Yang Baru dari Jaguar F Type 2020

Semenjak debut pada tahun 2013, Jaguar F Type terkenal sebagai salah satu sport car dengan model tercantik. Turunan dari E-Type ini memakai desain Jaguar abad 20. Pada akhir tahun 2019, F Type mengeluarkan model terbarunya F Type 2020.

Perbedaan utama mobil model terbaru ini ada pada facelift. Mobil sport satu ini bersaing dengan Aston Martin V8 Vantage, Mercedes-AMG GT, dan BMW Seri 8 di pasar mobil mewah.

Kendaraan ini memiliki keunggulan di desain facelift, kelengkapan fitur, dan mesin yang kuat. Sayangnya, di mobil ini tidak lagi dipakai transmisi manual.

Spesifikasi Jaguar F Type 2020

Untuk model terbarunya, Jaguar mengeluarkan 3 jenis mesin dengan 4 varian pacuan tenaga. Mesin pertama memiliki 4 silinder dan kapasitas 2 liter. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 295 hp dengan torsi maksimum 400 Nm.

Mesin kedua adalah mesin V6 berkapasitas silinder 3 liter. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 375 hp dan torsi 460 Nm. Mesin ketiga memiliki dua varian pacuan daya. Mesin ini adalah mesin V8 yang bisa menghasilkan tenaga dan torsi 444 hp/ 580 Nm serta 567 hp/ 700 Nm.

Keempat varian pacuan tenaga ini dibagi dalam 4 varian mobil. Dengan urutan tenaga terkecil (295 hp) hingga tenaga terbesar (567 hp), mobil-mobilnya diberi kode P300, P380, P450, dan P575. Semua mobil menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Viral :   Pedal Kopling Keras ? Lakukan Cara ini Untuk Mengatasinya

Khusus untuk supercar dengan mesin V6 dan V8, ada tersedia opsi all-wheel drive. Mobil bermesin V8 juga terpasang fitur Quite Start Function untuk meredam suara mesin. Mesin terkuat Jaguar F Type 2020 bisa memacu kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik.

Mobil Sport mewah ini memiliki ukuran dimensi 4.470 mm x 2.042 mm x 1.311 mm. Ban digunakan berukuran besar dengan diameter 20 inci. Ban ini menjadi salah satu penghias eksterior samping mobil.

Eksterior depan mobil mengalami perubahan paling besar. Grille front diubah menjadi lebih besar dan ditambahkan hexagonal mesh pattern. Aksen warnanya memakai noble chrome atau gloss black. Desain kap mobil juga diubah dan format air vent dibuat lebih horizontal mengikuti lekukan bonnet.

Desain lampu depan dibuat super-slim pixel led headlights yang bentuk lebih pipih. Ada pula desain khas Jaguar di LED DRL huruf J tepatnya di sisi bawah lampu utama. Terakhir, desain bumper memakai konsep J Aero Blade untuk mendukung airflow.

Eksterior belakang mobil mengikuti desain Jaguar F Type SVR yang menempatkan tailpipe di samping dan panel diffuser di tengah. Lampu belakang pun diganti dengan lampu led.

Viral :   Sudah Teruji ! Inilah Trik Cara Menghilangkan Bekas Noda Cover Mobil

Pada desain interior, dasbor masih sama dengan mobil sebelumnya, bahkan sampai ke informasi-informasi yang di speedometer. Perubahannya ada di area instrument cluster.

Area instrument cluster terhubung dengan head unit display (HUD) yang memakai sistem Touch Pro 10 dan bisa terkoneksi ke Apple Car Play dan Android Auto. Area instrument cluster memakai 12.3 inci reconfigurable HD TFT.

Tampilannya menempatkan Rev Counter di tengah layar dan grafis fitur infotainment dengan interface touch pro di sisi kiri kanan.

Ada pula berbagai macam fitur berkendara yang dipasang. Contohnya ada dynamic mode yang bisa mengatur tingkat kekakuan suspensi, tingkat akurasi electric power assisted steering, serta respons mesin dan transmisi.

Tersedia pula fitur Intelligent Driveline Dynamics (IDD), rear electronic active differential (EAD), Dynamic Stability Control, Jaguar Adaptive Dynamics, dan Torque Vectoring by Braking System. Semuanya dipasang Jaguar untuk memaksimalkan pengalaman berkendara.

Harga supercar Jaguar di sini mengacu pada harga penjualan di Inggris. Di negara beribu kota London, Jaguar F Type P300 dijual dengan harga £54,060 atau sekitar Rp997.5 juta. Harga ini adalah harga termurah. Untuk seri Jaguar P575 dengan mesin terkuat, harga dipatok di angka £97,280 atau sekitar Rp1.795 Miliar (harga termahal).