Spesifikasi dan Harga Toyota FJ Cruiser Bekas Indonesia

Dari tahun 2014 hingga 2016, Toyota menjual FJ Cruiser dalam jajaran mobil SUV produksinya. Hingga diberhentikan produksinya pada tahun 2016, hanya ada satu varian yang dijual, yaitu Toyota FJ Cruiser 4.0L.

Mobil off road berdesain retro ini memiliki harga yang lebih mahal karena harus diimpor dari Uni Emirat Arab. Apalagi harus berurusan dengan berbagai sertifikat izin pemerintah untuk bisa masuk.

Spesifikasi Toyota FJ Cruiser

Mesin yang dipasang di FJ Cruiser adalah tipe mesin 26 katup berkapasitas 4.0L. Dengan ini, mobil off road bisa bergerak dengan tenaga pacuan 5.600 rpm dan torsi 4.400 rpm.

Sistem transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis 5 kecepatan. Sebagai mobil yang kuat di jalanan pedalaman, total kapasitas tangki pun disediakan mencapai 159 liter yang terbagi dalam tangki 72 liter dan tangki 87 liter.

Dari segi ukuran, dimensi FJ Cruiser sebesar 4.670 mm x 1.905 mm x 1.830 mm. Ukuran ban juga menggunakan ban berdiameter 17 inci. Sebagai langkah ramah lingkungan, mobil produksi Toyota ini memakai Performance Exhaust with Cat black yang memaksimalkan pembuangan emisi.

Mobil besar ini desain seperti mobil retro off road yang maskulin. Untuk membantu penumpang naik, ada side step yang disediakan di kedua sisi mobil. Lampu depan mobil menggunakan teknologi Daytime Running Lights (DRL) untuk membantu meminimalkan kecelakaan.

Viral :   Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis SST dalam Otomotif

Untuk menambah kesan maskulin dan retro, ada dua lampu sein yang besar serta balutan chrome pada front grille dan rear bumper.

Dari sisi interior mobil, Toyota FJ Cruiser memberikan fitur hiburan dan keamanan yang mumpuni. Ada Head Unit Display yang mencakup sistem navigasi, radio, CD & DVD player, serta koneksi AUX, USB, dan Bluetooth. Untuk memaksimalkan pengalaman, ada 8 speaker yang dipasang di setiap sisi kabin.

Untuk keamanan berkendara, Toyota memasang anti-lock braking system (ABS) guna membantu pengereman. Ada juga Vehicle Stability Control (VSC) dan A-TRAC yang membantu mobil stabil di jalanan licin. Masih ada banyak lagi fitur lainnya, seperti crawl control, cruise control, dan lain-lain.

Dari segi keselamatan, fitur yang ditambahkan juga tidak kalah banyak. Dua airbags disediakan di bangku depan yang akan keluar saat ada benturan. Rear parking sensors dan rear view camera akan menampilkan kondisi jalan di belakang mobil saat Anda memarkir mobil.

Toyota FJ Cruise pada masa penjualannya banyak diminati, terutama karena desain dan mesinnya. Dengan ukuran dan ban yang besar, mobil terlihat gagah dan macho. Mesinnya juga kuat dengan tangki berkapasitas besar membuatnya cocok dipakai di medan berat dan tetap maskulin di jalanan kota.

Viral :   Knalpot Bocor, Segera Bawa Bengkel Knalpot Mobil Terdekat

Berhenti Diproduksi

Pada Agustus 2016, produksi Toyota FJ Cruiser dinyatakan berhenti oleh perusahaan Toyota Australia. Sebelumnya, mobil off road ini sudah berhenti dijual di Amerika pada tahun 2014 lalu. Pada tahun 2016 itu, Australia, Eropa Timur, dan Timur Tengah pun mengambil keputusan yang sama.

Alasan utama keputusan ini karena penjualan yang makin lesu, baik di Timur Tengah maupun Australia. FJ Cruiser kalah bersaing dengan sesama mobil off road Jeep Jk Wrangler karena sulit di-upgrade dan dimodifikasi.

Selain itu, desain interior mobil juga dianggap menyulitkan penumpang bergerak leluasa, baik karena dashboard yang gemuk maupun ruang bangku belakang yang sempit.

Jarak pandang pun terbatas karena ada pilar yang mengganggu dan kaca depan yang kecil. Mesin yang dipakai pun dianggap boros dan tidak responsif, meskipun bertenaga.

Jadi, bila saat ini Anda ingin memiliki kendaraan ini di Indonesia, opsi satu-satunya adalah membeli mobil bekas. Harga yang ditawarkan pun beragam di seluruh Indonesia.

Bila Anda membeli Toyota FJ Cruiser dari penjual pribadi, harganya berkisar dari Rp107 juta hingga Rp1.385 miliar. Untuk harga penjualan dari dealer, harga dipatok dari Rp1,2 miliar hingga Rp1,475 miliar.