Model-model Land Rover Discovery Series 1 hingga 5

Land Rover pertama kali memperkenalkan seri Discovery pada tahun 1989. Seri ini menjual mobil SUV off road keluarga di Eropa. Namun seiring perkembangannya, mobil ini malah menjadi simbol kekayaan. Hingga saat ini sudah ada 5 seri Land Rover Discovery dalam 3 generasi yang dijual.

Desain awal kendaraan ini didasarkan pada Range Rover. Berikut adalah keterangan lengkapnya.

Sejarah Land Rover Discovery Seri Pertama hingga Kelima

Saat ini, Land Rover yang dijual adalah mobil SUV seri kelima generasi ketiga. Tiap seri memiliki spesifikasi mesin dan transmisi yang berbeda.

  1. Discovery Series 1

Seri ini adalah seri pertama generasi pertama Discovery. Tahun penjualannya dari 1989 hingga 1998. Ada dua desain mobil yang jual, 5 pintu dan 3 pintu. Keduanya tidak berbeda banyak, bahkan jumlah penumpangnya sama. Mobil berpintu 3 dijual hanya untuk menghindari bersaing dengan Range Rover yang lebih mahal.

Pada 1990, Land Rover mengembangkan mobil sendiri dari tahap prototype. Di sinilah diperkenalkan nama Project Jay. Mulai ada perbedaan antara desain 3 pintu dan 5 pintu. Dengan jumlah kursi yang sama, perbedaannya terletak di jumlah baris yang lebih banyak di model 5 pintu.

Spesifikasi mesin yang dijual terbagi menjadi mesin petrol dan mesin diesel. Kapasitas mesin petrol ada 2.0L, 3.5L, 3.9L, dan 4.0L, sedangkan mesin diesel diberi kapasitas 2,5L. Transmisi yang dipasang ada transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

  1. Discovery Series 2
Viral :   Seluk-Beluk Ford Mustang GT, Sedan Sport Terlaris di Dunia

Discovery seri 2 masih termasuk generasi pertama dan dijual dari tahun 1998 hingga 2004. Dari seri ini, Land Rover Discover mulai dijual sebagai mobil dalam kota.

Desain interior diubah lebih nyaman dan cocok untuk pemakaian sehari-hari. Penambahan bagian belakang mobil dilakukan untuk meluaskan ruang, tetapi ternyata memengaruhi stabilitas di jalan off road.

Desain tetap terbagi menjadi mesin petrol kapasitas 4.0L dan 4.6L, serta mesin diesel 2.5L. Transmisi juga terbagi menjadi transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

  1. Discovery 3

Seri ini sudah termasuk generasi kedua Land Rover Discovery. Dijual tahun 2004 sampai 2009, mobil ini mulai masuk pasar Amerika dan dijual dengan kode LR3.

Seri ini diperkenalkan dengan desain mobil yang bisa menaik-turunkan ground clearance meski dipertanyakan ketahanannya. Mobil ini akhirnya memunculkan kekecewaan di pasar yang sebelumnya sudah sangat menantikannya.

Mobil ini menggunakan varian mesin petrol 4.0L dan 4.4L serta mesin diesel 2.7L. Mobil ini memakai jenis transmisi otomatis 6 percepatan dan manual 6 percepatan.

  1. Discovery 4

Seri kedua generasi kedua Discovery adalah Discovery 4. Mobil-mobil yang dijual tahun 2009 hingga 2016 ini dijual di Amerika dengan kode LR4.

Viral :   Mengenal 7 Arti Kode Warna Sekring Mobil dan Cara Menggantinya

Diperkenalkan di New York Auto Show 2009, mobil pertamanya ditawarkan dengan keunggulan desain kelas atas. Kemudian, pada  2013, Discovery diluncurkan setelah Ford menjual brand Land Rover ke Tata Industries.

Land Rover Discovery pun mengalami banyak peningkatan dari mesin, transmisi, fitur, desain interior eksterior, dan lain-lain. Dalam seri Discovery ini juga ada mobil Sentinel yang antipeluru dan dipakai oleh Perdana Menteri Inggris.

Mesin yang digunakan di seri ini beragam, ada mesin petrol berkapasitas 3.0L dan 5.0L, serta diesel 3.0L dan 3.6L. Transmisi yang digunakan bervariasi, yaitu transmisi otomatis 6 percepatan dan 8 percepatan, transmisi manual 6 percepatan.

  1. Discovery/L462

Seri terakhir dan terbaru adalah Discovery/L462. Seri ini dijual dari tahun 2017 hingga sekarang dan termasuk dalam deretan generasi ketiga. Desain mobil diubah lagi dengan tujuan lebih aerodinamik, tetapi tetap terlihat mewah. Ban yang digunakan juga antara 19 hingga 22 inci.

Untuk fitur hiburan mobil, Land Rover Discovery ini tetap memakai beberapa peninggalan Ford Jaguar. Kapasitas penumpang tetap dipertahankan 7 orang. Pilihan mesin yang tersedia antara lain mesin petrol 2.0L, supercharged 3.0L, turbodiesel 2.0L, dan turbodiesel 3.0L dengan transmisi otomatis 8 percepatan.