Tips Merawat Mobil Toyota Pick Up Agar Tetap Gesit

Toyota Pick Up merupakan kendaraan bak terbuka yang digunakan untuk kebutuhan niaga. Tidak heran jika kendaraan ini akan bekerja keras. Selain itu, sebagai mobil bak terbuka tentu akan sering terkena hujan atau panas. Melakukan perawatan juga penting agar kondisi kendaraan tetap terjaga. Tidak hanya bodinya, tetapi juga mesinnya.

Mobil yang terawat sudah pasti akan memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan yang hanya dipakai saja. Sebagai mobil angkutan barang, pick up umumnya memiliki durabilitas yang tahan lama saat dirawat dengan tepat.

Tipe Merawat Toyota Pick Up

Merawat mobil tidak hanya dapat dilakukan di rumah secara mandiri, Anda juga dapat membawanya ke bengkel. Jika tidak sempat mencuci sendiri, kendaraan dapat dibawa ke tempat pencucian mobil yang dapat menanganinya dengan professional.

  1. Hindari Air Sungai

Pick up adalah mobil niaga yang tidak hanya membawa barang dagangan saja, namun juga pasir ataupun bahan bangunan lainnya. Tidak sedikit konsumen yang mencucinya dengan menggunakan air sungai karena kemudahan mendapatkan dan tidak ribet.

Namun, penggunaan air sungai ini justru akan membuat mobil semakin terlihat kusam. Hal ini karena kandungan asamnya yang tinggi sehingga menggerus cat mobil. Jika terus menerus-tergerus, akibatnya cat mobil akan mengelupas.

Jika sudah mengelupas seperti ini, bodi mobil akan semakin cepat berkarat. Adanya karat pada bodi, akan menyebabkannya keropos sehingga dapat mengurangi jumlah muatan bak terbukanya.

  1. Sesuaikan Kapasitas Muatan
Viral :   Wajib Diketahui, 3 Penyebab Oli Mesin Cepat Berkurang

Pernahka Anda melihat mobil Pick Up dengan muatan yang terlalu tinggi atau berat? Pasti terlihat susah jalan, bukan? Untuk itu, hindarilah hal tersebut.

Membawa muatan yang terlalu berlebihan akan cepat menurunkan kinerja mesin dan komponen-komponen pendukung yang lainnya sehingga mengurangi umur mobil.

Umumnya, Toyota Pick Up mampu mengangkut barang maksimal 1.000 kg. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikanlah jumlah muatan yang akan diangkut dengan kendaraan tersebut. Dengan begini, mobil Anda tentunya akan bertahan lebih lama.

  1. Cek Rem dan Mesin

Sistem pengereman dan kinerja mesin merupakan dua hal penting yang ada pada mobil. Oleh karena itu, repot sekali jika rem ini terganggu kinerjanya. Terlebih beban yang dibawa mobil tidak sedikit.

Jadi, pastikan bahwa mesin dan rem mobil pick up Anda dapat berfungsi dengan baik. Sebaiknya tidak menunggu hingga rem dan mesin mengalami kerusakan karena umumnya perbaikan mobil pick up ini akan dapat merembet ke sistem lain.

Tips Mencuci Toyota Pick Up

Mencuci adalah hal penting untuk menjaga kebersihan mobil pick up Anda. Mengingat kendaraan ini dapat mengangkut berbagai macam barang maka kebersihan adalah hal yang penting.

Viral :   Mengenal Spesifikasi Sedan Sport Lancer Evo 9

Kesalahan umum yang sering terjadi pada mobil pick up adalah mencuci dengan air sungai dan muatan terlalu banyak. Untuk memuat barang yang banyak, pada dasarnya Anda dapat mengorganisirnya dengan baik.

Jika beban sering melebihi kapasitas, kinerja mesin mobil akan cepat menurun. Akibatnya, biaya perawatan yang dikeluarkan akan semakin besar. Untuk itu, memprioritaskan pengangkutan barang adalah hal yang penting.

Kesalahan umum kedua adalah cara mencuci yang tidak tepat sehingga menyebabkan tampilan semakin tidak menarik. Selain itu, hal itu juga bisa berdampak pada kerusakan bagian-bagiannya.

  • Gunakan Air dan Detergen yang Tepat

Air sungai yang asam dapat mempengaruhi penampilan hingga merusak bodi dan komponen penting mobil. Mobil adalah barang besi yang dapat keropos jika terkena asam.

Oleh karena itu, gunakanlah air PDAM ataupun air sumur yang bebas asam. Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan detergen khusus mobil dan hindari penggunaan shampoo rambut yang dapat merusak cat mobil.

  • Keringkan dengan Benar

Sesaat setelah selesai mencuci, sebaiknya mobil Toyota Pick Up segera dikeringkan. Gunakanlah dua kain yang lembut untuk mengelapnya dua kali untuk memastikan bahwa mobil benar-benar kering. Sisa air ataupun sabun yang dibiarkan mengering sendiri akan berakibat sulit dihilangkan.