Spesifikasi Bugatti Chiron, Mobil Mewah Miliarder Dunia

Produsen mobil asal Perancis Bugatti mengeluarkan mobil penerus Veyron, Chiron, pada 1 Maret 2016. Tersedia hanya 500 unit di seluruh dunia, mobil ini tidak hanya menyandang gelar mobil termahal saat itu, tetapi juga mobil tercepat.

Pendahulu Chiron, Veyron sudah mencetak rekor kecepatan 429 km/jam. Chiron diklaim bisa mencapai kecepatan 420 km/jam di saat biasa dan 442 km/jam setelah melepas limiter/pembatas putaran mesinnya.

Chiron pertama kali ditampilkan di pameran motor Jenewa 2016. Nama Chiron sendiri berasal dari nama pembalap Monako, Louis Alexandre Chiron. Pembalap legendaris ini pernah memenangkan kejuaraan tahun 1920 hingga 1930-an dengan salah satu produk pabrikan mobil Perancis ini. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Bugatti Chiron

Untuk menyandang gelar mobil tercepat, Chiron memiliki mesin W16 8.0L. Kode W16 memiliki makna gabungan dua mesin V8. Mesin total 16 silinder ini bisa memacu tenaga hingga 1.500 tenaga kuda dengan torsi maksimum 1.600 Nm. Sistem transmisi yang dipakai adalah transmisi otomatis 7 percepatan.

Dengan ini, tak heran akselerasi umumnya saja bisa mencapai angka 420 km/jam. Bahkan untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari 0 km/jam, hanya dibutuhkan waktu 2,5 detik. Untuk bisa menghentikan hypercar ini, Chiron dibekali rem carbon silicon carbide dengan 8 piston di roda depan dan rem angin di roda belakang.

Viral :   Marcedes Benz E-Class E400 AMG yang Didesain Sporty

Kabin mobil mahal ini hanya cukup memuat 2 penumpang dengan 2 pintu di tiap sisinya. Ukuran dimensi mobil adalah 4.544 mm x 1.038 mm x 1.212 mm. Berat kosongnya hanya 1.995.8 kg dengan bahan mobil karbon fiber.

Bahan karbon fiber ini umumnya ditemukan di mobil balam (LMP1) dan memang bertujuan untuk menjaga berat mobil tetap ringan. Airbag burst berlapis karbon di Chiron dikalim oleh pembuatnya sebagai yang pertama di dunia. Proses produksi ini dilakukan oleh 20 orang yang sudah terlatih.

Ukuran ban yang dipakai juga besar. Roda depan memakai ban berkode 285/30 dengan diameter pelek 20 inci, sedangkan kode ban belakang adalah 355/35 dengan diameter 21 inci.

Secara eksterior, mobil ini diberi desain yang sporty. Bagian depannya diberi front grille dengan lampu horizontal dan diikuti lengkungan ke belakang mobil dengan spoiler. Desain ini sengaja dibuat aerodinamis untuk mengakomodasi kecepatannya yang lebih dari 400 km/jam.

Untuk pembelian, Buggati Chiron mendapat harga awal 2,4 juta dolar Amerika dan terus naik hingga angka 3 juta dolar Amerika di luar negeri. Bila dikonversi ke rupiah, harganya mencapai Rp42,2 miliar. Setelah ditambah biaya impor, harga OTR di Indonesia meningkat menjadi Rp125 miliar.

Viral :   Tips Membeli Mobil Mini Cooper Bekas Beserta Harganya

Mengenal Hypercar Bugatti Chiron Seri Lain

Setelah 500 unit mobil Chiron, Bugatti juga memproduksi versi Chiron lain. Seri mobil Chiron tidak ada yang termahal, hanya ada semakin mahal. Setiap keluaran terbarunya akan ditawar dengan harga yang lebih tinggi.

Hingga saat ini, ada 5 versi selain Chiron sendiri. Ada Chiron Pur Sport yang dipatok seharga 3 juta dolar amerika. Tersedia hanya 60 unit, mobil ini difokuskan untuk peningkatan kecepatan menikung.

Selanjutnya ada Centodieci yang hanya diproduksi sebanyak 10 unit di dunia. Mobil hypercar seharga 6 juta dolar Amerika ini bisa mengeluarkan daya 1500 tenaga kuda.

Ada juga Super Sport 300+ yang diproduksi untuk tujuan kecepatan. Kecepatan tertingginya diklaim bisa mencapai sekitar 490 km/jam. Mobil ini hanya tersedia 30 unit dan dibanderol dengan harga 3,5 juta dolar amerika.

La Voiture Noire adalah mobil termahal terbaru dari Chiron dengan harga 11 juta dolar amerika. Hypercar mewah satu ini memang dibuat untuk kenyamanan dan menunjukkan kekayaan serta kelas.

Terakhir, ada Divo. Mobil hypercar trek satu ini juga difokuskan di kecepatan menikung dengan dukungan down force besar dan akselerasi lateral. Seperti mobil Bugatti Chiron lain, Divo juga dilengkapi mesin berkekuatan 1.500 tenaga kuda.