Spesifikasi Hatchback Ford Focus RS 2016-2018

Bila Anda penggemar teknik drifting, Ford Focus RS bisa menjadi salah satu mobil yang wajib dicobakan. Tidak seperti Audi RS3 dan Mercedes-Benz A45 AMG saingannya, mobil ini memiliki drift mode yang dikembangkan oleh Ford Performance. Dikeluarkan pada awal tahun 2016, Focus RS hanya bertahan dijual selama tahun hingga 2018.

Spesifikasi Ford Focus RS

Mesin dalam mobil Focus RS memiliki kapasitas silinder 2.3 liter dan mampu setidaknya menghasilkan tenaga hingga 315.6 dk dan torsi 446 Nm. Transmisi digunakan manual 6 percepatan. Mode drift mobil ini adalah berkat Ford All-Wheel Drive with Dynamic Torque Vectoring System.

Teknologi ini bisa membantu percepatan melebar hingga melebihi tekana gravitasi 1G saat di lintasan drift. Sistem ini juga membantu mengendalikan oversteer saat sedang drift. Direktur untuk Perd=forma Ford Dave Pericak di Jenewa Motor Show 2015 mengatakan Focus RS memang didedikasikan untuk mode drift.

Tak heran, drift mode menjadi salah satu dari 4 mode ForFocus RS selain mode Normal, sport, dan track. Pemilihan mode bisa dilakukan di tuas pemindah gigi. Pengaturannya termasuk sistem AWD, pengontrol damper, kemudi, EBS, Mesin dan suara knalpot.

Untuk mode drift, pengaturannya performanya dititikberatkan di sistem AWD untuk mendistribusikan torsi. Drifting di mode drift akan mendapat bantuan oversteer dari sistem ESC. Jika ingin mencoba di mode manual, matikan sistem ESC dan rasakan drift tanpa bantuan perhitungan komputer. Tentunya hal ini membutuhkan kemampuan ahli dari pengendara sendiri.

Viral :   Toyota Hilux Double Cabin, Harga dan Spesifikasi

Ukuran dimensi mobil Focus RS sebesar 4.390 mm x 1.823 mm x 1.472 mm. Berat kosong mobil sebesar 1.574 kg. Mobil ini memakai model hatchback dengan beberapa desain turunan khas pendahulunya. Focus RS dibuat lebih gagah dan sporty dengan aksen-aksen berwarna hitam.

Lampu depan mobil menggunakan High-Intensity Discharge (HID) yang dilengkapi dengan fitur autolamp untuk menyala dan mematikan secara otomatis. Di sisi samping, ada aksen hitam di sekeliling kaca dan ban berukuran 19 inci menambah kesan sporty mobil. Ada pula turning signal lamp di kedua kaca spion.

Aksen hitam juga ada di jendela belakang mobil. Rear spoiler di bagian atas mobil sengaja dibuat besar seperti di hypercar dan mobil balap F1. Lampu-lampu belakang didesain melebar hingga samping mobil.

Untuk fitur hiburan, Focus RS memiliki head unit display berukuran 8 inci. Layar ini dilengkapi swipe capability, CD player, radio, dan dua slot smarts charging USB port. Legroom dan headroom dalam mobil juga tidak kalah luas sehingga memberikan kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang.

Viral :   5 Mobil Chevrolet Impala yang Jadi Favorit di Indonesia

Untuk keselamatan, mobil hatchback ini diberi fitur 2 airbags di kursi depan, Advance Tranc with Electronic Stability Control, tire pressure monitoring system, rear camera, dan lain-lain. Ada juga fitur keamanan anti-theft system, remote keyless entry, dan perimeter alarm.

Secara keseluruhan, Ford Focus RS kelebihan dari sisi desain yang sporty dan fitur-fitur yang lengkap, baik dari hiburan, keamanan, maupun keselamatan. Mesin dan mode yang tersedia pun menjadi keunikan tersendiri mobil hatchback ini. Sayangnya mobil ini kalah populer dengan pesaingnya.

Ford Focus RS 2021 Berhenti Dikembangkan

Sebelumnya, Ford Focus pernah mengeluarkan kabar akan mengembangkan Ford Focus RS 2021. Sayangnya pada tahun 2020, perusahaan asal Amerika ini kembali mengumumkan pembatalannya. Hal ini disebabkan adanya permasalahan menyangkut regulasi di Eropa.

Di Eropa sudah berlaku regulasi yang mengatur emisi CO2 (karbon dioksida). Hal ini memaksa banyak perusahaan mobil termasuk Ford untuk mengembangkan mesin hybrid. Namun penjualan Ford yang tidak terlalu bagus menghambat pengembangan ini.

Selain itu, bila memakai mesin Hybrid, harga Focus RS akan melambung tinggi. Hal ini memberatkannya dalam persaingan dengan mobil kompetitor lain. Karenanya, Ford memutuskan untuk tidak melanjutkan pengembangan Focus RS 2021 dan seri Focus RS pun berhenti di tahun 2018.