiap bagian, mulai dari eksteriof, interior, hingga dapur pacunya yang membuat kendaraan ini hadir dengan segala kemewahan. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Perubahan pada Bagian Eksterior

Perubahan pertama yang langsung terlihat berbeda dari edisi standarnya adalah adanya striping khusus, logo yang berbeda, velg weld yang memiliki warna dop, serta tentu saja identitas mobil sebagai Signature Edition yang eksklusif.

  • Perubahan pada Bagian Eksterior
Viral :   Model Lamborghini Centenario Wujud Cinta Kepada Sang Pendiri

Masuk ke kabin, lagi-lagi akan dijumpai lambang Signature Edition. Kali ini, lambang yang akan membuat bangga pemilikinya tersemat dengan elegan di bagian karpet mobil.

Tak hanya itu, terdapat juga simbol yang memorable dari pencipta Ford Selby, yaitu Carrol Shelby sebagai pendiri awal (founding father) yang dapat dilihat pada bagian kemudi setir.

  • Perubahan pada Bagian Mesin

Bagi mereka yang menomorsatukan performa kendaraan, perubahan pada dapur pacu di bawah kap mobil inilah yang tampaknya akan menjadi hal yang paling penting. Ford Mustang Shelby GT 500 Signature Edition menggunakan mesin V8 dengan kapasitas 5.8 liter (sebelumnya hanya 5.4 liter).

Mesin ini diklaim sebagai yang paling bertenaga di dunia.

Belum cukup, mesin juga dipadukan dengan super charger Kenne Bell sehingga mampu menghasilkan tenaga yang tak main-main, yaitu maksimal hingga 850 hp dan torsi 855 Nm, alias lebih besar 100 hp jika dibandingkan versi standarnya.

Seluruh sumber tenaga pun tak urung mengalami perubahan juga, mulai dari block mesin, camshaft, silinder head, penggunaan bahan karbon pada driveshaft, sampai ke sistem transmisi yang lebih mumpuni. Jadi, meski bertenaga besar, bobot kendaraan bisa dijaga tetap ringan.

Viral :   Mitsubishi Colt Diesel FE 71 Unggulan untuk Berbagai Proyek

Di samping itu, ditanamkan juga sistem pendingin baru yang lebih baik, berupa radiator dengan heat exchange, tangki pendingin dari bahan aluminium, kipas pendingin yang lebih besar, dan saluran pompa intercooler yang juga lebih besar.

  • Perubahan pada Sistem Transmisi dan Rem

Sistem transmisi manual enam percepatan mengalami revisi ulang sehingga torsi yang dihasilkan lebih besar. Terdapat juga fitur baru, yaitu Launch Control System dan sistem rem dari Brembo.

Harga Ford Signature Edition

Dengan semua kemewahan yang ditawarkan, bisakah Anda menebak berapa harga mobil yang hanya diproduksi sebanyak 50 unit di dunia ini? Mungkin Anda akan terkejut karena ternyata, harganya tidak setinggi mobil-mobil mewa pada umumnya.

Dalam mata uang dolar, kendaraan ini dibanderol seharga US$44.995 atau sekitar Rp560 juta saja. Tapi, tunggu dulu, angka tersebut hanya untuk harga kendaraannya saja, belum termasuk pajak barang mewah untuk kategori mesin di atas 5.000 cc.

Jika ditambahkan dengan biaya-biaya tersebut, harga Ford Mustang Shelby GT 500 Signature Edition ini membengkak menjadi Rp1,48  miliar, harga yang wajar untuk kelas kendaraan mewah.