Mobil Terbesar di Dunia yang Didesain Gahar Berdasarkan Fungsinya

Pernahkah kamu melihat mobil terbesar di dunia dengan desain yang unik? Barangkali saat berada di jalan kamu mendapati kendaraan-kendaraan berukuran besar. Seperti truk tronton dan trailer yang melewati jalanan. Ukurannya yang terbilang besar membuat setiap orang merasa takut saat berada di sampingnya.

Selain ukurannya yang lumayan besar kendaraan tersebut juga didukung dengan tampilan yang gahar. Desain dari setiap kendaraan memang lazimnya disesuaikan dengan fungsinya. Seperti truk berukuran besar yang didesain dengan bak pengangkut di bagian belakang. Truk tronton dilengkapi dengan engsel yang kuat.

Selain truk tersebut sebenarnya masih ada banyak mobil terbesar di dunia. Beberapa produsen mobil berukuran besar tersebut merancang kendaraan raksasa untuk berbagai bidang pekerjaan. Seperti bidang pengangkutan, pertambangan dan konstruksi alat besar. Nah, berikut ini adalah beberapa mobil dengan ukuran raksasa yang didesain sesuai fungsinya.

Mobil Caterpillar 797 untuk Pertambangan

Mobil dengan ukuran super besar pertama adalah Caterpillar 797. Mobil dengan bentukan seperti Caterpillar barangkali pernah kamu lihat di beberapa film barat. Kendaraan tersebut juga seringkali muncul di beberapa permainan game online. Namun siapa sangka rupanya di dunia nyata mobil berukuran raksasa ini memang diproduksi.

Caterpillar 797 merupakan mobil raksasa yang mampu menampung beban muatan mencapai 360 ton. Kendaraan yang diproduksi Caterpillar Inc. tersebut disebut sebagai mobil dengan ukuran terbesar di dunia. Uniknya setelah diproduksi kendaraan masuk ke dalam kategori high class. Sehingga kalangan pembelinya perlu menyiapkan dana besar.

Viral :   Cara Memperbaiki Pompa Bensin Mobil Carry

Mobil terbesar di dunia tersebut dirancang untuk keperluan bisnis besar. Seperti bisnis konstruksi berat dan kegiatan pertambangan. Umumnya kegiatan konstruksi berat mengangkut alat-alat yang besar dan tinggi. Sementara itu aktivitas pertambangan seperti mengangkut material tambang dalam jumlah yang lumayan besar.

Karena dapat memuat berat yang besar tentunya ukuran Caterpillar 797 sangat tinggi dan bongsor. Panjangnya mencapai 14,4 meter. Sementara tingginya mencapai angka 7,2 meter. Karena ukurannya tersebut orang-orang yang berada di bawahnya terlihat kecil. Bahkan untuk sampai ke atas kamu harus menaiki tangga terlebih dahulu.

Mobil Belaz 75710 untuk Kegiatan Pertambangan

Satu lagi mobil terbesar di dunia yang akan membuat mata terbelalak. Mobil Belaz 75710 merupakan kendaraan dengan ukuran fantastis. Kendaraan tersebut berjenis dump truk berukuran raksasa. Kapasitas angkutnya lumayan besar yaitu mencapai 496 ton. Karena itu jika dibandingkan dengan mobil sebelumnya ukurannya lebih besar.

Belaz 75710 merupakan kendaraan yang diproduksi oleh insinyur profesional. Sementara itu perusahaan yang mengembangkannya adalah Belarusia. Kala itu produksinya dilakukan untuk menunjang pengangkutan berbagai hasil tambang di Rusia. Untuk membuatnya melaju kencang di area pertambangan Belaz 75710 dilengkapi dengan 8 ban berukuran besar.

Bagaimana dengan ukuran panjang sampai tingginya? Panjang Belaz 75710 sendiri mencapai angka 20,6 meter. Sementara tingginya di kisaran 8,16 meter. Untuk mengangkut bahan material tambang tentu saja dump truk dibuat lebih lebar. Kisaran lebarnya mencapai 9,87 meter. Beratnya bahkan mencapai 360 ton.

Viral :   Chevrolet Camaro RS Mobil Dikhususkan untuk Pecinta Kecepatan

Mobil terbesar di dunia tersebut dilengkapi dengan dapur pacu mesin diesel turbo compressor 16 silinder. Mesin ini diyakini mampu menyemburkan 2.332bhp. Belaz 75710 yang dikendarai dengan sopir handal dapat melaju hingga 64 km/jam. Dengan kekuatan laju tersebut pekerja lebih mudah mengangkut material dalam waktu singkat.

Mobil Terex 6300AC untuk Pengangkutan Material Berat

Berada di posisi ketiga yaitu Terex 6300AC. Kendaraan yang satu ini juga mempunyai ukuran seperti raksasa. Namun rancangan yang besar rupanya dikarenakan fungsinya di medan pertambangan. Terex 6300AC merupakan kendaraan pertambangan yang memiliki daya angkut hingga 400 ton. Beratnya mencapai 660 ton sebelum mengangkut barang.

Karena beratnya tersebut Terex 6300AC dijuluki sebagai mobil paling berat di dunia. Panjangnya mencapai 14,6 meter dengan ketinggian 7,92 meter. Berkat ketinggiannya tersebut para pengemudinya harus selalu ekstra hati-hati dalam mengendarainya di medan terjal pertambangan. Terex 6300AC dilengkapi dengan mesin 20 silinder.

Dalam pengoperasiannya mesin tersebut memiliki 4 stroke dan altenator listrik. Fungsinya adalah memasok tenaga motor listrik. Pemasangannya sendiri dilakukan pada bagian belakang. Tenaga yang dikeluarkan Terex 6300AC sampai 4000bhp. Ban berjumlah 8 melengkapi kegagahan mobil terbesar di dunia yang akan membuat pemiliknya takjub.